Cara Buat Daftar Pustaka Otomatis dengan Mendeley

Daftar pustaka telah menjadi bagian standar penulisan ilimah dari dulu hingga saat ini. Keberadaan daftar pustaka akan membantu para rekan lain yang ingin melakukan sitasi baik secara langsung maupun tidak langsung. Daftar Pustaka otomatis menjadi modal mudah bagi para penulis artikel maupun laporan lainnya karena tingkat akurasi tinggi.

Bagi kalian yang sedang mengerjakan skripsi, tesis ataupun disertasi coba lihat artikel ini mengenai cara membuat daftar pustaka otomatis. Pada artikel ini, penulis mencoba memberi pengalaman dalam menyusun daftar pustaka, yang sangat mudah sekali dalam pembuatannya.

Hanya dalam waktu 5 menit, sebuah susunan daftar pustaka akan tertulis otomatis yang diambil dari paper jurnal, buku, ataupun tesis dalam bentuk PDF. Tanpa anda harus mengetik satu per satu kata yang diambil dari sumber referensi.

Mendeley

Mendeley sendiri adalah suatu aplikasi yg kelahirannya diilhami oleh suatu upaya untuk mengintegrasikan “citation & reference manager” ke dalam suatu jejaring sosial. Dengan jejaring mirip ini, peneliti di beberapa belahan dunia mampu berkolaborasi serta melakukan sharing data penelitian. 

Perangkat lunak Mendeley kini terdapat dalam 2 (dua) versi, Desktop Edition serta Institutional Edition. Mendeley Desktop Edition (selanjutnya dalam panduan ini akan disebut Mendeley saja) merupakan aplikasi “citation & reference manager” yg mampu didapatkan dengan cara gratis (tidak berbayar) serta sangat kompatibel dengan acara pengolah kata MS Word (2003,2007,2010), Mac Word (2008, 2011), Open Office/Libre Office (3.2), serta Bib Tex. 

Beberapa fitur yg menjadi harapan Mendeley antara lain: 

a. Dapat berlangsung pada MS Windows, Mac, ataupun Linux.
b. Menampilkan metadata dari suatu file PDF dengan cara otomatis.
c. Backup serta sinkronisasi data dari beberapa komputer dengan akun online.
d. Smart filtering serta tagging.
e. PDF viewer dengan performa anotasi serta highlighting.
f. Impor dokumen serta makalah penelitian dari situs-situs eksternal (misalnya PubMed, Google Scholar, arXiv, dll).
g. Integrasi dengan beberapa aplikasi pengolah kata mirip MS Word, Open Office, serta Libre Office.
h. Fitur jejaring sosial.
i. iPhone serta iPad app.
j. Free web storage sebesar 2 GB yg mampu dimanfaatkan sebagai online backup. 

Disamping itu, pengaturan serta manajemen file yg akan terjadi download sangat mudah dilakukan dengan “drag and drop”, jadi terasa sangat user friendly. Namun demikian bukan berarti Mendeley tak mempunyai kelemahan. Mendeley akan mengunggah semua file yg ada di hard disk lokal ke web site Mendeley, jadi jika file-file ini kita dapatkan dari jurnal berbayar mirip ScienceDirect, ProQuest, ClinicalKey pastinya akan sedikit bermasalah terutama dengan hak jalan masuk kepada file-file tersebut.

Cara buat daftar pustaka otomatis dengan Mendeley

1.       Install Plugin Mendeley di Word

Sebelum anda koneksikan antara Ms. Word dengan mendeley, anda wajib lakukan instalasi plugin mendeley di. Letaknya ada di bagian menu References.

2.       Login akun Mendeley

Jika plugin sudah terinstall, langkah selanjutnya adalah login ke akun mendeley.

3.       Buat Halaman Daftar Pustaka

Silahkan buat halaman khusus daftar pustaka yang ingin anda buat secara otomatis.

4.       Pilih Jurnal yang akan dimasukkan ke dalam sitasi.

Sebelumnya, anda harus menambahkan file-file jurnal, buku ataupun tesis anda sehingga anda bisa koneksikan kedalam tulisan ilimah anda. Setelah itu,anda bisa pilih daftar jurnal yang ingin anda sitasikan ke dokumen word tulisan anda

5.       Klik Insert Citation

Masukkan judul paper yang ingin anda sitasi kan, kemudian pilih go.

6.       Klik Insert Bibliography

Jika tidak muncul secara otomatis, silahkan anda klik Insert Bibliography untuk memastikan tulisan daftar pustakan akan tersusun secara otomatis dan akan mengikuti standar penulisan ilimiah. Untuk susunan kedua dan seterusnya nanti tidak perlu lagi klik Insert Bibliography, karena sudah otomatis.

Dengan adanya aplikasi ini tentu saja tulisan ilmiah akan termain akurasi sitasinya sehingga anda yang sangat jarang sekali dalam menulis sebuah artikel ilimiah ataupun buku akan lebih bersemangat lagi dalam melakukan kegiatan penulisan artikelnya.

Demikian cara mengenai pembuatan daftar pustaka otomatis dengan mendeley, semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda para membaca. Terima kasih

Baca juga: Cara Buat NIB dan IUMK Online Mudah dan Cepat

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *