Cara Cek Sinyal TV Digital di Daerah Anda

Pemerintah resmi mengeluarkan kebijakan analog switch off (ASO) yang akan direncanakan pada November 2022. Kebijakan ini membuat masyarakat mau tidak mau beralih dari TV Analog ke Tv Digital. Namun sebelum anda menyaksikan TV Digital nanti secara utuh, beberapa Stasiun TV Swasta sudah mengudarakan siaran baik secara free to air (FTA) atau masih dalam tahap uji coba. Untuk dapat menonton sebuah TV Digital, anda juga harus dipastikan untuk cek sinyal apakah sudah mendapatkan sinyal atau belum di daerah anda.

Teknologi sinyal Tv Digital masih menggunakan UHF dengan siaran terestrial, antenna yang sering  dipakai oleh TV Analog juga. Saat ini, juga banyak dipasaran yang sudah menjual beberapa antena terestrial (T2). Harganya pun beragam, dimulia 50 ribuan hingga 500 ribuan. Bagi anda yang sudah memiliki antena digital dan set top box, tidak ada salahnya untuk mengecek sinyal TV Digital. Barangkali daerah anda sudah ter cover jaringan TV Digital dengan power yang cukup kuta.

Cara cek Sinyal TV Digital di Daerah Anda

Menggunakan Aplikasi sinyaltvdigital di playstore

a. Dibangun oleh Perusaahaan IT

Aplikasi ini develop oleh bangunindo indi sudah oleh 50 ribu pengguna, diyakini aplikasi ini akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu para masyarakat yang ingin menikmati siaran TV Digital .

b. Dapat mengatahui lokasi pemancar

Anda dapat menggunakan aplikasi ini dengan mengetahui posisi sinyal dengan kategori sinyal kuat “warna merah”, sinyal sedang “hijau,hijau muda, kuning” kemudian sinyal lemah “biru, biru muda”. Saat ini posisi penulis berada di jakarta selatan dengan kategori warna merah, hasil yang didapatkan pun cukuo banyak, ada sekitar 40 channel yang didapatkan.

a.      Dapat mengetahui Frekuensi Muli plexer

Dengan aplikasi ini kita juga bisa mendapatkan informasi daftar frekuensi tiap satuan frekuensi stasiun TV, meskipun jika set top box (STB) memiliki fitur pencarian otomatis, anda tidak perlu memasukkan frekuensi manual. Tapi tetap saja, jika ada kendala maka anda pasti memerlukan daftar frekunesi/multiplexer ini.

a.      Mengetahui lokasi terdekat

Jika kita scroll ke atas, maka tampilannya akan lebih luas, dan kita dapat mengatahui jaringan disekitar wilayah kita. Sudah dapat diketahui, bahwa wilayah JABODETABEK masih mendapatkan full sinyal merah yang sangat banyak, hal ini berarti bahwa coverage sinyal TV digital,masih didominasi kota besar.

Mudah sekali bukan caranya? Sekarang bisa langsung download aplikasi ini, dan segra cek sinyal TV Digital dirumah anda, apakah memiliki jangkauan sinyal TV Digital apakah tidak. Selamat bagi anda yang sudah mendapatkan sinyal TV Digital, dengan kualitas gambar yang jernih dan halus.

Demikian artikel ini dibuat, semoga dapat bermanfaat bagi anda para pengguna TV Digital.

Baca juga: Perangkat yang Wajib Ada untuk Nikmati TV Digital

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published.