Cara Mencari Frekuensi TV Digital pada STB Evinix H-1

Saat ini dunia pertelevisian akan mengalami perubahan secara luas. Baik dalam sisi siaran maupun tayangan. Hal utama yang berubah yakni dalam hal siaran TV, dimana pada sekitar November 2022 nanti siaran analog akan berubah menjadi siaran Frekuensi TV digital yang secara otomatis maka akan terjadi adanya perubahan perangkat pada televisi yang awalnya hanya menggunakan antena saja, maka kali ini wajib menggunakan perangkat tambahahan yakni set top box (STB).

Pada masing-masing siaran televisi memang mempunyai frekuensi dalam tiap tiap channel. Frekuensi tersebut menjadi gelombang pancar antara stasiun televisi dengan para penonton penikmat TV.

Pada tulisan kali ini penulis mencoba memberikan tutorial bagaimana cara mencari frekuensi TV Digital pada Set top Box (STB) Evinix H-1. Kenapa saya memakai STB tersebut? mungkin karena kalau kita cek di e-commerce STB ini memang sangat murah, ya sekitar 200rban dan juga kualitas yang sangat baik serta dibuktikan pula dengan review pembeli yang cukup banyak.

Langkah-langkah dalam mencari frekuensi TV Digital

Pencarian sinyal Otomatis

Pencarian sinyal TV Digital dibagi menjadi 2 tipe yakni, Otomatis dan manual. Untuk pencarian Otomatis, anda hanya cukup mencari melalui menu utama.

  1. Pilih menu pada remote STB Evinix
  2. Pilih Pencarian
  3. Pilih Pencarian Program Otomatis
  4. Kemudian Scan
Menu Pencarian Otomatis
Konfirmasi Pencarian
Channel Muncul

Nanti dengan otomatis siaran akan ter scan dengan sendirinya yang dimana beberapa channel yang sudah menginduk pada tiap frekunesi dan multiplexer (MUX) akan muncul

Pencarian sinyal Manual

Bagi anda yang ingin mencoba dengan cara manual, caranya pun cukup mudah. Hal terpenting adalah anda harus tau frekuensi yang tersedia karna untuk mencari frekuensi TV Digital secara manual dapat mencarinya dengan satu-satu dan tidak secara menyeluruh. Langkah-langkah dalam mencari frekuensi TV Digital secara manual ada sebagai berikut:

  1. Pilih menu pada remote STB Evinix
  2. Pilih Pencarian
  3. Pilih Pencarian Manual
  4. Kemudian pilih band scan UHF
  5. Saluran Frekuensi mengikuti MUX yang telah disediakan, seperti info gmbar dibawah dengan MUX 34 maka frekuensi yang akan muncul adalah 578 MHz.
  6. Lalu tekan OK
Pencarian frekuensi secara manual

Pencarian sinyal manual memang agak lebih merepotkan dibandingkan dengan otomatis. Namun keuntungan dengan pencarian manual adalah kita dapat mengetahui kualitas sinyal pada masing-masing frekuensi tersebut.

Untuk dapat mengetahu daftar sinyal frekuensi TV Digital dengan mendapatkan channel TV, anda dapat memakai aplikasi android “sinyaldtvdigital” yang tersedia di playstore. Aplikasi tersebut selain bisa mendapatkan info frekuensi, kita juga bisa mengecek coverage area kita apakah dapat menerima sinyal TV Digital atau hanya menerima sebagian saja.

Demikian informasi tersebut yang dapat penulis sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang membacanya. Terima kasih

Baca juga: 5 HP Murah yang Cocok buat Youtuber

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published.