Daftar Kuliah di Politeknik Negeri melalui Jalur Seleksi Nasional & Mandiri

Bagi kalian yang ingin melanjutkan atau daftar kuliah di Kampus Favorit Politeknik Negeri, Beberapa kampus telah membuka pendaftaran untuk menjaring siapa saja yang minat untuk kuliah di kampus tersebut. Mereka telah menyediakan beberapa prodi pilihan yang dapat kalian inginkan. Daftar Kuliah di Masing-masing politeknik negeri pun dibuka dengan 3 jenis pendaftaran yakni:

  1. SNMPN dan SBMPN untuk jalur D3
  2. SNPMTN dan SBMPTN untuk jalur D4/Sarjana Terapan
  3. Jalur Mandiri untuk D4/Sarjana Terapan dan D3

Masing-masing dari jalur tersebut memiliki persyaratan berbeda-beda,diantaranya:

SNMPN dan SBMPN

SNMPN dan SBMPN memang hanya dikhususkan untuk program diploma 3 (D3). Untuk pendaftaran SNMPN sudah buka sejak awal Januari sampai dengan pertengahan Maret 2021. Sedangkan pendaftaran SBMPN akan dibuka pada periode April hingga Mei 2021. Link pendaftaran bisa anda buka pada website snmpn.politeknik.or.id. Adapun persyaratan utamanya adalah sebagai berikut:

  1. Biodata Diri (KTP, KK, scan gaji orang tua, Scan SKTM
  2. Prestasi selama sekolah
  3. Rekomendaasi dari sekolah
  4. Nilai Rapot Semester 1-5
snmpn
Jadwal lengkap SNMPN

Untuk SBMPN, hampir sama dengan Jalur SNMPN, hanya saja akan diadakan skema ujian yang disediakan oleh panitia SBMPN.

SNMPTN dan SBMPTN

Skema Jalur pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN ditujukan bagi pendaftar D4/Sarjana Terapan. Hanya saja Panitia pelaksana pendaftaran yang berbeda dimana SNMPN dan SBMPN di kelola oleh Forum Direktur Politeknik Negeri Indonesia (FDPNI) sedangkan SNMPTN dan SBMPTN di kelola oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Untuk persyaratan tidak jauh berbeda, hanya saja untuk SBMPTN akan diadakan melalui Ujian berbasis UTBK (Ujian Tulis berbasis Komputer). Link pendaftaran yakni dapat anda akses di www.ltpmt.ac.id.

Jadwal kegiatan SNMPTN

Jalur Ujian Mandiri

Untuk jalur ini, Setiap Politeknik Membebaskan metode pendaftarannya, hanya saja umumnya diadakan ujian, baik ujian tulis kertas maupun ujian tulis berbasis online/komputer. Untuk persyaratan masing-masing Politeknik juga mengkhusukan persyaratan tertentu. Sebagian besar diantaranya adalah ijazah, nilai raport, prestasi, dll. Pembukaan pendaftaran Jalur Mandiri biasanya dibuka setelah jalur SNMPN, SBMPN, SNMPTN dan SBMPTN selesai dilaksanakan yakni pada periode Juni hingga Agustus.

Untuk pendaftaran jalur mandiri biasanya masing-masing politeknik akan menyiapkan sendiri web pendaftaran. So, ditunggu saja pendaftarakan Seleksi masuk politeknik ya guys.

Demikian info yang dapat kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari atau mendaftar ke kampus politeknik negeri.

Baca juga: Kampus-Kampus Murah Berkualitas di DKI Jakarta

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published.