Cara Perpanjang SIM A/ C di Gerai SIM Keliling ITC BSD

Bagi kalian yang bertempat tinggal di kawasan Serpong, Cisauk, Parung, BSD, Pamulang, Ciledug, atau di area Tangerang Selatan, Tangerang maupun di Banten Raya dan pinggiran Jakarta dan ingin melakukan perpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi) / Driver License. Kini tersedia tempat untuk perpanjangan SIM baik A, ataupun C, ataupun b jenis bus dan truk di kawasan terjangkau yakni area BSD.

Sebenarnya di area ini sudah ada tempat perpanjang SIM dengan skala besar yakni di Daerah Cilenggang yaitu satpas serpong samping KPP Pratama serpong. Namun dengan skala besar dan pengunjung banyak pasti kalian yang ingin mendapatkan antrian yang sedikit pasti tidak akan tercapai, karena memang pengunjung disana bisa ratusan orang perhari.

penampakan gerai SIM Keliling ITC BSD

Nah kini ada alternatifnya, di Mall ITC BSD, Polres Tangsel tepatnya telah membuka gerai SIM keliling di kawasan parkiran mall tersebut. Dengan berbekal mobil keliliing ukuran Hiace/minibus 16 orang, gerai tersebut terdiri atas 2 loket yakni loket untuk penerimaan SIM dan loket untuk pengambilan SIM.

loket

Berikut tata cara perpanjangan SIM berbekal pengalaman kami lakukan perpanjangan SIM C untuk motor:

Ambil form pendaftaran

Pada bagian pertama kita di wajibkan lapor ke petugas perpanjang SIM untuk tujuan perpanjang dengan menyerahkan SIM lama serta fotokopi KTP + Fotokopi SIM. Tapi perlu dicatat bahwa untuk perpanjang SIM saat ini ada aturan baru bahwa jangka waktu yang di perbolehkan untuk perpanjang SIM adalah 14 hari sebelum hari kelahiran atau masa habis SIM. Di luar 14 hari tersebut, maka otomatis akan di tolak oleh petugas SIM.

form pendaftaran perpanjang SIM

Cek Kesehatan

Setelah lakukan pendaftaran, pada bagian ini kita akan dipanggil pertama untuk lakukan cek kesehatan yang terdiri, tensi darah, cek kesehatan mata dan riwayat penyakit terakhir di derita.

surat keterangan sehat dari dokter petugas

Tunggu Panggilan Loket

Setelah cek kesehatan selesai, kita akan disuruh mengantri panggilan loket untuk tahapan pengambilan foto, sidik jari, dan proses teknik perpanjang SIM lainnya.

Masuk ke Mobil Gerai SIM

Setelah menunggu untuk antrian, kita akan dipanggil dengan beberapa pengantri lainnya untuk lakukan proses rekam data perpanjang. Proses di dalam mobil tersebut berisi dari foto wajah, konfirmasi biodata, tanda tangan digital, sidik jari serta pembayaran biaya perpanjang (biaya perpanjang sekitar 180 rb an). Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 10 menit dalam proses rekam data di mobil ini

pengambilan sidik jari

Tunggu SIM jadi

Jika tahapan semua suda selesai, kita tinggal menunggu SIM yang sudah kita perpanjang tadi. Dengan menunggu kurang lebih 10 menit, SIM kita sudah jadi di tangan kita.

sim dengan tampilan baru

dan Taraaaaaa, kini SIM dengan perpanjangan sudah di tangan, cukum mudah kan teman-teman, dengan hanya waktu kurang lebih 30 menit, kita sudah dapat SIM baru kita, dan antriannya pun tidak cukup banyak.

Baca juga: Cara Buat SKCK online di Polres Tangerang Selatan

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *