Cara Mengatasi TV Digital tidak ada Sinyal

Bagi kalian yang saat ini memili Set top Box (STB) TV digital, namun kesulitan sinyal atau tidak ada sinyal, Maka duniacm mencoba menganalisis bagaimana TV Digital tidak dapat menerima sinyal digital

Pada November 2022, pemerintah berencana untuk melaukan Analog Switch Off (ASO) demi memuluskan pegelaran TV Digital di seluruh indonesia.

Dengan hal tersebut pastinya masyarakat diwajibkan memiliki perangkat tambahan atau khusus untuk mengakses siaran yang sehari-hari sudah dipakai. Yang tadinya hanya menggunakan antena UHF/VHF, maka saat ini wajib memiliki alat Set top Box (STB).

Sama halnya dengan STB, Antena yang dipakai juga harus memiliki kualitas yang sangat baik sehingga penerimaan sinyal TV Digital menjadi baik.

Berikut ini cara bagaimana mengatasi TV Digital tidak memiliki sinyal.

1. Ubah Posisi Antena
Ini merupakan penyebab umumnya, sering siaran tv terkesan tak lebih jelas, alias dikenal dengan tak sedikit semutnya, ini lantaran posisi antena yg berubah sebab angin, cuaca kurang baik serta mampu juga sebab ada burung yg bertengger di antena tersebut.Saran kami, apabila Kalian telah menemukan posisi antena yg tepat, supaya tak bergerak lagi disarankan untuk mengikat antena tersebut dengan tujuan supaya posisinya tak berubah lagi, sehingga langkah pertama merupakan Kalian wajib mencoba menggeser antena hingga menemukan posisi yg tepat.Anda juga mampu mencoba untuk meninggikan antena apabila dirasa terlalu rendah, melainkan jangan terlalu tinggi sebab hembusan angin diatas akan terus kencang, kecuali apabila telah yakin antena tak akan tergeser oleh angin.

2. Periksa Kabel Antena
Tidak jarang permasalahan ini terjadi sebab kabel antena yg rusak alias putus, mampu sebab gigitan tikus alias terbukti telah terlalu lama tak diganti, apabila kabel putus jadi antena tak akan tersambung dengan TV, inilah yg menyebabkan hilangnya sinyal serta siaran.Anda mampu melakukan pengecekan pada kabel antena, mulai dari pengecekan fisik serta juga pengukuran memakai multitester, apabila terbukti ada tanda-tanda kerusakan, silakan ganti kabel antena dengan yg baru.

3. Periksa Jack Penghubung Antena
Tidak kalah penting untuk melakukan pengecekan pada Jack penghubung kabel antena ke tuner TV, sebab ini merupakan salah satu tahap yg mempunyai peran penting, mampu sehingga jack tersebut rusak, biasanya telah berkarat yg menyebabkan tak mampu terhubung tepat dengan tuner TV. Apabila telah berkarat, Kalian mampu mencoba membersihkannya memakai cairan tiner serta sikat gigi, pastikan karat tersebut hilang serta jack antena telah sangatlah bersih.

4. Periksa Tuner TV
Jika trik diatas belum juga berhasil, Kalian wajib melakukan pemeriksaan lebih dalam lagi, yaitu memeriksa keadaan tuner TV, sama semacam jack penghubung, pastikan tuner TV tak berkarat ataupun tak ada kotoran yg menghalanginya.Selain dibersihkan, disarankan juga untuk melakukan penyolderan ulang pada kaki tuner, biasanya ada berbagai timah yg telah retak serta tak menempel lagi.Kemudian, ukurlah tegangan dengan kualitas kurang lebih 5-12 Vdc yg masuk ke B+ tuner, adapun tegangan lainnya dengan kualitas lebih tinggi yg masuk kebagian VT tuner, yaitu kurang lebih 100-130 Vdc, pastikan tegangan sesuai serta tak tidak lebih dari yg telah kami sebutkan tadi.Jika telah dilakukan pengukuran serta nyatanya tegangan kurang, itu mampu sehingga sebab ada komponen dibagian supply diatas yg rusak, semacam resistor serta elco, silakan perbuat juga pengecekan pada komponen tersebut.

5. Ganti Tuner TV
Sekiranya tuner tv telah rusak serta tak mampu diperbaiki lagi, silakan ganti dengan jenis yg sesuai alias dengan jumlah kaki yg sama, pastikan tuner tv yg diganti tetap bertujuan dengan baik, tak ada karat serta persoalan lainnya yg telah kami sebutkan diatas.

6. Kerusakan IC Program
Terakhir, apabila Kalian telah mencoba semua trik diatas melainkan belum juga ada yg berhasil, kemungkinan besar masalahnya ada pada IC utama, yaitu IC Program, solusi yg paling cocok merupakan mencoba untuk mengganti IC tersebut dengan jenis yg sesuai.

Baca juga: Cara Mencari Frekuensi TV Digital pada STB Evinix H-1

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published.