Apa Perbedaan Antara Bisnis Merchandising dan Bisnis Jasa?

Duniacm.comApa Perbedaan Antara Bisnis Merchandising dan Bisnis Jasa?. Berbagai biaya dikeluarkan oleh bisnis merchandising dan jasa.

Keduanya dapat mempekerjakan karyawan; keduanya mungkin memerlukan peralatan untuk menjalankan bisnis; kedua jenis struktur bisnis memiliki pelanggan yang membayar barang atau jasa.

Perbedaan utama antara perusahaan dagang dan perusahaan industri jasa adalah bahwa perusahaan dagang harus menyimpan persediaan. Ini menjadi penting ketika mengatur akuntansi untuk bisnis.

Harga Pokok Penjualan diperlukan untuk bisnis yang menjual barang dagangan, tetapi tidak harus untuk bisnis yang menawarkan jasa.

Baca juga

Apa Itu Bisnis Merchandising?

Contoh bisnis merchandising yang baik termasuk pakaian eceran, toko kelontong, dan toko buku.

Beberapa bisnis memproduksi barang yang mereka jual, sementara bisnis barang dagangan lainnya membeli dan menjual barang yang mereka beli secara grosir. Atau bisa juga kombinasi dari keduanya.

Untuk bisnis yang menghasilkan apa yang dijualnya, bisnis tersebut tidak hanya memiliki biaya operasional normal yang dimiliki bisnis mana pun, tetapi juga memiliki biaya produksi, seperti pembelian bahan baru dan tenaga kerja untuk memproduksi barang.

Bisnis merchandising yang membeli barang jadi harus membeli barang dan kemudian menandai barang dagangan sebelum mereka menjualnya.

Bisnis Layanan Ditentukan

Sebuah bisnis jasa menyediakan layanan kepada pelanggannya. Salon kuku, akuntan, firma hukum, dan layanan kebersihan adalah contoh bisnis jasa.

Beberapa bisnis jasa juga menjual produk – misalnya, salon kuku menjual cat kuku – tetapi sebagian besar, sebagian besar pendapatan bisnis berasal dari penyediaan layanan.

Pengeluaran khusus untuk bisnis jasa sebagian besar berfokus pada overhead, dengan tenaga kerja sering kali menjadi pengeluaran terbesar. Kedua biasanya bahan yang dibutuhkan untuk memasok layanan.

Bisnis Online Mungkin Merchandising atau Layanan

Bisnis online dapat berupa bisnis merchandising atau bisnis jasa. Seorang pelanggan membeli buku secara online melalui bisnis merchandising.

Toko buku online perlu menyimpan buku di suatu tempat sebelum mengirimkannya ke pelanggan.

Pelanggan lain membeli layanan agar naskahnya diedit oleh editor buku profesional.

Mereka saling mengirim file PDF melalui email, sehingga bisnis ditransaksikan secara online. Pelanggan tidak membeli widget tetapi layanan untuk memperbaiki naskahnya.

Hibrida: Bisnis yang Menawarkan Barang Dagangan dan Layanan

Beberapa bisnis menjual barang dagangan dan jasa kepada pelanggan. Sebuah pusat kebugaran adalah contoh dari salah satu bisnis tersebut.

Pelanggan gym membeli keanggotaan, dan pergi ke sana untuk berolahraga dengan mesin, mengikuti kelas kebugaran, dan bekerja dengan pelatih – semuanya adalah layanan yang disediakan oleh pusat kebugaran.

Namun pengunjung juga dapat membeli aksesoris olahraga seperti beban dan matras, pakaian olahraga, dan barang-barang lainnya yang dapat meningkatkan pengalaman berolahraga.

Sebuah galeri seni adalah contoh lain. Orang-orang sering mengunjungi galeri untuk mengagumi karya seni dan mengikuti kelas pembelajaran langsung di berbagai media, tetapi mereka juga membeli karya seni yang dijual di galeri.

Mana yang Paling Cocok untuk Anda?

Jika Anda mencoba menentukan apakah Anda ingin menjadi bisnis barang dagangan atau bisnis jasa, Anda perlu memeriksa tujuan akhir Anda dengan cermat.

Apakah Anda berencana untuk menawarkan produk untuk pelanggan Anda, atau apakah Anda berfokus pada penyediaan layanan?

Jika bisnis Anda sebagian besar berbasis layanan, maka pengaturan bisnis layanan adalah pendekatan terbaik.

Jika Anda berencana untuk menjual produk yang Anda buat sendiri atau membeli dan menjual kepada pelanggan, maka Anda perlu mendirikan bisnis merchandising.

Meskipun demikian, tidak ada yang mengatakan bahwa Anda tidak dapat menawarkan keduanya – seorang seniman yang menjual desainnya tetapi juga mengajar kelas adalah salah satu contohnya.

Pastikan format bisnis yang Anda pilih memungkinkan Anda memperhitungkan semua aspek bisnis.

You May Also Like

About the Author: Pang 6

Leave a Reply

Your email address will not be published.