11 Tips Cerdas Membangun Rumah dengan Biaya Murah

Membangun sebuah rumah tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan uang yang pas-pasan bukan berarti Anda tidak bisa membangun rumah impian. Membangun rumah dengan biaya murah bisa saja dilakukan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Tips Pintar Membangun Rumah dengan Biaya Murah Biaya rumah yang mahal bukan halangan untuk Anda yang berkeinginan memiliki rumah sendiri. Berikut beberapa langkah mudah jika ingin meminimalisir biaya pembuatan rumah:

1.    Membuat Rumah dengan Desain Minimalis Rumah minimalis saat ini sedang sangat trend di pasaran. Walaupun ukurannya kecil, dengan penataan yang rapi membuat rumah ini nampak nyaman dan luas untuk dihuni. Rumah tipe ini terbilang cocok untuk Anda yang memiliki dana pas-pasan. Saat membuat rumah minimalis, sebaiknya perhatikan desain yang dibuat. Jika salah desain, akan terlihat seperti rumah biasa yang cenderung kampungan.

2.      Memilih Kontraktor Bangunan yang Tepat Selektif dalam mencari kontraktor bukan berarti pilih-pilih. Perlu kiranya Anda memperhatikan juga biaya tukang untuk pembuatan rumah tersebut. Karena setiap tukang mematok harga yang berbeda-beda. Untuk sekedar saran, bisa mencari tukang bangunan yang memberikan patokan harga terjangkau namun dengan pengalaman yang banyak.

3.     Lahan yang Digunakan Jika ingin lebih hemat dalam membangun rumah, gunakanlah lahan milik sendiri. Karena membeli lahan baru membutuhkan harga yang mahal. Bahkan terkadang bisa lebih mahal dari harga bahan bangunan itu sendiri. Apalagi jika membeli lahan di dekat jalan raya. Jika terpaksa membeli. Usakan ukuran pas dengan rumah yang akan dibangun. Sehingga, tidak akan terjadi pembengkakan dana yang berlebih.

4.     Menggunakan Rangka Atap Baja Ringan Baja ringan cenderung awet digunakan. Bahkan bisa seumur hidup. Lain halnya dengan kayu, hanya bertahan beberapa tahun saja. Perbandingan harga kayu dengan harga baja ringan mungkin hampir sama. Untuk pengerjaannya sendiri terbilang cepat. Sehingga, bisa menghemat biaya tukang.

5.     Survei Material Membangun rumah dengan biaya murah tentu membutuhkan pengorbanan. Anda diharuskan tidak malu bertanya ke beberapa toko bangunan yang menjual material. Pilihlah harga material yang paling terjangkau dan memiliki kualitas jempolan. Tanyakan satu persatu harga barang yang ditawarkan. Baik itu semen, cat, ataupun bahan lain yang dibutuhkan. Anda bisa membeli material bangunan dari beberapa toko yang dianggap miring berkualitas.  

6.      Pakailah Bahan Bangunan Lokal Bahan bangunan lokal biasanya terdiri dari bahan non toko. Misalnya saja batu dan pasir. Anda bisa menggunakan jasa penyedia bahan ini di sekitar. Semakin dekat dengan lokasi rumah yang akan dibangun, harga bahan biasanya lebih murah. Anda harus jeli saat membeli bahan material tersebut. Usahakan kualitas baik. Kualitas merupakan faktor utama untuk ketahan rumah agar tetap awet selama bertahun-tahun.

7.     Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Besi Taruhlah besi dalam beberapa titik yang memang dibutuhkan saja. Besi merupakan komponen yang mahal dalam proses pembangunan. Namun, tidak bisa dipungkiri besi juga penting, ibarat manusia besi merupakan tulang dari rumah.

8.     Bangun Rumah dengan Bertahap Pembangunan rumah tidak harus langsung bagus dan sempurna. Jika memang dana tidak mencukupi, banghunlah secara bertahap. Pembangunan dilakukan dari hal terpenting dahulu, misalnya saja dinding, atap, dan juga pintu.

9.     Membiarkan Dinding tanpa Finishing Tips ini masih berkaitan dengan nomor 7. Dinding tanpa finising akan mempermurah biaya pembangunan sebuah rumah. Beberapa diantaranya adalah menghemat semen, pasir dan juga biaya pengerjaan. Meski demikian, suatu saat tetap bisa menyempurnakannya menjadi lebih baik lagi.

10.  Beli Perabotan Secukupnya Ada harga ada rupa. Anda tidak bisa berangan-angan dengan harga murah bisa mendapatkan semua fasilitas lengkap. Belilah fasilitas dengan harga terjangkau dan jumlah secukupnya agar tetap bisa dipakai. Sehingga, kenyaman tetap dipertahankan.

11.   Tempat Mandi Sederhana Jika ingin biaya murah, jangan membuat kamar mandi terlalu mewah. Gunakan bahan yang terjangkau. Baik itu closed, tempat air ataupun pipa. Usahan pengairan dalam kamar mandi lancar. Walaupun sederhana, tingkat kenyamanan harus diperhatikan.

Baca juga: Beberapa Cara Sewa Rumah dengan Biaya Murah

Membangun rumah dengan biaya murah sebetulnya bisa dilakukan oleh siapa saja. Asalkan orang tersebut rela berkorban dan tidak muluk-muluk.

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published.