Apakah TV Digital Berbayar? Cek Disini

Nah pertanyaan ini yang sering muncul di dalam artikel kami, maksud berbayar disini adalah para pengguna seperti menonton siaran premium TV Parabola. Karena sudah hampir beberapa dekade para penikmat TV hanya tersedia dengan tayangan premium dengan siaran parabola berbayar. Saat ini TV Digital telah hadir dengan TV Digital Gratis ataupun TV Digital Berbayar

Apakah TV Digital berbayar?

Jika pertanyaan ini muncul, maka jawabannya adalah bisa iya ataupun bisa tidak, karena saat ini pemerintah sedang merencanakan pada november 2022 nanti, siaran analog akan ASO (analog switch off) yang berarti bahwa masyarakat dapat menikmati siaran TV hanya dari TV Digital.

Ada contoh, pada awal terciptanya TV Digital di Indonesia, ada salah provider siaran TV meleuncurkan siaran TV Digital premium dengan nama Nexmedia. Ya, jika anda ingat berarti anda pernah memakai fitur tersebut. Disini penulis juga pernah mencoba siaran TV Digital premium menggunakan nexmedia, namun saat ini nexmedia sudah beralih dari siaran digital ke siaran parabola dengan nama nexmedia.

Dengan adanya contoh tv digital berbayar itulah mungkin masyarakat masih menganggap bahwa TV Digital memang berbayar. Tapi faktanya adalah TV Digital tidaklah berbayar. Karena apa? Karena TV Digital sama-sama menggunakan siaran frekuensi terestrial (UHF), Siaran yang juga dipakai oleh TV Analog. Jadi bisa disimpulkan bahwa TV Digital kedepannya adalah free alias gratis karena memang frekuensi yang dipakai adalah sinyal frekuensi analog. Pemerintah saat ini sedang melelang mux untuk memberi kesempatan kepada stasiun TV untuk menempatkan TV mereka pada pemancar Mux yang tersedia.

Berbeda hal jika di masa yang akan datang nanti, siaran premium berbasi digitak juga akan kembali melakukan ekspansi bisnis seperti pada era kemunculan nexmedia. Ini dapat menandakan bahwa kesempatan bisnis TV digital berbasis premium juga akan datang kembali. Jadi anda siap-siap menantikan bahkan skema TV Digital nanti akan sama dengan skema TV parabola, yang dimana akan tersedia free channel dan akan ada premium channel.

Demikian artikel ini penulis sampaikan, semoga dapat menambah wawasan anda terkait TV Digital.

Sampai bertemu kembali di tulisan-tulisan berikutnya.

Baca juga: Cara Cek Sinyal TV Digital di Daerah Anda

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *