Cara Pasang Tombol Sosial Media dengan Plugin WP Socializer

Bagi kalian yang ingin mempercantik tampilan blog dengan berbagai macam widget mungkin perlu banyak cara agar tampilan blog semakin indah. Dengan memasang berbagai macam jenis widget diyakini tampilan blog yang semakin baik namun juga enak dipandang. Jenis widget yang tersedia memang beraneka macam, bisa berupa sosial media, banner, kalender digital, iklan, teks bebas, tag, rss feed, bahkan kode html yang dapat kalian eksplorasi secara bebas.

Dengan jenis beraneka macam widget tersebut, selain kalian bisa bereksperimen bebas. Mungkin juga akan berpeluang mendatangkan jumlah visitor. Penempatan widgetnya pun tidak asal bebas di taruh. Harus ada trik khusus yang dipakai agar penempatan widget dan fungsinya dapat berjalan dengan baik agar pengunjung blog/website anda tidak terganggu dengan pemasangan widget yang banyak atau bertumpukan. Dengan pemasangan widget yang sesuai fungsi dan pas maka akan membuat pengunjung menjadi nyaman saat berada di blog kalian.

Namun yang akan saya bahas disini adalah widget berupa tombol sosial media macam Facebook, Twitter, Pinterest, Email, dll. Kenapa harus widget macam sosial media? Widget sosial media memang saat ini masih menjadi widget kesukaan para pengunjung dengan style news reader. Mengapa disebut demikian? karena jumlah akun sosial media saat ini sudah sangat cukup banyak. para sosialita pasti jika habis membaca artikel disebuah blog/website, ga sampai lama pasti akan berbagi/share berita yang dianggap viral di akun sosial media mereka. Nah dengan begitu maka dalam sebuah blog diperlukan alat khusus untuk memberikan kemudahan pembaca agar bisa membagikan berita yang dianggap viral di sosial media mereka.

Untuk memasang widget sosial media di wordpress kali ini saya mencoba menggunakan plugin wp socializer. Sebenarnya banyak plugin-plugin yang tersedia di plugin wordpress. Tapi saya pribadi lebih nyaman menggunakan plugin ini karena penempatannya bisa dalam berbagai bentuk. Bisa di awal artikel, ditengah ataupun di akhir artikel. Bisa juga kita pasang dalam bentuk floating widget atau mengambang di sisi blog kita. Nah bagaimana cara memasangnya? berikut langkah-langkahnya.

Install Plugin WP Socializer

install

Kalin bisa cari dengan menulis keyword di add new plugin dengan kata “WP Socializer”. Nanti pasti akan langsung ketemu dibagian atas. Jika sudah ketemu, segera install dan activation plugin tersebut.

Pilih Desain Sesuai Kebutuhan

Dalam plugin ini terdapat berbagai macam desain penempatan yang anda inginkan.

fitur
fitur wp socializer

Terdapat 6 fitur yang anda bisa pakai dalam plugin ini, diantaranya: Share buttons, Floating sharebar, Follow bar, Tex sharebar, Mobile sharebar, Widgets. Disamping itu kalian juga bisa mensetting sendiri gambar icon sosial media sesusai kebutuhan yang terdapat pada menup setup wizard. Sebagai contoh, disini saya hanya memakai share buttons.

Lakukan Setting

Jika anda sudah memilih salah satu atau banyaknya fitur dari 6 fitur tersebut, langkah selanjutnya adalah melakukan setting terhadap fitur yang dipilih.

button

Di bagian pertama anda akan memilih template yang akan digunakan, maksimal 3 template yang bisa digunakan. Dan di bagian ke 2, anda bisa memilih sosial media mana saja yang perlu ditambahkan sebagai tombol di blog anda. Contoh disini saya memasukkan sosial media macam facebook, twitter, linked in, dan share this.

position

Pada bagian ke 3, posisi tombol share ini juga perlu diperhatikan, apakah berada di awal post atau di akhir post. Tombol tersbeut juga apakah ditampilkan atau disembunyikan.

page

Bagian ke 4, bisa memilih bagian page mana saja yang perlu ditampilkan social media share ini.

save

Pada bagian akhir, anda bisa gunakan pada versi mobile atau desktop. Atau keduanya tergantung dengan kebutuhan dan keinginan.

Kesimpulan

Dengan adanya bantuan plugin wp socializer ini, sudah pasti akan memudahkan para pengunjung blog untuk membagikan artikel yang anda buat. Dapat disimpulkan bahwa antara pemilik blog dan pengunjung sama-sama memiliki keuntungan. Pemilik blog akan mendapati pengunjung yang semakin ramai (meskipun butuh usaha besar selain ini) sedangkan pengunjung akan semakin mudah membagikan artikel yang dibaca tanpa harus mengcopy link url nya.

Selamat Mencoba!!

Baca juga: Cara Mengatasi Error Saat Ganti Theme WordPress Premium

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published.