Apa Saja Keuntungan Menjadi Anggota Serikat Pekerja ?

Apa Saja Keuntungan Menjadi Anggota Serikat Pekerja ? – Serikat pekerja adalah kata -kata yang secara sehari -hari didengar oleh pekerja Indonesia. Gaji Anda menggambarkan pemahaman serikat pekerja, fungsi, dan keuntungan serikat pekerja dan prosedur untuk mendaftarkan serikat pekerja.

Konstitusi Negara, yaitu Konstitusi Republik Indonesia tahun 1945 mengakui hak masing -masing untuk bebas untuk bergaul, menyatukan dan berpikir. No. 21 tahun 2000 tentang serikat pekerja adalah salah satu manifestasi dari hak -hak ini. Pekerja terlindungi untuk membentuk, bergabung dan memperjuangkan hak -hak kerja mereka secara kolektif melalui serikat pekerja. Kali ini, gaji Anda akan menjelaskan serikat pekerja, peran, fungsi dan tujuan, prosedur untuk pelatihannya, serta pertanyaan yang berkaitan dengan kebebasan berserikat dan negosiasi bersama yang termasuk dalam serikat pekerja / serikat pekerja.

Apa yang kita maksud dengan serikat pekerja?

Pasal 1 Nomor 17 Hukum N ° 13 tahun 2003 (UU 13/2003) dan Pasal 1 Nomor 1 dari Hukum N ° 21 tahun 2000 tentang serikat / serikat pekerja (UU 21/2000) menyebut SP / SB sebagai ‘organisasi yang dilatih, oleh dan dan untuk pekerja / pekerja baik di perusahaan maupun di luar perusahaan, yang bebas, terbuka, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab atas perjuangan, pertahanan dan perlindungan hak dan kepentingan pekerja dan peningkatan kesejahteraan pekerja dan mereka keluarga.

Pekerja menerima perlindungan secara individual untuk bertindak secara kolektif untuk mempertahankan hak dan kepentingan mereka dan meningkatkan kesejahteraan yang sesuai bagi pekerja dan keluarga mereka. Agar tujuan ini dapat dicapai, undang -undang menawarkan peran penting dalam organisasi pekerjaan yang disebut SP / SB.

Apa fungsi Union / Union?

Sesuai dengan Pasal 102, ayat (2) UU 13/2003, dalam realisasi hubungan industri, pekerja dan serikat pekerja memiliki fungsi melakukan pekerjaan sesuai dengan kewajiban mereka, dengan mempertahankan urutan kesinambungan produksi, menyalurkan demokratis Aspirasi, mengembangkan keterampilan dan keahlian dan berpartisipasi dalam memajukan bisnis dan memperjuangkan kesejahteraan anggota dan keluarga mereka.

Apa tujuan pelatihan SP / SB?

SP / SB bertujuan untuk memastikan perlindungan, pembelaan hak dan kepentingan dan untuk meningkatkan kesejahteraan yang layak bagi pekerja dan keluarga mereka. Agar tujuan ini dapat dicapai, SP / SB menerima peran penting sebagai Pasal 4 Hukum 21/2000):

Pihak dalam negosiasi untuk perjanjian kerja bersama dan penyelesaian sengketa industri
Perwakilan Tenaga Kerja di Lembaga Kerjasama di bidang Ketenagakerjaan, misalnya lembaga kerja sama bipartit, lembaga kerja sama tripartit, dewan K3, upah, dll.

Berarti menciptakan hubungan industri yang harmonis, dinamis, dan adil sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Salah satu cara yang sering digunakan untuk menyadari bahwa ini adalah perjanjian kerja bersama.
Cara menyalurkan aspirasi dalam memperjuangkan hak dan kepentingan anggotanya.
Perencana, Implementasi dan Manajer Pemogokan Pekerja
Perwakilan pekerjaan dalam perjuangan untuk memiliki tindakan di perusahaan.

Bagaimana undang -undang tersebut mengatur SP / SB?

Pasal 28 Paragraf (3) Konstitusi Republik Indonesia 1945 menjamin hak semua orang atas kebebasan berserikat, untuk mengumpulkan dan menerbitkan secara verbal dan tertulis. Konstitusi 1945 juga melindungi hak masing -masing untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan mata pencaharian bagi kemanusiaan, dan memiliki posisi yang sama dalam hukum.

You May Also Like

About the Author: Yasep Novian

Leave a Reply

Your email address will not be published.