Cara Buat Internet Banking BRI dengan Mudah

Layanan kemudahan perbankan saat ini memang menjadi pilihan utama, bagaimana tidak dengan teknologi ujung jari, semua akan terasa cepat dan mudah. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, serta kemudahan mengakses jaringan internet yang didukung kecepatan internet broadband sudah menjadi niscaya masyarakat saat ini lebih memilih cara transaksi yang lebih mudah dan efisien. Bermodalkan layanan Internet Banking, Mobile Banking, SMS Banking, fitur utama platform perbankan sudah menjadi senjata utama untuk mengedepankan best service bagi para nasabahnya.

Kali ini penulis mencoba memberikan salah satu cara yang paling mudah dalam transaksi perbankan menggunakan internet banking. Sebagai salah satu contoh saya mencoba memakai Bank Rakyat Indonesia (BRI), karena bank ini sudah lama kami pakai. Lokasi pembuatan internet banking BRI ini, ada disetiap Kantor Cabang BRI, Kantor Unit BRI serta Kantor Kas BRI. sebelum membuat internet banking, ada beberapa persyaratan yang harus dibawa setelah sampai di Kantor Cabang/Unit/Kas BRI yaitu:
a. KTP
b. ATM BRI
c. Buku Tabungan BRI

Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan saat tiba di kantor Cabang/Unit/Kas BRI:

a. Ambil nomor antrian Customer Service (CS)

Langkah pertama saat anda membuat Internet Banking ini adalah datang ke CS, tapi jangan lupa harus ambil nomor antrean dulu karena kalau kalian langsung duduk di meja CS, akan dimarahi nasabah lain yang sudah menunggu karna ambil nomor antrean duluan. 🙂

b. Isi Formulir Pelayanan

Sebelum anda menuju ke meja CS, nanti security bank akan segera memberi anda formulir kebutuhan pelayanan yang harus anda isi. Jangan lupa isi data anda di formulir dengan benar dan lengkap

c. Menuju Meja Customer Service

Jika memang anda sudah dapat giliran antrian untuk dipanggil maka anda akan diarahkan untuk mendatangi meja CS atau jika ada panggilan bel antrian, anda akan dipanggil ke meja tersebut.

d. Proses Pembuatan Internet Banking

Setelah anda sudah menghadapi customer service anda akan ditanya pertama kali untuk apa keperluan internet banking tersebut. Anda cukuop menjawab keperluan Internet Banking diperlukan agar dipermudah dalam melakukan transaksi.

e. Pemeriksaan Dokumen-dokumen

Setelah itu pegawai CS bank BRI akan memproses dokumen-dokumen anda, pastikan ATM, KTP dan Buku Tabungan yang anda bawa itu benar ya teman-teman.

f. Pengaktifan akun di Browser

Jika Pegawai CS sudah memproses dokumen-dokumen anda, maka proses selanjutnya adalah pengaktifan akun IB BRI anda yang tentunya dilakukan di Handphone (HP) anda sendiri, langkahnya masuk ke https://ib.bri.co.id nanti pegawai CS sendiri akan memberikan user id anda sebagai login (masuk) awal pada saat anda masuk ke akun IB BRI anda,

g. Masukkan Password di Mesin EDC

Untuk password, nanti pegawai CS akan mengarahkan anda untuk memberikan password di mesin Electronic Data Capture (EDC), untuk password pertama adalah 6 digit (passwordnya yang mudah dan jangan sampai lupa saat login)

h. Proses Login

menu login

Jika user ID dan Password sudah anda dapatkan, maka selanjutnya anda akan di arahkan untuk login di IB BRI, setelah login maka anda dihadapkan untuk ubah password kembali dengan tipe karakter: 8 Karakter dengan Simbol berbeda dan huruf besar, memang agak rumit, tapi demi keamanan data perbankan anda tidak salah juga kan. setelah itu anda diwajibkan untuk mengisi email untuk memverifikasi akun anda.

i. Aktifkan m-token

Jika sudah verifikasi akun anda, maka langkah terakhir adalah anda harus aktifkan m-token, m-token sendiri berfungsi sebagai gerbang (key) saat anda melakukan transaksi keuangan, memang jika m-token ini belum di aktifkan masih bisa melihat proses transaksi yakni hanya bisa melihat saldo saja, tapi karena sebagian besar Internet Banking ini digunakan untuk transfer maka memang diwajibkan untuk aktfikan m-token, cara mengaktifkan nya adalah masuk ke menu bar pilih sub menu layanan lalu akan anda keterangan bahwa anda mengambil nomor/kode aktivasi yang dikirim ke nomor HP anda melalui SMS (harap disesuaikan dengan server ID), satu lagi pastikan saat anda mengambil kode aktivasi pulsa anda harus terisi ya. jika notifikasi kode aktivasi via SMS agak lama, ditunggu saja, karena pengalaman kami, aktivasi pagi, siang sekitar jam 12 baru muncul SMSnya. jika sudah, masukkan kode aktivasinya untuk mengaktifkan m-token.

j. Install Bri Mo di Play Store (android) App Store (iOS)

Aplikasi brimo
app menu BRI Mo

Dalam transaksi menggunakan Internet Banking ini memang wajib diperlukan token sebagai gerbang (key) jika anda melakukan transaksi keuangan seperti transfer uang hingga pembayaran, jika dirasa anda ingin yang lebih praktis, pihak BRI sudah memberikan kemudahan yakni dengan meluncurkan aplikasi BRI Mo (Aplikasi dapat diunduh di Play Store (android) dan App Store (iOS), kemudahan fitur ini adalah jika anda melakukan proses keuangan anda tidak perlu mengambil token yang dirasa lebih lama dibanding hanya memasukkan password, karena di BRI MO untuk transaksi hanya perlu password IB BRI saja.

Demikian cara pembuatan Internet Banking BRI yang bisa diceritakan di blog ini. Satu lagi, gunakan Internet Banking ini sesuai keperluan dan kebutuhan yag teman-teman. jika ada saran silahkan berikan komentar dibawah ini, atau jika ada sharing mohon berikan masukkan.

Baca Juga: Cara Pinjam Uang 200 Juta di BRI Jaminan Sertifikat Rumah

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published.