Cara Menggunakan Search Console untuk SEO

Duniacm.comCara Menggunakan Search Console untuk SEO. Google Search Console adalah layanan gratis dari Google yang membantu Anda memantau dan memecahkan masalah visibilitas situs web Anda di hasil Google Penelusuran.

Baik Anda pemilik bisnis, pakar SEO, administrator situs, atau pengembang web, gunakan Search Console untuk mengawasi kesehatan situs web Anda dan menentukan area pengoptimalan.

Dalam artikel ini, Anda akan belajar:

  • Alat dan laporan apa yang ditawarkan Google Search Console
  • Cara mengatur Google Search Console
  • Cara menggunakan Google Search Console untuk SEO

Jika Anda sudah terbiasa dengan alat dan laporan Google Search Console, dan telah menyiapkan akun Anda, lompat ke lima kiat SEO kami untuk Google Search Console .

Saat Anda siap untuk mulai membangun Strategi SEO Lokal Anda sendiri, unduh Daftar Periksa SEO Lokal.

Alat & Laporan Google Search Console

Google Search Console menawarkan sejumlah alat dan laporan untuk mempermudah pekerjaan Anda, dan membantu mengoptimalkan situs web Anda lebih lanjut untuk mesin telusur.

Alat Ikhtisar

Alat Ikhtisar (ada di menu sebelah kiri di bawah Ikhtisar) memberikan gambaran tentang kinerja situs web Anda di hasil Penelusuran dan Discover , yang mencakup total klik dan persentase total klik untuk setiap properti.

Alat ini juga mencakup halaman yang diindeks dengan kesalahan dan ringkasan penyempurnaan (Vital Web Inti, Kegunaan Seluler, AMP, data terstruktur).

Kiat: Gunakan laman ini untuk melihat tren atau kesalahan klik dan mempelajari lebih dalam laporan tertentu untuk menyelidiki lebih lanjut.

Alat Inspeksi URL

Alat Inspeksi URL (ditemukan di menu sebelah kiri di bawah pemeriksaan URL) memberi Anda gambaran umum tentang URL tertentu; ini termasuk apakah halaman memenuhi syarat untuk muncul di hasil Penelusuran atau tidak, error apa pun yang terkait dengan kode HTML, kegunaan AMP/seluler, dan rendering halaman, serta versi kanonis yang teridentifikasi.

Kiat: Gunakan alat Inspeksi URL untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah kesalahan perayapan, lalu kirim ulang ke Google untuk pengindeksan.

Laporan Kinerja untuk Penelusuran dan Discover

Laporan Kinerja (ada di menu sebelah kiri di bawah Kinerja) menyertakan satu laporan untuk hasil Google Penelusuran dan satu untuk Google Discover (ini hanya akan mengisi data jika situs web Anda muncul di Discover).

Laporan hasil Penelusuran mencakup klik total, tayangan total, rasio klik-tayang rata-rata (RKT), dan posisi rata-rata, dan memberi Anda kemampuan untuk memfilter menurut jenis penelusuran (Web, Gambar, Video, Berita) dan tanggal (Tanggal terbaru, 7 Terakhir hari, 28 hari terakhir, 3 bulan terakhir, dll.).

Laporan ini juga memungkinkan Anda memfilter lebih lanjut menurut kueri penelusuran, klik, tayangan, RKT, dan posisi.

Laporan Discover mencakup semuanya kecuali posisi rata-rata, dan Anda dapat memfilter menurut tanggal, halaman, kueri penelusuran, klik, tayangan, dan RKT.

Kiat: Gunakan laporan ini untuk memantau tren klik dan tayangan serta kueri penelusuran. Pelajari cara menggunakan laporan ini untuk meningkatkan SEO situs web Anda .

Laporan Cakupan

Laporan Cakupan (terdapat di menu sebelah kiri di bawah Indeks > Cakupan) menunjukkan status indeks untuk setiap laman di situs web Anda beserta alasan mengapa Google dapat, atau tidak dapat, merayapi laman tersebut.

Google mengelompokkan halaman situs web Anda ke dalam salah satu dari empat kategori:

  • Kesalahan: Google tidak dapat mengindeks halaman ini karena beberapa alasan.
  • Valid dengan peringatan: Google mengindeks halaman ini; namun, mereka memiliki beberapa masalah dan Google tidak yakin apakah itu disengaja.
  • Valid: Google dapat mengindeks halaman ini dan tidak ada masalah.
  • Dikecualikan: Google tidak dengan sengaja mengindeks halaman ini.

Tips: Gunakan laporan Cakupan untuk mengidentifikasi kesalahan perayapan dan pengindeksan di situs web Anda.

You May Also Like

About the Author: Crazy Rich

Leave a Reply

Your email address will not be published.