Aplikasi Android Rusak? Inilah Penyebab dan Perbaikan Terbaik

Duniacm.com – Setiap pengguna Android pernah mengalami hal yang menjengkelkan dengan aplikasi Android yang mogok.

Baik itu aplikasi pencatat yang telah dicoba dan tepercaya yang telah Anda gunakan selama bertahun-tahun atau versi baru Pokémon Go , aplikasi apa pun memiliki peluang untuk mogok sendiri.

Mengapa mereka terus mogok, dan apa yang dapat Anda lakukan ketika itu terjadi? Untuk menjawab itu dan beberapa pertanyaan lainnya, mari kita mulai dengan panduan kami tentang aplikasi Android yang mogok dan cara memperbaikinya!

Mengapa Aplikasi Android Terus Rusak?

Aplikasi Android diharapkan berfungsi dengan baik saat Anda mengunduhnya. Namun, mereka kadang-kadang terikat untuk berperilaku buruk seiring berjalannya waktu.

Anda akan menemukan beberapa aplikasi membeku dan mem-flash pesan kesalahan yang mengatakan “Sayangnya, aplikasi telah berhenti”.

Lebih menyebalkan lagi ketika aplikasi Android terus menutup secara otomatis tanpa peringatan. Jika aplikasi Android Anda mogok, mungkin ada banyak alasan.

1.RAM dan Manajemen Memori Tidak Cukup atau Buruk

Kemungkinan penyebab pertama mengapa aplikasi Android Anda terus mogok adalah memori akses acak (RAM) yang buruk dan manajemen memori ponsel Anda.

Ponsel Android Anda mungkin kehabisan RAM yang tersedia untuk digunakan untuk aplikasi Anda karena jumlah aplikasi aktif atau “latar belakang” yang sudah berjalan di perangkat Anda.

Masalah ini biasanya diperparah dengan terlalu banyak file atau sampah di memori ponsel Anda sendiri.

Beberapa aplikasi memerlukan penyimpanan gratis dalam jumlah tertentu di ponsel Anda selain dari yang diperlukan untuk ukuran penginstalan aplikasi.

2.Ketidakcocokan Aplikasi dan Perangkat

Masalah umum lainnya yang menyebabkan kesalahan mogok aplikasi Android adalah masalah ketidakcocokan.

Versi dan build aplikasi yang berbeda mungkin tidak kompatibel dengan versi Android Anda.

Masalah ini terutama berlaku untuk pengguna yang menginstal aplikasi lama ke smartphone yang dilengkapi Android 11 dan 12.

Alasan lain mungkin karena ponsel Anda tidak mencapai spesifikasi minimum yang diperlukan untuk aplikasi. Ini sebagian besar karena memiliki prosesor atau chipset yang berkinerja buruk.

3.Masalah Jaringan dan Internet

Namun penyebab lain untuk masalah aplikasi Anda mungkin karena masalah jaringan dan konektivitas.

Beberapa aplikasi seperti game online memerlukan akses internet untuk berfungsi. Meskipun jarang terjadi, aplikasi yang memerlukan fungsi ini mungkin macet saat ponsel cerdas Anda tidak memiliki akses internet atau jaringan seluler.

4.Izin dan Akses Perangkat

Kurangnya izin dan akses perangkat juga dapat menyebabkan aplikasi Android mogok. Beberapa aplikasi seperti Instagram dan TikTok memerlukan akses kamera dan mikrofon di perangkat Anda.

Meskipun kedua aplikasi ini secara khusus tidak mogok karena tidak memiliki akses, aplikasi serupa lainnya mungkin.

You May Also Like

About the Author: Crazy Rich

Leave a Reply

Your email address will not be published.