Apa Bitcoin Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Duniacm.com – Tak hanya Bitcoin first cryptocurrency, tapi juga Bitcoin yang paling dikenal lebih dari 5.000 hukuman mati hari ini.

Media keuangan tak sabar meliput setiap penurunan dramatis baru.membuat Bitcoin menjadi bagian yang tak terhindarkan.

Sementara volatilitas liar mungkin menjadi berita utama, Bitcoin pilihan terbaik untuk investor pemula atau orang-orang yang mencari toko yang stabil nilai. Memahami Ins dan Out bisa rumit—mari kita lihat lebih dekat bagaimana Bitcoin bekerja.

Apa Bitcoin Itu?

Bitcoin adalah mata uang digital desentralisasi yang bisa Anda Beli, menjual dan menukar secara langsung, tanpa perantara seperti bank.

Pembuat Bitcoin, Satoshi Nakamoto, awalnya dijelaskan kebutuhan untuk ” sistem pembayaran elektronik berdasarkan bukti kriptografi daripada kepercayaan.”

Setiap transaksi Bitcoin yang pernah dibuat ada di buku publik yang dapat diakses oleh semua orang, membuat transaksi sulit untuk membalikkan dan sulit dipalsukan.

Sesuai desain: inti dari sifat desentralisasi mereka, Bitcoin tidak didukung oleh pemerintah atau lembaga yang mengeluarkan, dan tidak ada yang menjamin nilai mereka selain bukti yang terpanggang di jantung sistem.

“Alasan mengapa uang itu sangat berharga hanya karena kita, sebagai orang—orang, memutuskan itu memiliki nilai-sama seperti emas,” kata Anton Mozgovoy, Co-Pendiri & CEO perusahaan digital layanan keuangan Holy.

Sejak peluncuran publik tahun 2009, Bitcoin meningkat secara dramatis. Meskipun pernah dijual di bawah $150 per koin, pada tanggal 1 Maret 2021, satu Bitcoin sekarang menjual hampir $ 50.000.

Karena persediaannya terbatas pada 21 juta koin, banyak yang berharap harga untuk terus naik seiring waktu berlangsung, terutama sebagai investor besar institusional mulai menganggapnya sebagai semacam emas digital untuk hedge terhadap pasar volatilitas dan inflasi.

Bagaimana Bitcoin Bekerja?

Bitcoin dibuat pada catatan digital yang didistribusikan disebut blockchain. Seperti namanya menyiratkan, blockchain adalah tubuh terkait data, terdiri dari unit yang disebut blok yang berisi informasi tentang setiap transaksi, termasuk tanggal dan waktu, total nilai, pembeli dan penjual, dan unik kode identifikasi untuk setiap pertukaran. Entri yang digantung bersama dalam urutan kronologis, membuat rantai digital dari blok.

“Begitu sebuah blok ditambahkan ke blockchain, dapat diakses oleh siapa pun yang ingin melihatnya, bertindak sebagai buku besar publik transaksi kriptokurency,” kata Stacey Harris, konsultan untuk Crypticoin, sebuah jaringan Fasilitas cryptocurency ATMs.

Blockchain desentralisasi, yang berarti Itu tidak dikendalikan oleh setiap organisasi. “Ini seperti Google Doc bahwa siapa pun dapat bekerja di,” kata Bochi Okoro, CEO dan co-pendiri dari cryptocurency Quidax.

“Tidak ada yang memilikinya, tapi siapa pun yang memiliki link dapat berkontribusi untuk itu. Dan sebagai orang yang berbeda pembaharuannya, salinanmu juga akan diperbarui.”

Walaupun ada yang tahu kalau ada yang bisa menyunting blockchain akan terdengar beresiko.tapi Bitcoin itu yang membuat Bitcoin dapat dipercaya dan aman.

Agar blok transaksi dapat ditambahkan ke Bitcoin blockchain, harus dipastikan oleh sebagian besar Bitcoin holders, dan kode unik yang dipakai untuk mengenali dompet pengguna dan transaksi enkripsi harus sesuai dengan pola yang tepat.

Kode-kode ini panjang, angka acak, membuat mereka sangat sulit untuk menghasilkan secara cepat.

Bahkan, seorang penipu menduga kode kunci Bitcoin Anda memiliki kemungkinan yang sama sebagai seseorang memenangkan lotre sembilan kali berturut-turut, menurut Bryan Lotto Aquarium.

Kode verifikasi acak ini secara statistik, yang dibutuhkan untuk setiap transaksi, sangat mengurangi risiko. semua orang bisa melakukan transaksi Bitcoin palsu.

Bagaimana Cara Kerja Pertambangan Bitcoin?

Pertambangan Bitcoin adalah proses menambahkan transaksi baru pada Bitcoin blockchain. Ini pekerjaan yang sulit.

Orang yang memilih untuk menambang Bitcoin menggunakan proses yang disebut bukti kerja, menyebarkan komputer dalam perlombaan untuk memecahkan teka-teki matematika yang memverifikasi transaksi.

Menarik para penambang agar tetap berlomba memecahkan teka-teki dan mendukung sistem Bitcoin secara keseluruhan.

kode Bitcoin memberi penghargaan penambang dengan Bitcoin baru. “Ini adalah bagaimana koin baru dibuat” dan transaksi baru ditambahkan ke blockchain, mengatakan Okoro.

Pada hari-hari awal, sangat mungkin bagi rata-rata orang untuk bitcoin tambang, tapi itu tidak lagi terjadi.

Kode Bitcoin ditulis untuk memecahkan teka-teki yang lebih dan lebih menantang dari waktu, membutuhkan sumber daya komputasi yang lebih dan lebih.

Hari ini, Pertambangan Bitcoin membutuhkan komputer yang kuat dan akses ke sejumlah besar listrik murah yang akan berhasil.

Pertambangan Bitcoin juga membayar lebih sedikit dari sebelumnya, membuat lebih sulit untuk mengumpulkan meningkatnya biaya komputasi dan listrik.

“Pada tahun 2009, ketika teknologi ini pertama kali keluar ,setiap kali Anda punya stempel, Anda punya lebih banyak Bitcoin daripada yang Anda lakukan hari ini,” kata ” co-pendiri blok Marquez, a crypto wealth management company. “Ada lebih dan lebih banyak transaksi (sekarang, jadi) jumlah yang Anda dibayar untuk setiap cap adalah kurang dan kurang .

“Pada tahun 2140, diperkirakan semua bitcoin akan memasuki sirkulasi, berarti pertambangan tidak akan melepaskan koin baru , dan penambang bahkan mungkin harus mengandalkan biaya.

Cara menggunakan Bitcoin

Di Amerika biasanya menggunakan Bitcoin sebagai investasi alternatif, membantu diversifikasi portofolio selain dari saham dan obligasi.

Anda juga dapat menggunakan Bitcoin untuk membuat pembelian, tetapi jumlah vendor yang menerima kriptocurrency masih terbatas.

Perusahaan besar yang menerima Bitcoin termasuk Overstock, di&T dan Twitch. Kau juga mungkin menemukan beberapa penjual lokal kecil atau website tertentu memakan Bitcoin, tapi kau harus melakukan beberapa penggalian.

Yang mengatakan, PayPal telah mengumumkan bahwa ini akan memungkinkan cryptocurrency sebagai sumber pendanaan untuk pembelian tahun ini, pembelian secara otomatis dengan mengubah kripto holdings kepada mata uang fiat untuk pengguna.

“Mereka memiliki 346 juta pengguna dan mereka terhubung ke 26 juta pedagang,” kata Spencer Montgomery,pendiri Uinta Quypto Consulting. “Ini besar .”

Anda juga dapat menggunakan layanan yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan kartu debit ke akun crypto Anda, berarti Anda dapat menggunakan Bitcoin dengan cara yang sama Anda akan menggunakan kartu kredit.

Ini juga melibatkan penyedia keuangan dengan cepat mengubah Bitcoin-mu menjadi dolar. “Crypto.com dan CoinZoom adalah dua layanan yang memiliki peraturan di AS,” kata Montgomery.

Di negara—negara lain-terutama yang dengan mata uang kurang stabil-orang kadang-kadang menggunakan cryptocurrency bukannya mata uang mereka sendiri.

“Bitcoin menyediakan kesempatan bagi orang-orang untuk menyimpan nilai tanpa mengandalkan pada mata uang yang didukung oleh pemerintah,” kata Montgomery. “Memberi orang pilihan untuk menutupi skenario terburuk. Anda sudah melihat orang—orang di negara-negara seperti Venezuela, Argentina, Zimbabwe-di negara-negara Banyak Utang, Bitcoin semakin traksi besar.”

Dikatakan, ketika kau menggunakan Bitcoin sebagai mata uang, bukan investasi, di AS, kau harus menyadari implikasi pajak.

Cara Membeli Bitcoin

Kebanyakan orang membeli Bitcoin melalui pertukaran, seperti Coinbase. Pertukaran memungkinkan Anda untuk membeli, menjual dan menyimpan kriptocurrency, dan membuat akun serupa dengan membuka akun broker—Anda perlu memverifikasi identitas Anda dan menyediakan semacam sumber pendanaan, seperti rekening bank atau kartu debit.

Pertukaran utama termasuk Coinbase, Kraken, dan Gemini. Kau juga bisa membeli Bitcoin pada broker seperti Robinhood.

Terlepas dari mana Anda membeli Bitcoin Anda, Anda akan membutuhkan dompet digital di mana untuk menyimpannya.

Ini mungkin yang disebut hot dompet atau dompet dingin. Sebuah dompet panas (juga disebut dompet online) disimpan oleh pertukaran atau penyedia di cloud.

Penyedia dari dompet online termasuk eksodus, elektrum dan Mycelium. Dompet dingin (atau Dompet HP) adalah perangkat offline yang dipakai untuk menyimpan Bitcoin dan tidak tersambung ke Internet. Beberapa pilihan mobile dompet termasuk Trezor dan Ledger.

