Cara Pinjam Uang 200 Juta di BRI Jaminan Sertifikat Rumah

Kebutuhuan setiap manusia memang beraneka ragam, mulai dari kebutuhan sekolah, Pembelian Rumah, Pembelian Kendaraan, Renovasi Rumah, Biaya Tak Terduga, hingga lain-lain yang membutuhkan uang. Segala persiapan mungkin sudah dilakukan demi kebutuhan tersebut. Akan tetapi mungkin rencana bisa berubah, termasuk biaya tak terduga yang disiapkan saat ini juga baik dengan tabungan maupun dengan pinjam uang.

Penulis mempunyai pengalaman saat mengalami biaya tak terduga saat usaha butuh modal yang tidak sedikit karena pangsa pasar ekonomi mengalami ketidakstabilan yang menyebabkan raihan keuntungan usaha juga ikut bergejolak. kali ini penulis mencoba menceritakan bagaimana cara meminjam uang di salah satu bank usaha milik negara (BUMN) yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan nominal pinjam uang Rp.200 Juta dengan masa cicilan 5 tahun atau 60 bulan dengan jaminan Sertifikat Rumah Hak Milik (SHM).

kredit BRI BRIGUNA

Gambar diatas merupakan salah satu program kredit yang diadakan oleh BRI dengan nama BRIGUNA, plafond yang disediakan bisa hampir 500 juta dengan jangka waktu maksimal 15 tahun. Akan tetapi, untuk pengusaha kredit BRIGUNA ini tidak diperuntukkan, karena program ini hanya khusus bagi para pegawai/karyawan tetap dengan minimal ketentuan penghasilan yang berlaku.

syarat-syarat pengajuan pinjaman.

Lalu gambar diatas merupakan syarat-syarat pengajuan untuk program BRIGUNA. ada 11 item yang perlu dipersiapan nasabah peminjam yang ingin mengajukan pinjaman. Nah, karena ini hanya untuk pegawai/karyawan kita balik lagi ke peruntukkan pengusaha atau yang meminjam untuk modal usaha dengan program Kredit Modal Kerja BRI. sebenarnya BRI juga memiliki program kredit usaha yang juga bagian dari program pemerintah yakni Kredit Usaha Rakyat (KUR), namun plafond program tersebut hanya sampai 25 juta dengan masa cicilan maksimal 36 bulan.

kredit modal kerja

Nah gambar diatas merupakan simulasi nya, dengan plafond 500 juta masa cicilan bisa diangsur hingga 36 bulan. terasa berat untuk 36 bulan? tenang. BRI masih bisa mengupayakan kredit hingga masa tenor 60 bulan atau 5 tahun. untuk bunga, memang sangat berbeda antara program kredit BRIGUNA dengan Kredit Modal Kerja ini, jika BRIGUNA fix rate pertahun mencapai 14% maka jika Kredit Modal Kerja sama dengan KUR Program BRI hanya 7% pertahun.

Jika sudah yakin dengan pinjaman, maka calon peminjam bisa langsung datang ke kantor cabang BRI terdekat, Ingat ya, hanya Kantor Cabang, sebenarnya bisa di Kantor Cabang Pembantu (KCP) atau ke Kantor Kas BRI, akan tetapi nanti pasti diarahkan ke Kantor Cabang (KC) apalagi yang pinjamannya bisa lewat dari 100 juta. jika sudah di kantor cabang, maka peminjam bisa mengisi formulir dengan petugas. jika sudah isi, maka akan diminta persyaratan yang harus di lengkapi, karena peminjam disini adalah untuk usaha, maka harus dipersiapan seperti:
1. KTP
2. Kartu Keluarga
3. NPWP
4. Surat Keterangan Usaha
5. Buku Tabungan /Rekening Giro
6. Copy Jaminan (SHM, BPKB,dll)
7. Jika pasangan suami-istri ada yang meninggal disertakan copy surat kematian
8. TDP, SIUP, Akte Pendirian Perusahaan (Jika ada)
9. Pas Photo 4×6

khusus untuk point 6 memang BRI masih menyertakan jaminan baik berupa SHM maupun lainnya yang bisa dijadikan jaminan pinjaman. Jika syarat-syarat tersebut sudah dilengkap dan formulir telah di isi, maka nanti petugas akan segera menyampaikan bahwa akan ada survey ke tempat usaha yang akan meminjam modal ke BRI tersebut. jangka waktu survey bisa 2 hari ataupun setelah 2 hari dari pengajuan.

Jika survey telah dilaksanakan biasa, pihak Bank akan segera menganalisis hasil survey dan akan mengajak notaris untuk pemeriksaan bukti jaminan, mungkin akan lancar-lancar saja, jika jaminan memang valid yah teman-teman. Jika sudah selesai di analisis, proses pengajuan hingga cair butuh proses 2 minggu an. Jika sudah cair, pihak Bank akan memberikan informasi jika di rekening peminjam sudah dilakukan proses pencairan pinjaman.

rincian simulasi pinjaman 200 juta

Gambar diatas merupakan rincian simulasi pinjaman senilai 200 juta, dengan tenor 5 tahun. pinjaman 200 juta hanya memiliki angsuran bulanan Rp.3.950.500 selama 5 tahun, cukup murah kan??..

Tapi ingat ya teman-teman, pinjam uang dengan sertifikat rumah ini hanya untuk keadaan darurat, atau modal usaha yang memang sudah bergejolak, namun tidak disarankan untuk pembelian yang memang tidak bermanfaat.

Baca juga: Cara Buat Internet Banking BRI dengan Mudah

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published.