Cara Paling Efektif Pendaftar Pendataan Tenaga Non-ASN 2022

Duniacm.com – Badan Kepegawaian Negara (BKN) kini tengah melakukan upaya pendataan tenaga honorer dan/atau tenaga non-ASN di lingkungan instansi pemerintah pusat maupun daerah yang di perkirakan akan berlangsung hingga akhir Oktoer mendatang.

pendataan non asn atau yang di sebut dengan tenaga honorer ini akan memuat dua tahapan diantaranya pembuatan akun untuk mencetak informasi pendaftaran dan pengisian data untuk mendapatkan kartu informasi pendaftaran.

Dilakukannya pendataan ini bertujuan supaya tenaga honorer (THK-II) yang belum tercatat di database bisa sama- sama dengan pegawai non-ASN yang telah bekerja di instansi pemerintah terdapat dalam database nasional BKN.

Da beberapa syarat yaang di persiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara untuk mendaftar pendataan tenaga honorer atau tenaga non-ASN di tahun 2022. Berikut dibawah ini sejumlah dokumen yang harus dipersiapkan untuk mendaftar pendataan tenaga honorer atau tenaga non-ASN diantaranya:

  • Kartu tanda penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  • Kartu keluarga
  • Ijazah
  • Pas foto
  • Swafoto atau selfie
  • Surat keputusan (SK)
  • jabatan Bukti pembayaran gaji

Cara Efektif pendaftaran pendataan non-ASN 2022

Pendaftaran pendataan non-ASN atau tenaga honorer dapat dilakukan melalui laman https://pendataan-nonasn.bkn.go.id. Berikut diantaranya tata cara pendaftaran pendataan non-ASN BKN tahun 2022:

  1. Pembuatan akun pendataan tenaga non-ASN

Untuk mendaftarkan diri pada pendataan tenaga non-ASN tahun 2022, Maka tenaga honorer maupun tenaga non-ASN diwajibkan untuk membuat akun terlebih dahulu.

Sebelum membuat akun, Pastikan data telah didaftarkan oleh admin atau operator instansi masing-masing dalam aplikasi pendataan non-ASN. Buat akun pendataan tenaga non-ASN dengan klik “Buat Akun”, lakukan pengecekan data yang telah didaftarkan admin instansi.

Tenaga non-ASN diminta untuk mengisi data-data yang diperlukan, membuat password untuk akses masuk ke portal Pendataan Non-ASN, serta mengunggah scan KTP dan pas foto berlatar belakang biru.

Baca juga: Hans Niemann Method Cheating Speculation Story

Kemudian lakukan pengecekan ulang data yang telah dimasukkan, jika data telah benar klik “Proses Pembuatan Akun” sedangkan perbaikan data dapat dilakukan dengan klik “Kembali”.

Pastikan semua data telah sesuai dan tidak terdapat kesalahan pengisian karena setelah pembuatan akun diproses, dikarenakan Anda tidak dapat mengubah data.

Jika telah yakin terhadap data yang diisikan, klik “Iya” pada halaman konfirmasi, dan pembuatan akun selesai.

  1. Cetak kartu informasi akun

Anda perlu melakukan cetak kartu informasi akun, yang dilakukan dengan mengklik “Cetak Informasi Pendaftaran”, dan masuk/login ke akun yang telah dibuat dengan klik “Lanjutkan Login Pendaftaran”.

  1. Login dan pengisian biodata

Tenaga honorer dan tenaga non-ASN dapat mengakses laman https://pendataan-nonasn.bkn.go.id, klik “Masuk Akun”, lalu login menggunakan NIK dan password.

Unggah dokumen ijazah terakhir, setelah itu isi biodata diri tenaga non-ASN. Setelah selesai melakukan pengisian biodata, masukkan kode captcha sesuai yang tertera dan klik “Selanjutnya”.

  1. Riwayat pekerjaan

Tenaga non-ASN dapat mengisi riwayat pekerjaan, lalu mengunggah bukti pembayaran gaji dan SK jabatan.

Setelah pengisian data riwayat pekerjaan dan mengunggah dokumen selesai, Anda dapat klik tombol “Selanjutnya” untuk melanjutkan ke laman resume.

  1. Resume pendataan tenaga non-ASN dan cetak kartu informasi akun

Pada halaman ini, tenaga non-ASN wajib membaca dan memeriksa kembali data-data yang diisi dan dokumen yang diunggah.

Anda dapat memberikan tanda centang pada kotak yang tersedia. Setelah yakin dengan isian resume, tenaga non-ASN bisa mengakhiri proses pendataan dengan klik tombol “Akhiri Proses Pendataan”.

Setelah itu, tenaga non-ASN dapat mencetak kartu informasi akun dengan klik tombol “Cetak Kartu Informasi Akun”, dan pengisian data telah selesai.

Berikut dibawah ini conto kartu pendataan tenaga non-ASN BKN 2022:

Cara Paling Efektif Pendaftar Pendataan Tenaga Non-ASN 2022

You May Also Like

About the Author: Saeful

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *