Begini Tips Memulai Usaha Refleksi

Apakah badan anda saat-saat ini sering terasa pegal? kaki dan tangan anda juga merasakan demikian? lalu apa yang sering anda lakukan?. Sebagian masyarakat mungkin akan melakukan sedikit pijatan disekitar area yang pegal. Namun dengan pijatan yang lama, apakah sanggup dengan memijat sendiri? pasti engga kan. Kebanyakan masyarakat juga akan beralih ke jasa urut yang sudah berjamuran di sekitar kota maupun desa. Dengan memakai jasa tersebut sudah pasti badan-badan yang tadinya pegal dijamin akan sedikit hilang. Memang saat ini sudah banyak dikenal sebutan lain jasa pijat dengan jasa refleksi. Sudah banyak berkeliaran usaha refleksi tersebut di kota dan desa.

Lalu apa perbedaan keduanya antara jasa pijat biasa dan jasa refleksi. Perbedaan mendasar adalah jika jasa pijat biasanya datang langsung ke konsumen. Jadi saat ada panggilan untuk memijat konsumen baik by call atau pun secara lansgung sudah pasti si Tukang Pijat ini akan datang ke rumah konsumen yang akan mau dipijat. Berbeda dengan jasa pijat Refleksi yang jika ingin memijat tidak perlu datang ke rumah konsumen tapi cukup berdiam diri di tempat usaha refleksi maka para konsumen pun akan datang menghampiri. Lalu manakah yang menguntungkan jika dilihat dari sisi usaha? sebenarnya kedua jenis jasa tersebut sama-sama menguntungkan. Akan tetapi jenis tersebut bisa dikelompokkan ada yang sifatnya individu yakni tukang pijit dan berkelompok yakni di Jasa Refleksi.

Menarik jika ingin membuka jasa usaha refleksi karena bisa dilakukan secara kelompok alias bisa joint venture. Sisi baiknya, kita tidak perlu menjadi unsur utama jasa itu sendiri alias tidak perlu jadi tukang pijat (contohnya sebagai pemodal/investor). Maka dari itu, berikut tips yang saya akan sampaikan jika ingin memulai jasa usaha refleksi. Dimulai dari segmen modal yang harus dikeluarkan hingga keuntungan yang dapat diperoleh

Modal

Modal yang dibutuhkan untuk membuka jasa refleksi ini berkisar 40-50 jutaan. Detailnya dana segitu akan digunakan untuk sewa tempat dan kebutuhan lainnya.

Modal
Sewa Kios 1 TahunRp. 15.000.000,-
Kursi/Sofa Pijat 4 Buah @1.500.000Rp. 6.000.000,-
AC 1/2 PKRp. 3.000.000
TV 32 inchRp. 3.200.000
Dana cadangan upah jasa pijatRp. 10.000.000
Handuk Rp. 500.000
Meja ResepsionisRp. 1.000.000
Izin dan lain-lainRp. 3.000.000
TotalRp. 41.700.000

Tempat Harus Strategis

Memilih tempat yang strategis walaupun untuk usaha refleksi sangatlah menentukan. Jika hanya sekedar tempat tanpa memikirkan tempat yang mudah dijangkau konsumen. Maka dengan pasti usaha tersebut akan tutup dalam waktu cepat. Maka dari itu, pilihlah lokasi dipinggir jalan utama atau pinggir jalan yang setiap hari dapat dilalui orang sekitar 1000 rata-rata lalu lintas orang lewat. Dengan begitu, 1 % dari 1000 atau 10 orang untuk masuk ke tempat usaha refleksi sudah cukup untuk operasional usaha sehari-hari.

Baca juga: Bisnis Rental Mobil: Cemerlang atau Suram?

Pilih Tukang Pijit Profesional

Maksud profesional disini adalah berpengalaman dan sudah menguasai teknik refleksi. Refleksi sangat berbeda dalam urusan teknik memijit. Dalam refleksi ada jemari yang boleh ditekan dengan keras, ada yang tidak boleh dipijat. Dari namanya saja sudah refleksi, bisa berarti relaksasi dan reflek. Tukang pijit refleksi profesional biasanya juga sudah dilatih secara intens dan fokus. Sehingga untuk urusan kenyamanan bagi konsumen sudah pasti teruji.

Lakukan Promosi

Melakukan promosi bisa dengan cara apapun. Bisa dengan media digital/online atau media cetak. Jika menggunakan online, dapat menggunakan fitur sosial media, internet, dan e-commerce. Dengan cara ini pasti para calon konsumen akan datang secara terus menerus. Apalagi jika diberi diskon yang dapat menarik perhatian. Sedangkan menggunakan media cetak, dapat juga menggunakan flyer, booklet, brosur, leaflet atau dengan papan besar/spanduk di depan toko jasa refleksi. Usahakan dengan menggunakan gambar dan desain yang menarik ya agar calon konsumen tertarik untuk datang.

Seuaikan Tarif

Hal ini juga lebih penting, untuk harga memang sedikit bersaing. Baik memakai jasa tukang pijit individu maupun jasa refleksi. Jasa pijat individu biasanya memasang tarif 60 ribu hingga 100 ribu per 2 jam untuk 1 kali praktek. Sedangkan untuk refleksi menawarkan 90 menit praktek dengan biaya variatif kisasran 60 ribu hingga 90 ribu. Maka dari itu, jika anda pengusaha jasa refleksi pemula, sesuaikan ya tarif jasa nya. Kalau perlu diskon dengan promosi yang sesuai, itu akan membuat calon konsumen terus datang untuk memakai jasa usaha refleksi yang anda favoritkan.

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published.