Bagaimana Cara Melakukan Tarik Tunai Kartu Kredit?

Duniacm.comBagaimana Cara Melakukan Tarik Tunai Kartu Kredit? Kartu kredit memang menjadi salah satu alat keuangan terpenting.

Dengan peningkatan fitur dan manfaat, kartu kredit sekarang lebih merupakan kebutuhan daripada kemewahan.

Selain memungkinkan Anda melakukan pembayaran di berbagai toko pedagang online dan offline.

Kartu kredit juga memungkinkan Anda untuk menarik uang tunai dari ATM seperti halnya kartu debit. Namun, tarik tunai kartu kredit tidak sesederhana itu.

Ada banyak detail lain yang harus Anda pertimbangkan sebelum melanjutkan dengan penarikan tunai kartu kredit. Blog ini akan membantu Anda menemukan semua yang Anda butuhkan.

Apa itu Tarik Tunai Kartu Kredit?

Dalam istilah teknis, tarik tunai kartu kredit disebut sebagai ‘Uang Muka Kartu Kredit’. Dengan fasilitas ini.

Pengguna dapat menarik uang tunai dari ATM menggunakan kartu kredit mereka. Namun ada beberapa poin terkait tarik tunai kartu kredit yang harus Anda perhatikan-

  • Fitur utama dari kartu kredit adalah untuk melakukan transaksi kartu; penarikan tunai hanyalah fitur tambahan dari kartu kredit yang ditawarkan oleh bank
  • Pengguna dapat menarik uang tunai dari kartu kredit mereka hanya sampai batas yang diizinkan dan tidak lebih
  • Batas maksimum penarikan tunai kartu kredit dapat bervariasi dari satu bank ke bank lainnya
  • Pengguna harus membayar biaya tambahan beserta bunga atas jumlah yang ditarik menggunakan kartu kredit
  • Tidak semua bank/penerbit kartu kredit menawarkan fasilitas tarik tunai kartu kredit

Biaya Penarikan Tunai Kartu Kredit

Karena penarikan tunai kartu kredit bukanlah fitur dasar tetapi merupakan fitur tambahan yang ditawarkan oleh bank.

Pengguna harus membayar biaya tambahan untuk penarikan tunai menggunakan kartu kredit mereka. Biaya tambahan ini disebut sebagai ‘biaya uang muka kartu kredit’.

Setiap kali pengguna menarik uang tunai menggunakan kartu kreditnya, persentase dari jumlah yang ditarik dibebankan sebagai biaya penarikan tunai.

  • Umumnya, bank mengenakan biaya antara 2,5% dan 3% dari jumlah yang ditarik pada setiap transaksi penarikan tunai kartu kredit, dengan jumlah minimum Rs. 300 hingga Rp. 500 sebagai biaya penarikan tunai
  • Biaya penarikan tunai akan ditambahkan ke tagihan Anda untuk bulan berikutnya dan akan tercermin dalam siklus penagihan Anda
  • Biaya penarikan tunai juga memiliki biaya keuangan yang berlaku pada tingkat yang sama dengan jumlah yang ditarik. Jumlah ini akan dikenakan dari tanggal penarikan sampai tanggal ketika jumlah tersebut dibayar penuh
  • Penting untuk dicatat bahwa meskipun Anda melakukan beberapa penarikan tunai menggunakan kartu kredit Anda dalam satu hari, Anda harus membayar biaya penarikan tunai untuk setiap transaksi individu yang Anda lakukan, berdasarkan jumlah penarikan

Ingin tahu apakah ada Kartu Kredit Tanpa Biaya di Tarik Tunai?

Nah, jangan heran lagi, karena Kartu Kredit HDFC Paytm Bank menawarkan nol biaya penarikan tunai hingga Rs. 10.000.

Berapa Biaya Keuangan pada Penarikan Tunai Kartu Kredit?

Penarikan tunai kartu kredit menarik biaya keuangan. Biaya ini bervariasi antara 2,5% dan 3% dari jumlah total yang ditarik, tergantung pada masing-masing bank.

Tingkat bunga aktual pada penarikan tunai bervariasi dari bank ke bank dan dari satu jenis kartu ke jenis kartu lainnya.

Penting untuk dicatat bahwa perincian terkait penarikan tunai kartu kredit dibagikan kepada pemegang kartu kredit pada saat mengeluarkan kartu kredit.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk membaca semua syarat dan ketentuan sebelum membeli kartu kredit untuk menghindari kejutan yang tidak diinginkan di kemudian hari.

You May Also Like

About the Author: Pang 6

Leave a Reply

Your email address will not be published.