Cara Buat NIB dan IUMK Online Mudah dan Cepat

Pengajuan izin usaha memang mempunyai regulasi sendiri, baik dari pemerintah pusat ataupun pemerintah kota. Pada level pemerintah pusat biasanya akan ditangani oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal. Perizinan Usaha adalah salah satu aspek penting dalam berbisnis, saat ini dibutuhkan Nomor izin berusaha (NIB) dan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK), Buat NIB dan IUMK sangat perlu bagi pelaku usaha.

Dengan adanya regulasi tersebut maka diharapkan segala data-data yang dimiliki usaha mikro dan kecil akan terdapat langsung di database pemerintah, sehingga dalam pendataan para pelaku usaha akan mudah di monitoring pemerintah pusat dan daerah.

Saat ini izin usaha dapat dilakukan dengan mudah sekali, kalian dapat membuat surat keterangan usaha berupa NIB dan IUMK secara online, tanpa harus datang ke tempat perizinan di tiap daerah. Sebagai contoh, jika kita ingin mengajukan kredit usaha rakyat (KUR) salah satu syaratnya adalah mempunyai Surat Keterangan Usaha (SKU) yang diterbitkan kelurahan atau kecamatan di daerah setempat.

Sebenarnya cukup sulit, namun kali ini dengan cukup online saja kalian dapat membuat sebuah legalitas resmi atas usaha anda sendiri

Cara Buat NIB dan IUMK

  1. Buka link oss.go.id
    jika kalian sudah punya akun maka kalian tinggal login saja, namun jika belum kalian diminta untuk mendaftar dulu dan mengisi form yang tersedia seperti gambar dibawah ini.
daftar akun oss.

2. Jika sudah berhasil login dan aktivasi melalui email, maka akan diarahkan link app.oss.go.id, Kemudian pilih menu permohonan – perseorangan – Nomor Izin Berusaha

3. Jika kamu sudah punya NIB sebelumnya, biasanya sistem akan menolak untuk pendaftaran kembali tapi bisa membuat sebuah legalitas baru, karena satu akun hanya bisa digunakan untuk satu NIB, namun jika belum maka kalian bisa melakukan tambah usaha, dan kemudian isi data-datanya.

4. Silahkan isi data-data sesuai usaha anda, hal terpenting dalam hal ini adalah NPWP dan Modal Dasar Usaha anda,

5. Jika sudah maka sistem akan melakukan pengecekan data dan validasi data. Mungkin menunggu sekitar beberapa detik saja.

6. Untuk pembuatan IUMK adalah jika NIB kalian sudah validasi, maka selanjutnya adalah kalian dapat mengisi modal dasar serta data-data pendukung lainnya.

Jika beberapa cara diatas sudah diterapkan, maka sistem akan menyediakan draft atas NIB dan IUMK. Sebelum fix, coba kalian cek dan teliti kembali agar tidak ada kesalahan atas data-data usaha anda.

Kalau sudah benar, silahkan kalian unduh dokumen NIB dan IUMK yang sudah di validasi dan sudah di tanda tangani secara digital oleh pejabat izin tersebut.

NIB yang sudah jadi.

Demikian lah cara-cara bagaimana membuat NIB dan IUMK sebagai syarat perizinan usaha kalian, kalau penulis sih gunakan untuk pengajuan kredit ke Bank, karena sekarang tidak perlu lagi SKU dari kelurahan setempat.

Baca juga: Cara Pinjam Uang 200 Juta di BRI Jaminan Sertifikat Rumah

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *