Cara Membuat Lapangan Bulutangkis pakai Java NetBeans IDE

Sebelum ke topik ini, mungkin sudah pernah tau bahasa pemrograman java ya, bahasa yang sering dipakai untuk programming berbasis OOP (Object oriented Programming) ataupun structure language. Topik kali ini saya akan mencoba cara membuat lapangan bulutangkis menggunakan java netbeans, bahasa pemrograman java juga identik dengan komputer grafik, untuk membuat lapangan bulutangkis sederhana ini saya susun alur pembuatannya

  1. Buka aplikasi java netbeans, disini saya memakai versi NetBeans IDE 8.2
  2. Klik FIle – New Project, lalu akan muncul tampilan sebagai berikut:
new project pada java netbeans

3. Klik Next untuk lanjut ke langkah selanjutnya, dan akan muncul tampilan sebagai berikut:

Isi nama projectnya, sebagai contoh saya memakai nama BuluTangkis, lalu centang Create Main Class nya, agar nama project sama dengan nama Cretae Main nya. lalu klik finish.

Setelah itu akan diarahkan pada bagian penyusunan coding, isi kan bagian coding tersebut dengan:

/*
 * To change this license header, choose License Headers in Project Properties.
 * To change this template file, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */
package bulutangkis;

import java.awt.*;
import javax.swing.*;

import java.awt.Color;
import java.awt.GradientPaint;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import javax.swing.JPanel;

public class BuluTangkis extends JApplet{
/**
 * @param args the command line arguments
 */
public static void main(String[] args) {
    // TODO code application logic here
    JFrame frame = new JFrame();
    frame.setTitle("BuluTangkis");
    frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
    JApplet applet = new BuluTangkis();
    applet.init();
    frame.getContentPane().add(applet);
    frame.pack();
    frame.setVisible(true);  
}

public void init() {
    JPanel panel = new Panel2D();
    getContentPane().add(panel);
}

class Panel2D extends JPanel {
    public Panel2D() {
        setPreferredSize(new Dimension(1000, 500));
        setBackground(Color.LIGHT_GRAY);
    }
    public void paintComponent(Graphics g) {
        Dimension d = getSize();
        int maxX = d.width-1; int maxY = d.height-1;
        super.paintComponent(g);
        Graphics2D g2 = (Graphics2D)g;
        Color warna;

        //Kotak
        g2.setColor(Color.green);
        g2.fillRect(70,20,860,460);
        g2.setColor(Color.WHITE);
        g2.setStroke(new BasicStroke(3.0f)); //untuk menebalkan garis
        g2.drawRect(70,20,860,460);
        g2.setColor(Color.green);
        g2.fillRect(430,20,430,460);
        g2.setColor(Color.WHITE);
        g2.setStroke(new BasicStroke(3.0f)); //untuk menebalkan garis
        g2.drawRect(500,20,430,460);
        g2.drawLine(350,20,350,480);
        g2.drawLine(650,20,650,480);
        g2.drawLine(70,250,350,250);
         g2.drawLine(930,250,650,250) ;

    }
}
}

Jika sudah di masukkan coding nya, maka silahkan di running program tersebut, maka hasilnya akan seperti ini:

lapangan bulu tangkis dengan java

Sebagai informasi, pada bahasa pemrograman java, terkait pembuatan komputer grafik. untuk membuat satu simbol, contoh membuat kotak menggunakan elemen drawRect. untuk simbol garis, menggunakan simbol drawLine. dan masih banyak fungsi-fungsi dari java yang dapat dipakai untuk keperluan komputer grafik.

Yang harus kalian pelajari dan terapkan dalam java netbeans ini sebenarnya adalah logika pemrogaman yang kalian kuasai sendiri, karena aspek pemrograman menggunakan pemrograman java ini sangatlah luas. sama seperti pemrograman lain macam Visual basic, borland delphi namun umumnya saat ini pemrograman java netbeans cukup user freindly bila di bandingan pendahulunya.

Demikian informasi cara pembuatan komputer grafik lapangan bulutangkis menggunakan java, bisa anda terapkan pada setiap project atau pun dalam tugas perkuliahan. selama mencobaa !!!!

Baca juga: Cara Membuat Kotak Sederhana pakai Java NetBeans IDE

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published.