Cara Mengetahui Sisa Disk Usage Hosting Di cPanel

Kebutuhan memory dalam penggunaan hosting sangatlah banyak dan begitu penting jika di lihat dari besarnya kapasitas web atau aplikasi. Disk Usage dalam pengaturan hosting berperan bagi keberlangsung sistem sebuah website ataupun aplikasi.

Untuk menjamin bahwa website atau aplkasi harus berjalan secara normal, kita memerlukan disk space yang cukup, karena keterbatasan itulah kita sebagai pengelola server harus memperhatikan secara langsung sisa disk usage memory di sebuah penyimpanan hosting yang biasanya memakai lisensi cpanel.

Berikut ini cara bagaimana kita mengetahui sisa disk memory hosting dengan melihat pemakaian memory kita.

1. Login ke Penyedia Hosting

Di tampilan ini, anda diminta untuk memasukkan user dan password akun web hosting kalian, sebenarnya dapat juga menggunakan akun login cpanel, namun biasanya para pengguna agak kesulitan dengan akun cpanel karena huruf akun dan password yang agak rumit.

2. Login Cpanel via menu layanan hosting

Anda bisa memilih layanan yang akan kalian akses dan ketahui sisa disk space-nya.

3. Masuk ke menu File manager

Pilih File manager untuk langsung masuk ke akses Cpanel manager

4. Pilih Menu Disk Usage

Kemudian pilih disk usage, untuk mengetahui berapa banyak memory yang sudah kita gunakan.

5. Tampilan Sisa Disk Space

Total space yang dipakai hingga saat ini adalah 772,36 MB, jadi mengetahui sisa disk space ini adalah tinggal menjumlahkan total space disk yang dpilih misal kapasitas memory ini 50 GB, kemudian tinggal kurangkan saja, 50 GB – 772 MB = 49,3 GB (kurang lebih).

Dengan adanya tampilan sisa disk space ini di cPanel anda, bukan berarti anda terus memantau setiap hari sisa memory anda. Tapi paling tidak anda akan terus memperhatikan sambil bekerja atau merawat sistem atau website anda agar terhindar dari sistem error bandwith ataupun limit memory yang berlebihan.

Demikian informasi mengenai cara mengetahui sisa disk usage hosting di cPanel. Mudah-mudahan cara ini bermanfaat bagi kalian yang sedang membangun sebuah sistem informasi ataupun website.

Sampai jumpa kembali di tulisan tulisan berikutnya.  

Baca juga: Cara Buat NIB dan IUMK Online Mudah dan Cepat

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published.