Cara Memperbaiki Ponsel Beku

Duniacm.com – Cara Memperbaiki Ponsel Beku. Meskipun ada banyak hal yang mungkin berkontribusi pada pembekuan ponsel Anda

Anda biasanya dapat menyelesaikan masalah dengan memulai ulang. Jika me-restart telepon Anda tidak menyelesaikan masalah, Anda mungkin perlu melakukan restart paksa.

Atau bahkan mungkin menggunakan mode pemulihan untuk mengembalikannya ke pengaturan pabrik aslinya.

Cara Memperbaiki Ponsel Beku Android

Colokkan ponsel Anda ke pengisi daya. Jika ponsel Anda tidak mau hidup sama sekali, mungkin baterainya habis.

Colokkan ponsel Anda ke pengisi daya dinding atau port USB di komputer yang tidak dalam mode tidur, lalu biarkan mengisi daya selama beberapa menit.

  • Jika ponsel Anda tidak menunjukkan indikasi pengisian daya setelah beberapa menit, coba pengisi daya dan/atau stopkontak yang berbeda.

Tutup aplikasi yang dibekukan. Jika aplikasi tertentu dibekukan tetapi Anda masih dapat menggunakan Android, cukup mudah untuk menutup aplikasi secara paksa.

  • Pertama, Anda harus menampilkan aplikasi yang terbuka. Pada Android yang lebih baru, Anda biasanya melakukan ini dengan menggeser ke atas dari bagian bawah layar, menahan jari Anda, lalu melepaskannya—Anda akan melihat daftar aplikasi yang sedang dibuka.
  • Jika itu tidak berhasil, ketuk ikon kotak kecil di bagian bawah layar (biasanya di kanan bawah) untuk menampilkan aplikasi yang terbuka. Atau, jika Anda menggunakan model Samsung, ketuk tiga garis horizontal di bagian bawah.
  • Geser aplikasi hingga Anda melihat aplikasi yang dibekukan.
  • Geser dari layar. Jika Anda harus menggeser ke kiri atau kanan untuk menggulir aplikasi, geser aplikasi ke atas untuk menutupnya. Jika Anda menggulir secara vertikal, geser aplikasi secara horizontal untuk menutupnya.
  • Jika Anda tidak dapat menutup aplikasi dengan cara ini, buka Setelan Android , pilih Aplikasi atau Aplikasi dan pemberitahuan , ketuk aplikasi yang ingin ditutup, dan pilih Paksa Berhenti . Jika Anda tidak melihat ini, ketuk Info aplikasi terlebih dahulu. Ketuk OK untuk mengonfirmasi.
  • Jika aplikasi terus memberi Anda masalah, pertimbangkan untuk menghapusnya untuk menghindari masalah di masa mendatang.

Mulai ulang Android Anda. Jika layar ponsel Anda hitam, berwarna solid, atau membeku di suatu aplikasi, coba mulai ulang.

Tekan dan tahan tombol daya, lalu pilih opsi untuk Mulai Ulang . Atau, cukup pilih Matikan , tunggu sekitar 30 detik, lalu coba nyalakan kembali.

  • Jangan angkat jari Anda dari tombol daya hingga Android mati. Jika tidak menyala kembali dengan sendirinya, tunggu sekitar 30 detik, lalu tekan dan tahan tombol daya untuk menyalakannya kembali.
  • Tergantung pada Android Anda, Anda mungkin melihat opsi untuk memilih Mulai Ulang atau Matikan untuk melanjutkan. Jika Anda memilih Matikan , tunggu sekitar 30 detik setelah layar menjadi kosong untuk mencoba menyalakannya kembali.

Paksa ponsel Anda untuk memulai ulang. Jika memulai ulang ponsel Anda dengan langkah sebelumnya tidak membantu, Anda dapat mencoba memaksanya untuk memulai ulang.

  • Pada sebagian besar model Samsung, Anda dapat memulai ulang secara paksa dengan menekan dan menahan tombol volume bawah dan tombol daya sisi kanan secara bersamaan. Tahan tombol selama 7 hingga 10 detik.
  • Jika Android Anda memiliki baterai yang dapat dilepas, Anda dapat memaksanya untuk memulai ulang dengan melepas baterai, memasukkannya kembali, lalu menghidupkan kembali ponsel.

Lakukan reset pabrik jika ponsel Anda masih beku atau tidak mau boot. Jika Anda tidak dapat menghidupkan ponsel setelah dibekukan, reset pabrik dapat memperbaiki masalah Anda.

Ingatlah bahwa menyetel ulang ponsel ke setelan pabrik akan menghapus semua data di ponsel, jadi ini berfungsi paling baik jika Anda sudah membuat cadangan .

Tetapi selama Anda memiliki data yang disinkronkan ke akun Google Anda, seperti kontak, email, dan data lainnya, Anda dapat memulihkannya meskipun Anda tidak memiliki cadangan.

  • Pertama, jika ponsel Anda hidup dan beku, tekan dan tahan tombol daya hingga mati.
  • Tekan dan tahan tombol mode pemulihan untuk model Anda—jika Anda menggunakan Google Pixel atau Android One, tekan dan tahan tombol daya dan tombol perkecil volume. Jika Anda memiliki model Samsung, tekan dan tahan tombol daya dan volume atas sebagai gantinya.
  • Jika Anda memiliki Samsung, pada akhirnya Anda akan melihat logo Samsung diikuti dengan “Menginstal pembaruan sistem.” Kemudian Anda akan melihat “Tidak ada perintah.” Setelah sekitar 15 detik, ponsel Anda akan memasuki mode pemulihan.
  • Gunakan tombol volume untuk menggulir ke opsi Hapus data/reset pabrik , lalu tekan tombol daya untuk memilihnya.
  • Pilih Ya untuk mengonfirmasi. Android Anda sekarang akan mengembalikan ke pengaturan pabrik aslinya.
  • Ketika pemulihan selesai, Anda akan kembali ke menu mode pemulihan. Tekan tombol daya dan pilih Reboot system now untuk reboot secara normal.
  • Setelah Android Anda kembali, Anda akan diminta untuk memilih jaringan nirkabel dan masuk dengan akun Google Anda. Jika Anda memiliki cadangan, Anda dapat memulihkan dari cadangan saat diminta.

You May Also Like

About the Author: Pang 6

Leave a Reply

Your email address will not be published.