10 Cara Terbaik Lulus CPNS Tahun 2019

Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang merupakan dambaaan bagi setiap insan manusia para pencari kerja di Republik Indonesia. Dengan Gaji ditambah Fasilitas yang sangat lebih dari cukup membuat para pencari kerja berlomba-lomba memperebutkan kursi empuk PNS di setiap lembaga/Kementerian di RI. Memang untuk mengejar posisi atau formasi penerimaan CPNS tersebut tidaklah mudah. Untuk dapat lulus CPNS saja paling tidak harus bersaing dengan rasio 1:7.000 bahkan ada yang bersaing dengan rasio persaingan 1:10.000.

Sebagai contoh pada 2018 lalu, untuk memperebutkan 230.000 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) terdapat unit yang memperebutkan 1 formasi tapi harus bersaing dengan 8.000 an pelamar CPNS. Sungguh sangat perjuangan jika memang kalian sangat bermimpi dan berminat untuk menjadi calon Abdi Negara. Ya Abdi Negara dikatakan jika anda sudah disumpah demi penjadi Pegawai Negeri Sipil. Sebutan tersebut sudah menjadi tradisi jika setiap para Pekerja yang bekerja dibawah naungan Pemerintah RI sebagai pelayan publik.

Ditambah untuk perjuangan menggapai PNS sebenarnya harus ditempuh dengan berbagai cara, Nasib untung-untungan memang sering menghampiri para pelamar CPNS tersebut. Ada yang sudah melakukan persiapan hingga bertahun-tahun mungkin 5 tahun tapi sampai sekarang masih belum rezeki untuk gabung menjadi Abdi Negara. Tapi ada yang juga baru lulus S1 atau S2 dengan status fresh graduated dan umur masih beliau (masih lajang loh) sudah memiliki rezeki dengan lolos sebagai CPNS.

Sebenarnya memang selain untung-untungan, ada juga yang memang melakukan persiapan dengan niat dan tekad yang kuat. Jika pengumuman CPNS kira-kira akan dibuka sekitar 3 bulan lagi, mereka akan melakukan persiapan matang yang cukup sehingga segala sesuatu yang dihadapkan saat tes ujian CPNS sudah siap. Maka dari itu, sebenarnya bagaimana tips yang benar demi lolos dan siap menjadi abdi negara terbaik di negeri ini. Berikut tipsnya:

1. Niat

Ya betul, awali persiapan melamar CPNS ini dengan niat dulu, mungkin terkesan sepele karena ada juga yang dari dulu sudah punya cita-cita jadi PNS tapi tiap ikut ujian tetap saja tidak berhasil. Namun niat yang dimulai dengan baik dan tulus bukan tidak mungkin cita-cita kalian akan tercapai. Dimulai dari niat terbaik menjadi pelayan publik di Negeri ini, hingga niat dapat membantu masyarakat jika menjadi PNS. Apalagi niat jika sudah menjadi PNS tapi tidak menuntut gaji dan fasilitas yang serba banyak.

2. Rajin-rajin cari Informasi Pembukaan CPNS

Biasanya Pemerintah Lembaga/Kementrian melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah gencar-gencarnya sekitar 3 bulanan sebelum pembukaan resmi CPNS melakukan informasi awal tentang penerimaan CPNS. Selain lewat siaran pers resmi di website BKN www.bkn.go.id, mereka juga akan merilis berita melalui akun sosial media mereka. Jadi jangan percaya ya berita hoax yang memberitakan tentang penerimaan CPNS, apalagi jika mendekati isu penerimaan. Jadi cukup pantau terus website dan sosial media dari BKN.

