Cara Membuat Kotak Sederhana pakai Java NetBeans IDE

By | July 22, 2019

Bagi anda yang sedang membuat atau menyusun project dengan Java NetBeans, maka anda kemungkinan akan dihadapakan dengan segala jenis dunia programming beraneka macam di platform tersebut.

Kali ini penulis mencoba memberikan cara membuat kotak sederhana, sebelumnya pada postingan yang lalu, sudah ditulis bagaimana langkah membuat lapangan bulu tangkis menggunakan java netbeans, nah kali ini kita akan membuat dasar dari bentuk lapangan tersebut yaitu, kotak sederhana.

baca juga Cara Membuat Lapangan Bulutangkis pakai Java NetBeans IDE

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka aplikasi Java NetBeans.

  1. Buka aplikasi NetBeans.
  2. Klik New Project

3. lalu pilih java application, klik next
4. masukkan nama project yang akan disertai dengan MainClass yang akan disi tersendiri, jika ingin MainClass nya berbeda dengan nama project, maka hilangkan centang di MainClass nya

5. Jika sudah, masukkan kode berikut pada kotak editor Java NetBeans:

/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package kotak;

import java.awt.*;
import javax.swing.*;

import java.awt.Color;
import java.awt.GradientPaint;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import javax.swing.JPanel;

public class Kotak extends JApplet{

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        JFrame frame = new JFrame();
        frame.setTitle("Kotak");
        frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        JApplet applet = new Kotak();
        applet.init();
        frame.getContentPane().add(applet);
        frame.pack();
        frame.setVisible(true);  
    }
   
    public void init() {
        JPanel panel = new Panel2D();
        getContentPane().add(panel);
    }
   
    class Panel2D extends JPanel {
        public Panel2D() {
            setPreferredSize(new Dimension(1000, 500));
            setBackground(Color.LIGHT_GRAY);
        }
        public void paintComponent(Graphics g) {
            Dimension d = getSize();
            int maxX = d.width-1; int maxY = d.height-1;
            super.paintComponent(g);
            Graphics2D g2 = (Graphics2D)g;
            Color warna;
               
            //Kotak
            g2.setColor(Color.red);
            g2.fillRect(250,50,500,200);
            g2.setColor(Color.WHITE);
            g2.setStroke(new BasicStroke(3.0f)); //untuk menebalkan garis
            g2.drawRect(250,50,500,200);
        
        }
    }
}

6. Klik run, untuk menampilkan hasilnya, Jika sudah maka tampilannya akan seperti ini.

Pembuatan kotak sederhana ini juga memiliki fungsi khusus dalam kode strukturnya, dimana terdapat fungsi fillRect dan drawRect, dua fungsi inilah yang menjadi kode utama pembuatan kotak.

Fungsi fillRect adalah kode yang dibutuhkan untuk membuat isi kotak yang disesuaikan dengan titik koordinat, contoh gambar diatas adalah gambar full yang berwarna merah, sedangkan fungsi drawRect adalah kode pembuatan garis tepi kotak, dalam contoh gambar diatas adalah yang berwarnah putih di tiap tepi gambar.

//Kotak
g2.setColor(Color.red);
g2.fillRect(250,50,500,200);
g2.setColor(Color.WHITE);
g2.setStroke(new BasicStroke(3.0f)); //untuk menebalkan garis
g2.drawRect(250,50,500,200);

Dengan mengatur posisi titik koordinat (x1,y1,x2,y2) maka pembuatan kotak akan berjalan dengan lancar. Untuk postingan selanjutnya penulis akan mencoba memberikan penjelasan mengenai fungsi titik koordinator dalam pembuatan objek dalam komputer grafik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *