Cara Mengatasi Update Google Play Services yang Error pada Xiaomi

Pernah mengalami error ketika handphone restart lalu muncul kalimat “Update Google Play Services” padahal disini kita tidak sama sekali melakukan permintaan update untuk tools Google Play Services. Bahkan ketika kita buka aplikasi pun, ada beberapa aplikasi yang memang tidak bisa dibuka karena memang muncul kalimat ini. Sebagai contoh penulis dibawah ini memakai handphone xiaomi 3. beberapa aplikasi ada yang bisa terbuka tanpa kalimat ini ada yang juga masih muncul kalimat tersebut.

saat membuka aplikasi detik.com muncul kalimat.

Penyebab utama munculnya kalimat ini setelah di telusuri adalah, memang OS Android yang sudah bermasalah, Handphone Xiaomi 3 ini memang keluaran tahun 2016, cukup lama bukan. memang obat terbaik adalah mengupdate sistem operasi androidnya, atau beli handphone versi baru. Namun jika belum ada dana, kita bisa perbaiki masalah ini bukan. Nah berikut cara-caranya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki update ini menjadi normal kembali.

1.Perbaiki Play Store

Biasanya masalah ini juga merambah ke play store karena memang induk dari google play services ini ada di play store. jika muncul gambar berikut.

Berarti menandakan bahwa play store bermasalah. langkah yang perlu dilakukan adalah, klik settings lalu pilih installed apps lalu cari program play store, jika sudah terbuka, pilih clear data dan clear cache.

2. Perbaiki Google Play Services

Jika sudah sudah. maka masih di installed apps, cari program google play services, lalu klik clear cache dan klik manage space, jika pilihan manage spaces tidak muncul, maka anda harus menonaktifkan pilihan centang di android device manager. caranya, klik settings -> additional setting -> privacy ->Devices administrator lalu nonaktifkan centang di android device manager klik deactivate.

Jika sudah, maka kembali ke program google play services di installed apps, nah pasti disana akan muncul managed space yang tadi menghilang. jika sudah klik, silahkan Delete app data untuk membersihkan data-data yang dikira bermasalah pada update google services ini.

3. Update ulang Google Play Services di Play Store

Jika sudah di delete data google play services, update kembali google play services yang bermasalah pada sebagian aplikasi. Cari aplikasi yang bermasalah (muncul kalimat update google play services), lalu klik update

Jika sudah berjalan lancar, maka proses download dan update kembali akan berjalan sampai selesai. jangan lupa jika memori full atau banyak terpakai, sisa kan memori untuk proses update ini, karena akan memakan kapasitas memori yang tidak sedikit.

Jika proses update sudah selesai, maka tampilan akan seperti ini. sudah muncul kata “uninstall” dan “open“. Kata ini menandakan bahwa aplikasi google play services sudah berjalan normal tanpa ada lagi gangguan update google play services. Aplikasi-aplikasi pun sudah bisa dipakai secara normal yang teman-teman. Biasanya masih ada kendala jika setelah restart handphone akan kembali muncul update google play services, namun anda bisa mengulangi cara ini hingga normal kembali, tapi jika anda merasa tidak nyaman dengan hal tersebut. silahkan anda update OS android versi terbaru di HP Xiaomi anda.

Baca juga: Cara Hapus Pesan Whatsapp Yang Lewat dari 7 Menit

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published.