Cara Buat NPWP Pribadi dalam 1 Jam di Wilayah Tangerang Selatan

Nomor Pokok Wajib Pajak atau yang disingkat NPWP merupakan sesuatu yang harus dimiliki sebagai warga negara indonesia yang baik. Terlebih di era saat ini negara sangat konsisten ingin menggenjot para wajib pajak untuk menunaikan kewajibannya membayar setiap objek pajak yang dimilikinya, seperti rumah, mobil, motor, pajak penghasilan, pajak pembeli, pajak penjual, bahkan pajak hasil dari usaha. Nah, kita sebagai warga negara yang baik harus tetap memikirkan hal ini ya teman-teman, demi pembangunan Indonesia yang lebih baik tentunya. Disini penulis mencoba memberikan cara buat NPWP yang selesai hanya dalam 1 Jam. Karena penulis berdomisili di area Tangerang selatan. maka penulis akan bercerita pengalaman membuat npwp di Tangerang Selatan.

Sebelum kita berangkat menuju Kantor Pelayanan Pratama (KPP) Pajak di wilayah tangerang selatan, ada hal yang perlu di persiapkan seperti , KTP, Surat keterangan usaha bagi yang usaha, jika memang sudah berkeluarga (untuk jaga-jaga) bawa surat nikah, bagi pasangan yang sudah di tinggal meninggal bisa membawa surat kematian. jangan lupa berkas-berkas tersebut di fotokopi dahulu untuk menghindari lama nya proses disana, sebenarya mereka menyiapkan fasilitas mesin cetak fotokopi, tapi tidak ada salahnya kan jika kita juga tidak merepotkan mereka untuk hal sederhana ini.

Jika sudah dipersiapkan dengan baik berkas-berkas tersebut, langsung menuju ke KPP pratama yang sudah di plot di wilayah kota, karena saya tinggal di area tangerang selatan maka saya meuluncur ke KPP Pratama Serpong yang lokasinya berada di Dekat Kantor SAMSAT BSD, kalau belum tahu, silahkan search di google KPP Pratama Serpong, mudah kan. setelah tiba, jangan lupa kita mengambil nomor antrian seperti gambar dibawah ini.

Ambil nomor antrian

Nah karena penulis datang agak terlambat, maka tiba disana pukul 2.37 siang, sudah hampir telat. Untuk informasi seluruh KPP Pratama yang tersedia di Indonesia, Jam buka KPP Pratama adalah pukul 08.00 s/d 16.00, jadi kalau mau buat NPWP di usahakan datang 1 jam sebelum jam tutup ya teman-teman.

Jika sudah dapat nomor antrian, maka nanti akan diminta kan petugas yang berjaga di nomor antrian untuk segera mengisi formulir untuk pembuatan NPWP Baru, jangan lupa siapkan Pulpen untuk isi formulir tersebut. Jika kalian membuat NPWP untuk keperluan sebagai pekerja maka nanti ada formulir surat pernyataan yang harus kalian isi, contohnya seperti gambar berikut:

Jangan lupa siapkan materai bagi yang ingin membuat NPWP sebagai pekerja ya. jika sudah siapkan formulir dan surat yang di isi ini silahkan menunggu antrian di tempat duduk yang sudah disediakan petugas. saat giliran di panggil penulis memberikan pengalaman saat menghadap petugas KPP Pratama, karena domisili penulis tidak berada di area pelayanan KPP Pratama Serpong (Setu, Serpong Utara, Serpong) maka penulis diarahkan untuk membuat di KPP Pratama Area Tangerang Selatan Cabang Pondok Aren, karena domisili penulis berada di wilayah tersebut,

Tanpa berpanjang lebar, maka penulis pun segera meluncur ke KPP Pratama Pondok Aren tepatnya persis di Kampus Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN). Dalam perjalanan kurang lebih 30 menit via tol serpong-jakarta, maka kami tiba pukul 4 kurang. karena jam tutup KPP Pratama akan segera tiba, maka kami segera menemui petugas yang ada di KPP tersebut. Karena sudah melewati jam pelayanan yang akan selesai, maka kami di arahkan ke bagian pelayanan ekstensi (khusus) mungkin tidak berlaku bagi yang datang tidak terlambat yakni pasti akan di terima di pelayanan umum.

Setelah di terima di pelayanan khusus pembuatan NPWP, nanti akan diminta kan KTP, Surat pernyataan, dan mengisi formulir kembali. Karena penulis peruntukkan NPWP untuk usaha, maka surat pernyataan bermaterai yang tadi dibuat tidak berlaku. Mohon dicatat ya teman-teman. Prosesnya berlangsung selama 15 menit kurang lebih. Untuk NPWP yang digunakan sebagai usaha. maka diwajibkan membayar di tempat, pajak 1 bulan sebelumnya sebesar 0,5 %( untuk UKM/UMKM) dari hasil usaha tiap bulan. hal itu sudah ketentuan ditjen Pajak, Maka jangan lupa ya teman-teman untuk persiapakn nilai tersebut.

kurang lebih 15 menit, maka NPWP pun akan segera terbit. seperti ini hasilnya.

NPWP yang sudah terbit

Cukup mudah kan teman-teman. bagi yang berada di wilayah tangerang selatan, segera yah membuat NPWP ini, karena demi pembangunan negara juga kan. :). jangan lupa juga untuk membayar pajak tiap bulan melalui Bank-bank seperti dibawah ini cara pembayarannya.

Demikian artikel cara buat npwp ini, semoga bermanfaat bagi kalian. Jangan lupa like dan share ya teman-teman.

Baca juga: Cara Buat SKCK online di Polres Tangerang Selatan

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *