Cara Membatasi Postingan Blog di Home Page WordPress

Sobat Dunia CM mungkin bagi kalian yang sedang membuat website/blog pasti pernah merasakan hal yang biasa para blogger alami. Yakni saat membuat sebuah website/blog baik dengan template blogger maupun dengan template wordpress jika membuat postingan dalam jumlah banyak kemungkinan yang akan tampil di homepage atau halaman depan website/blog bisa jadi berjumlah banyak. Tentunya ini akan mempersulit pembaca dalam memfilter isi postingan. Yang pasti pembaca hanya akan membaca yang dia kehendaki sesuai keinginan. Sehingga tampilan banyak postingan yang tampil akan mempersulit pembaca. Akan lebih baik jika kita membatasi postingan blog tersebut kan teman.

Dan untuk seorang blogger yang fokus, pasti sudah mengetahui jika banyaknya jumlah postingan sangat tidak baik terutama untuk Search Engine Optimazion (SEO). Faktor SEO sangatlah dibutuhkan bagi seorang blogger, tidak hanya penulisan yang baik, namun struktur template juga perlu diperhatikan.

Maka dari itu Dunia CM mencoba memaparkan cara membatasi postingan artikel blog di homepage wordpress tanpa plugin. Baik sebelum kita memulai langkah-langkahnya, kami mencoba mengupas kenapa sih jumlah postingan itu tidak perlu banyak-banyak di homepage bagian depan blog/website.

Terlihat Berantakan

Hal ini memang sebuah niscaya, karena dengan terlihatnya jumlah postingan maka sudah pasti blog/website kalian akan terlihat ramai. Menurut sebagian blogger jika tampilan awal/home page sudah berantakan maka akan terlihat berantakan.

Tidak Sesuai dengan Ukuran Homepage

Jika kita lihat, ukuran homepage blog/website yang biasa hanyalah satu kotak layar monitor komputer yang kita miliki, Idealnya memang seperti itu. Jadi tanpa perlu kalian scroll kebawah, maka postingan terbaru kalian jika kalian setting latet posts akan terlihat semua dibagian homepage.

Idealnya 5 Postingan

JIka anda bingung kira-kira berapa postingan yang cocok berada di homepage blog/website kita. Jawabannya adalah cukup 5 postingan saja. Kenapa hanya 5 postingan? sebenarnya 10 postingan juga cukup, tergantung selera kalian mau 7 postingan, 8 postingan atau 10 postingan. tapi idealnya dilayar monitor komputer cukup 5 postingan sudah mewakili psotingan lain tanpa perlu scroll ke bawah.

Sangat disukai SEO

Nah ini yang lebih penting, Jika kalian memang seorang penulis atau blogger, struktur template yang semacam ini sangatlah SEO Friendly.

Bagaimana caranya?

Baik, sebelumnya pastikan kalian sudah punya postingan artikel yang cukup banyak ya. Jika hanya memiliki 1-2 postingan artikel, rasanya belum bisa men-setting fitur ini karena masih sedikit tentunya. Berikut langkah-langkahnya.

a. Masuk ke dashboard wordpress

dashboard wordpress
dashboard wordpress

b. pilih menu setttings, lalu pilih reading

setting
menu settings

c. Jika sudah, kalian bisa membatasi jumlah postingan di pilihan Blog Page show at most. Pilih jumlah yang ideal yakni 5 postingan.

blog show post
fitur membatasi postingan blog/website

d. Jika sudah, klik save changes, maka lihat perubahan yang terjadi, seperti contoh blog duniacm.com dibawah ini.

hasil
hasil

Kesimpulan

Cara ini cukup mudah kan? karena mudahnya tanpa perlu menginstall plugin lagi. jadi cukup disetting secara manual sudah cukup untuk membuat postingan hanya terlihat sedikit. Dan tentunya sangat disukai pembaca dan terlihat SEO friendly. Semoga artikel ini dapa bermanfaat bagi kalian. Share jangan lupa agar yang lain gunakan cara ini untuk membatasi postingan di blog/website.

Baca juga: Prinsip Color Management dalam Dunia Grafika

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published.