Bagaimana Facebook Menghasilkan Uang: Model Bisnis Dijelaskan

Duniacm.com – Bagaimana Facebook Menghasilkan Uang: Model Bisnis Dijelaskan. Facebook bukanlah monopoli.

Tetapi dengan lebih dari 3 miliar penggunanya di seluruh dunia di Facebook, Instagram, dan WhatsApp, ia memiliki kehadiran pasar yang dominan di antara media sosial dan alat perpesanan.

Penetrasi pengguna raksasa Facebook di seluruh dunia adalah yang membuatnya menjadi perusahaan yang sangat berharga.

Namun, ketika berbicara tentang model bisnis Facebook dan cara menghasilkan uang, pengguna tidak membayar Facebook apa pun. Setidaknya tidak secara langsung.

Tapi mengapa tidak membiarkan Mark Zuckerberg, CEO Facebook, menjelaskan sendiri model bisnis Facebook dalam satu kalimat sederhana dalam video di bawah ini.

Baca juga

Bagaimana Facebook Menghasilkan Uang: Model Bisnis Dijelaskan

Model bisnis Facebook didasarkan pada penawaran alat dan layanannya sebagian besar gratis kepada miliaran pengguna dan kemudian menghasilkan uang dengan mengizinkan bisnis menampilkan iklan kepada pengguna Facebook.

Pengiklan membayar harga ke Facebook yang ditentukan dalam lelang, berdasarkan permintaan dan penawaran.

Itu berarti bahwa orang yang menggunakan layanan Facebook (pengguna) bukanlah orang yang membayar Facebook untuk itu.

Pelanggan nyata terutama adalah bisnis kecil yang beriklan di beberapa keluarga aplikasi Facebook.

Fokus Facebook pada usaha kecil menjadi bagian yang lebih nyata dari strategi Facebook saat memperkenalkan versi pertama dari alat e-commerce yang disebut Toko Facebook.

Facebook bukanlah bisnis pertama atau terakhir dengan model bisnis serupa. Namun, Facebook adalah contoh yang sangat baik bahwa model bisnis ini bukannya tanpa masalah ketika kepentingan pengguna dan pelanggan (pengiklan) tidak sejalan.

Selama bertahun-tahun, Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, CEO, dan pemegang saham pengendali dalam satu orang, secara agresif mengembangkan Facebook dari proyek kecil yang didirikan di kamar asrama kampusnya menjadi raksasa media sosial.

Namun, pendekatan agresif yang sama yang mendorong Facebook ke puncak, dikombinasikan dengan masalah yang melekat dalam model bisnisnya.

Tampaknya juga menjadi alasan mengapa kesuksesan Facebook dinodai oleh begitu banyak pelanggaran privasi dan keamanan yang memalukan.

Masalah masa lalu Facebook bukanlah kecelakaan satu kali tetapi pola perilaku selama satu dekade di mana Facebook menunjukkan pengabaian total terhadap privasi dan keamanan orang.

Semuanya memuncak dalam skandal Cambridge Analytica yang terkenal dan hukuman $ 5 miliar berikutnya dari Komisi Perdagangan Federal pada tahun 2019.

Terlepas dari semua masalah masa lalu dan juga saat ini, bisnis Facebook berkinerja sangat baik.

Pendapatannya mencapai $86 miliar pada tahun 2020, tumbuh sebesar 22% meskipun ada pandemi COVID-19. Margin keuntungannya adalah 38%, dan laba bersihnya adalah $29 miliar.

Pangsa pasar Facebook pada pendapatan iklan di AS pada 2019 adalah 23%, menjadikannya pemain terbesar kedua setelah Google (dengan pangsa pasar 32%).

Dibandingkan dengan Google, Facebook mengalami pertumbuhan yang jauh lebih tinggi pada tahun 2019. Ukuran total pasar AS adalah sekitar $130 miliar per tahun.

You May Also Like

About the Author: Pang 6

Leave a Reply

Your email address will not be published.