Apa Itu Meditasi Menatap Matahari dan Apakah Manfaatnya Bagi Kesehatan?

Duniacm.comMenatap matahari adalah metode meditasi yang mencoba memanfaatkan kekuatan penyembuhan matahari.

Peserta melihat langsung ke matahari, paling sering saat matahari terbit dan terbenam, dalam upaya untuk terhubung dengan energinya.

Namun, tidak ada penelitian yang mendukung manfaat kesehatan dari menatap matahari, dan segala bentuk dapat menyebabkan kerusakan mata permanen.

Kami akan memeriksa risiko dan manfaat dari paparan sinar matahari yang aman dan meditasi secara umum serta risiko berlatih menatap matahari.

Apa itu menatap matahari?

Pakar terapi warna Momtaz Begum-Hossain menjelaskan bahwa menatap matahari mirip dengan praktik meditasi lainnya seperti meditasi menatap bulan .

Jenis meditasi ini menggunakan objek fokus untuk meningkatkan manfaat, yang dapat diperoleh tanpa melihat langsung ke matahari dan sinar UV yang berbahaya.

Sementara menatap matahari bisa sangat berbahaya, menatap objek lain tanpa radiasi UV berpotensi bermanfaat.

Lebih tua studi 2014Sumber Tepercaya menghubungkan fokus pada suatu objek selama meditasi ke fokus pikiran yang ditingkatkan. Meskipun ini dapat mencakup fokus pada objek apa pun, bukan matahari.

Namun, manfaat meditasi , seperti pengurangan stres, kesadaran diri, dan meningkatkan kualitas tidur, dapat dilihat dalam berbagai praktik.

Tindakan pencegahan dan risiko keselamatan

Kebanyakan profesional kesehatan tradisional dan dokter mata tidak merekomendasikan menatap matahari.

StudiSumber Tepercaya telah menunjukkan bahwa penyakit mata seperti katarakSumber Tepercaya , kanker mata tertentu, dan fotokeratitis berhubungan dengan paparan radiasi dari matahari. Ini juga dapat menyebabkan kerusakan langsung pada retina.

American Academy of Ophthalmology (AAO) menyarankan untuk tidak pernah melihat langsung ke matahari dan selalu memakai kacamata hitam yang memberikan perlindungan 100 persen UV atau UV400 saat berada di luar ruangan.

Pada akhirnya, manfaat meditasi yang berfokus pada suatu objek dapat dimanfaatkan tanpa melihat matahari secara langsung. Pertimbangkan meditasi luar ruangan yang berfokus pada objek di alam atau cobalah suara pemfokusan atau isyarat visual.

Ada banyak aplikasi meditasi yang dapat membantu.

Manfaat meditasi

Ada banyak manfaat meditasi yang aman secara umum. Berikut adalah beberapa:

Stres, depresi, dan pengurangan kecemasan

Ulasan studiSumber Tepercaya pada meditasi menyarankan itu dapat membantu meningkatkan ukuran kecemasan, depresi, dan rasa sakit.

Memasukkan latihan meditasi bersama perawatan tradisional berpotensi sebagai metode dukungan komplementer berbiaya rendah bagi mereka yang hidup dengan kecemasan.

Manfaat kesehatan emosional

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi dapat meningkatkan pemrosesan emosional.

SEBUAH studi 2019Sumber Tepercaya meditasi mindfulness singkat menunjukkan perbaikan dalam elemen-elemen tertentu dari pemrosesan emosi seperti intensitas, memori emosional, dan bias perhatian emosional.

Perbaikan tidur

SEBUAH ulasan studi 2019Sumber Tepercaya menyarankan bahwa mereka yang mengalami gangguan tidur dapat mengambil manfaat dari meditasi kesadaran, meskipun penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaatnya.

Pada akhirnya, meditasi terbukti bermanfaat bagi segala macam kondisi dan situasiSumber Tepercaya dan dianggap aman bagi kebanyakan orang sehat. Tetapi menatap matahari tidak harus menjadi bagian darinya untuk melihat manfaat ini.

You May Also Like

About the Author: Crazy Rich

Leave a Reply

Your email address will not be published.