Beberapa catatan penting tentang membeli Bitcoin: sedangkan Bitcoin mahal, kau bisa membeli fraksional Bitcoin dari beberapa penjual.

Anda juga harus melihat keluar untuk biaya, yang umumnya kecil persentase dari jumlah transaksi crypto Anda tapi benar-benar dapat menambahkan up pada pembelian kecil-Dolar.

Akhirnya, ketahuilah bahwa pembelian Bitcoin tidak seketika seperti banyak pembelian saham lainnya tampaknya.

Transaksi Bitcoin harus diverifikasi oleh penambang, mungkin memerlukan setidaknya 10-20 menit untuk melihat pembelian Bitcoin Anda di rekening Anda.

Bagaimana berinvestasi pada Bitcoin

Seperti saham, kau bisa membeli dan memegang Bitcoin sebagai investasi. Kau bahkan bisa melakukannya di rekening pensiunan khusus bernama Bitcoin Ira.

Tak peduli di mana kau memilih untuk memegang Bitcoin Mu, filosofi orang-orang tentang bagaimana cara menginvestasikan itu bervariasi:

beberapa buy dan tahan jangka panjang, beberapa membeli dan bertujuan untuk menjual setelah rally harga, dan lain-lain bertaruh pada harganya menurun.

Harga Bitcoin dari waktu ke waktu telah mengalami perubahan harga besar, akan rendah sebesar $ 5,165 dan setinggi $ 28,990 dalam 2020.

“Saya pikir di beberapa tempat, orang mungkin menggunakan Bitcoin untuk membayar sesuatu, tapi kenyataannya adalah bahwa itu adalah aset yang tampak seperti itu akan meningkat nilai relatif cepat untuk beberapa waktu,” Marquez mengatakan.

“Jadi mengapa Anda akan menjual sesuatu yang akan bernilai lebih banyak tahun depan daripada hari ini? Mayoritas orang yang memegangnya adalah investor jangka panjang.”

Konsumen juga dapat berinvestasi pada Bitcoin reksa dana dengan membeli saham dari Bitcoin Grayscale (GBTC), walaupun Bitcoin saat ini hanya terbuka untuk menyetujui investor yang memperoleh setidaknya $200.000 atau punya jaring worths setidaknya $1 juta.

Ini berarti sebagian besar orang Amerika tidak bisa membeli ke dalamnya. Di Kanada, Investasi Bitcoin diversifikasi menjadi lebih mudah diakses. Pada bulan Februari 2021, tujuan Bitcoin ETF (BTC) mulai berdagang sebagai ETF Bitcoin pertama di dunia, dan berevolusi Bitcoin ETF (EBIT) juga telah disetujui oleh Komisi Ontario sekuritas.

Investor Amerika mencari Bitcoin atau Bitcoin-seperti yang mungkin mempertimbangkan ETFs blockchain yang berinvestasi pada teknologi yang mendasari hukuman mati.

Sebuah catatan penting, walaupun: sementara dana berbasis kripto dapat menambahkan diversifikasi ke crypto holdings dan mengurangi risiko sedikit, mereka masih membawa risiko yang lebih tinggi dan biaya jauh lebih tinggi daripada berbasis luas dengan sejarah indeks stabil. Investor mencari untuk tumbuh kekayaan terus mungkin memilih untuk indeks berbasis bersama dan pertukaran dana yang diperdagangkan (ETFs).

Kau Mau Beli Bitcoin?

Secara umum, banyak ahli keuangan mendukung keinginan klien mereka untuk membeli cryptocurrency, tapi mereka tidak merekomendasikan hal itu kecuali klien mengungkapkan minat.

“Kekhawatiran terbesar bagi kita adalah jika seseorang ingin berinvestasi di crypto dan investasi yang mereka pilih tidak berjalan dengan baik, dan kemudian tiba-tiba mereka tidak bisa mengirim anak-anak mereka ke perguruan tinggi,” kata Ian Harvey, Perencana Keuangan Bersertifikat (CFP) di New York City. “Maka itu tidak sepadan dengan risikonya.”

Sifat spekulatif dari kriptografi menyebabkan beberapa perencana untuk merekomendasikan klien ‘side” investasi. “Beberapa menyebutnya rekening Vegas,” kata Scott Hammel, CFP di Dallas.

“Mari kita jauhkan ini dari perspektif jangka panjang kami yang sebenarnya, pastikan itu tidak menjadi terlalu besar bagian dari portofolio Anda.”

Dalam arti sebenarnya, Bitcoin adalah saham tunggal, dan penasihat tidak akan menyarankan menempatkan bagian yang cukup besar dari portofolio Anda ke satu perusahaan.

Kebanyakan, perencana menunjukkan tak lebih dari 1% sampai 10% ke Bitcoin jika kau tertarik. “Jika itu satu saham, Anda tidak akan pernah mengalokasikan setiap bagian signifikan dari portofolio Anda untuk itu,” Hammel mengatakan.

You May Also Like

About the Author: Kang Fahmi

Leave a Reply

Your email address will not be published.