3. Persiapkan Materi Ujian CPNS

Sambil anda menunggu tentang berita resmi Penerimaan CPNS, ada baiknya anda terus mempersiapkan diri dengan matang. Salah satunya adalah menyiapkan materi ujian CPNS. Materi ujian CPNS sangat banyak dijumpai baik secara fisik maupun secara online. Tapi tetap dicari sumber referensi yang baik ya teman. Karena ada beberapa referensi materi ujian CPNS banyak yang tidak memiliki bobot yang baik. Sehingga banyak pelamar calon PNS yang kebingungan saat ujian karena materi tersebut tidak update dengan ketentuan soal yang terbaru dari si pembuat soal yakni dari BKN sendiri. Untuk jenis materi yang terbaru saat ini pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) Tes Kepribadian (TKP) Tes Intelegensia Umum (TIU) serta pada Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan masing-masing passing grade (ambang batas) sesuai peraturan BKN di tahun penerimaan CPNS (Masing-masing kebijakan peraturan berbeda-beda).

4. Latihan Uji Soal-soal CPNS

Selain persiapkan materi, tentunya juga dibarengi dengan latihan ujian soal-soal CPNS baik soal terdahulu maupun yang terkini. Soal-soal CPNS dapat anda temukan dari berbagai sumber baik secara fisik (buku, booklet,dll) ataupun digital/online. Jika cari soal ujian yang bersifat fisik anda bisa berkunjung ke toko buku macam Gramedia, Gunung agung, Karisma, atau di daerah Kwitang. Disana tersedia kumpulan-kumpulan soal ujian lulus CPNS yang terdahulu maupun terakhir-terakhir ini. Jika kalian inginkan soal versi digitan/online, bisa juga kalian searching di google.com atau di sosial media. Anda juga bisa lakukan ujian online di Portal Resmi BKN yakni di www.cat.bkn.go.id. disana disediakan berbagai tipe soal ujian yang dapat kalian kerjakan. So, tinggal pilih saja sesuai dengan kebutuhan kalian.

5. Gabung ke Grup Instant Messenger Khusus CPNS

Hal ini juga tidaklah penting, dengan bergabung ke grup instant messenger Khusus CPNS macam Whatsapp dan Telegram, anda akan menjumpai informasi yang tidak terbatas secara real time dari teman-teman dari penjuru negeri. Sangat membantu sekali kan, apalagi yang kesehariannya selalu memegang alat komunikasi pasti akan terbantu adanya informasi yang diberikan anggota grup. lalu bagaimana cara gabungnya? sebenarnya anda juga harus melakukan pencarian informasi melalui teman ataupun sosial media. Atau anda sendiri bisa membuat sendiri grup khusus CPNS melalui WA dan telegram dengan meng-invite teman-teman terdekat dahulu, biasanya nanti juga akan ada anggota yang datang dari manapun.

6. Persiapkan Dokumen Pribadi secara lengkap

Tahapan-tahapan ujian CPNS terdiri dari tiga tahap, yakni Tes Administrasi Dokumen berkas, Tes Ujian Kompetensi Dasar, dan Tes Kompetensi Bidang. Nah pada awal adalah Tes administrasi berkas, maka disini kalian wajib mempersiapkan dokumen-dokumen secara lengkap. Jika website resmi BKN sudah membuka penerimaan CPNS, untuk halaman pendaftaran biasanya ada di domain sscn.bkn.go.id seperti dibawah ini:

sscn bkn
sscn.bkn.go.id

Segera persiapakan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk dokumen yang diperlukan antara lain:
a. KTP
b. Kartu Keluarga
c. Ijazah SMA/S1/S2/S3 (dilengkapi dengan legalisir)
d. Transkrip Nilai S1/S2/S3 (dilengkapi dengan legalisir)
e. Swa Foto (Foto Selfie)

JIka data dokumen diatas terjadi perubahan data, maka segera lakukan perubahan dengan cepat, Jika perubahan data ada di KTP maka segera lakukan perbaikan di disdukcapil kkota kalian tinggal. Maka disarankan anda mengecek langsung sebelum daftar/resigtrasi CPNS ke Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri RI) via Telepon atau sosial media. Dengan menyebutkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kemudian jika ada data kesalahan terkait ijazah maka segera urus langsung ke bagian kampus masing-masing. Kenapa harus diurus cepat?? karena penerimaan CPNS biasanya sangat singkat sekali waktunya. So, Siapkan dokumen tersebut dengan baik ya

