Beberapa Cara Sewa Rumah dengan Biaya Murah

Memiliki rumah sendiri adalah keinginan setiap orang. Namun, dibutuhkan biaya dan model yang besar untuk membangun rumah. Sehingga, beberapa orang lebih memilih untuk sewa rumah sementara. Sewa rumah tidak harus mahal, hanya saja Anda harus mengetahui cara sewa rumah dengan biaya murah.

Tips Menyewa Rumah Murah Namun Nyaman Ditempati

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum menyewa rumah. Sehingga, meskipun harga sewa murah, rumah tetap nyaman dan layak huni. Keluarga pun semakin betah tinggal di rumah. Berikut beberapa tips mudah mendapatkan sewa rumah impian murah.

  • Pilih Lokasi yang Tidak Terlalu Dekat dengan Keramaian

Memilih rumah yang terlalu strategis kerap menarik biaya sewa tinggi. Meskipun akses Anda ke publik semakin mudah, namun biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa tentu tidak sedikit. Terlebih jika lokasi rumahnya ada di pusat keramaian.

Oleh karena itu, agar mendapatkan harga sewa rumah yang lebih rendah sebaiknya pilih lokasi rumah yang tidak terlalu dekat dengan pusat kota. Namun, jangkauannya tetap mudah dan layak untuk dihuni. Misalnya tidak dekat dengan penampungan sampah, jauh dari lokasi kumuh dan sebagainya.

  • Ukuran Rumah Tidak Terlalu Besar

Agar mendapatkan harga sewa yang murah, hindari memilih hunian yang ukurannya terlalu besar. Biasanya, semakin luas hunian memakan biaya yang semakin tinggi. Meski demikian, pastikan rumah tersebut tetap nyaman dihuni dan tidak terlalu sesak.

Akan lebih baik lagi jika ukuran rumah disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang akan menempatinya. Jika hanya dua atau tiga orang, maka bisa memilih rumah dengan ukuran biasa. Biayanya akan lebih terjangkau. 

  • Lakukan Negosiasi Harga dengan Pemilik Rumah

Cara sewa rumah dengan biaya murah berikutnya adalah dengan melakukan negosiasi harga. Dalam hal ini akan lebih mudah jika langsung berhubungan dengan pemilik rumah. Dengan harapan harganya bisa lebih murah dari yang ditawarkan sebelumnya.

Negosiasi harga ini sangat penting agar Anda tidak mendapatkan harga yang terlalu tinggi. Terlebih jika lokasi rumah tidak begitu dekat dengan keramaian. Biasanya proses tawar menawar akan semakin mudah. Namun, hindari menawar terlalu rendah karena akan sulit berhasil.

  • Sewa dalam Jangka Waktu yang Relatif Lama

Tips lain yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan rumah dengan biaya sewa murah adalah menyewa dalam jangka waktu lama. Biasanya, semakin lama jangka waktu sewa harganya bisa lebih murah. Secara umum, menyewa rumah yang ideal adalah satu tahun.

Jika Anda membutuhkan waktu yang lebih dari itu akan lebih baik karena bisa meminta harga yang lebih rendah. Namun, umumnya pemilik rumah akan meminta Anda membayar lunas biaya sewa dalam tahun pertama.

  • Cari Hunian yang Telah Lama Tidak Ditempati

Rumah yang lama tidak ditempati biasanya memiliki harga sewa yang relatif murah. Terlebih jika rumah tersebut disewakan hanya agar ada yang menempati sementara. Untuk menemukan rumah sewa semacam ini, Anda bisa bertanya kepada warga dan masyarakat sekitar.

Jika tidak ada informasi mengenai hunian yang disewakan, carilah informasi mengenai rumah yang kebetulan tidak ditempati. Cari tahu siapa pemilik rumah tersebut dan hubungi yang bersangkutan. Biasanya, dengan cara seperti ini Anda akan memperoleh harga sewa rumah yang miring.

  • Bandingkan Harga Satu dengan yang Lain

Setelah mendapatkan rekomendasi rumah untuk disewa, jangan terburu-buru mengambil. Anda harus selektif dalam memilih rumah agar mendapatkan kualitas terbaik dengan harga terjangkau. Karenanya, kumpulkan beberapa rumah dengan harga yang jelas.

Bandingkan antara satu dengan yang lain. Jika sudah, cari yang menurut Anda paling nyaman ditempati dengan harga yang terjangkau. Dengan begitu, Anda dan keluarga akan bisa tinggal di rumah yang layak huni. Tentunya dengan biasa sewa yang tidak mencekik.

Beberapa cara sewa rumah dengan biaya murah di atas akan membantu Anda menemukan rumah terbaik. Namun, hal penting yang harus dicatat adalah jangan hanya melihat murahnya harga. Namun, pastikan juga fasilitas dan lingkungan rumah memadai. Karena itu akan menjamin kenyamanan semua keluarga.

Baca juga: Tips Membeli Rumah Bekas dengan Biaya Murah di Tangerang Selatan

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published.