7. Datang Tepat Waktu saat Ujian

Jika pada tahapan berkas Administrasi kalian lulus, maka langkah selanjutnya kalian akan langsung memulai Tes Kompetensi Dasar yang terdiri diri Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) Tes Kepribadian (TKP) dan Tes Intelegensia Umum(TIU). Pada saat hari H ujian, sangat disarankan anda datang tepat waktu atau bahkan lebih cepat dari jadwal. Hal ini kenapa dilakukan? karena biasanya tempat ujian yang sangat jauh dan kemungkinan jadwal ujian akan maju semula dari jadwal. Selain hal tersebut, untungnya dapat tepat waktu kalian juga bisa belajar dan latihan ujian soal-soal juga. Tapi tetap rileks ya, tidak perlu harus memaksakan, cukup baca soal-soal versi digital yang di share di grup WA ataupun telegram Khusus CPNS saja, biasanya teman-teman di grup tersebut selalu memberikan informasi soal-soal yang sudah keluar oleh teman yang sudah ujian duluan.

8. Berpakain rapih dan Lugas Berbicara saat Wawancara

Jika kalian sudah lulus pada seleksi kompetensi dasar (SKD) ini (saya doakan lulus di tes ini 🙂 karena banyak yang gagal lulus CPNS pada tes ini), maka kalian akan dihadapkan dengan tes selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Dalam SKB ini ada beberapa tahapan yang perlu di lalui, ada Ujian SKB berbasis Computer Assided Tes (CAT) ini resmi dari BKN secara sistem. Biasanya saat SKB juga, masing-masing unit Lembaga/Kementerian ataupun Pemda,menerapkan kebijakan berbeda selain CAT yang sifatnya wajib, ada yang melalui proses wawancara ataupun micro teaching (bagi dosen/guru) tapi hampir semuanya menerapkan wawancara. Jadi harus siap-siap saja saat akan wawancara, seperti berpakain rapih, dapat menjawab pertanyaan oleh pimpinan, dan dapat mengaktualisasikan kondisi negara saat ini sesuai dengan kemampuan jawaban anda.

9. Minta Restu Orang Tua dan Beribadah sekaligus Berdoa

Hal ini lah yang menjadi kunci anda apakah lulus CPNS atau tidak. Kenapa saya bilang seperti itu? karena perjuangan kalian secara nyata tidak dapat terbantu jika kalian tidak melakukan hal ini. Dengan meminta restu Ibu dan bapak kalian, berarti kalian juga meminta secara langsung untuk kesuksesan karir. Beribadah, bagi yang beragama muslim anda dapat menambah ekstra ibadah rutinan seperti sholat 5 waktu, dengan sholat-sholat sunnah seperti dhuha, tahajud, hajat dibarengi dengan berpuasa sunnah, sedekah dan silaturahmi dengan sesama. Dan tentunya saat beribadah di sematkan juga Doa kepada yang yang maha kuasa agar diberikan kelancaran dan kesuksesan untuk menjadi Abdi Negara.

10. Sabar

Ya, Sabar saat pengumuman resmi kelulusan akhir, dan sabar saat semuanya belum di kabulkan tuhan saat pengumuman resmi. Untuk pengumuman kelulusan biasanya tidak tentu dari jadwal yang ditetapkan. Kesabaran yang biasanya ada batasnya berubah ketika pengumuman kelulusan akhir tak kunjung tiba. Jadi siapkan rasa sabar kalian juga ya teman. Mudah-mudah rasa sabar kalian membuahkan hasil yang terbaik untuk lulus cpns. Dan buat teman-teman yang masih belum beruntung juga harus memiliki rasa sabar, sabar untuk memulai proses ujian penerimaan CPNS di tahun-tahun mendatang. Karena kami yakin rezeki tidak akan tertukar.

Baca juga: 10 Kampus Terbaik di Indonesia versi Webometrics

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *