Desinasi WIisata Yang Wajib Dikunjungi Selama Libur Sekolah

Duniacm.comDestinasi wisata merupakan salah satu tempat yang paling banyak di buru oleh para wisatawan baik lokal maupun touris manca negara. Ada banyak Desinasi WIisata Yang Wajib Dikunjungi Selama Libur Sekolah. Mulai dari kuliner, Pantai, maupun alam terbuka.

Nah, Pada ulasan kali ini Admin akan membahas rekomendasi Desinasi WIisata Yang Wajib Dikunjungi Selama Libur Sekolah. Untuk kalian yang saat ini tengah mencari tempat berlibur, Berikut dibawah ini Desinasi WIisata yang mungkin penting untuk kalian.

Destinasi wisata di Palabuhan Ratu JAwabarat diantaranya :

Destinasi Wisata Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh merupakan sebuah konsep manajemen pengelolaan kawasan yang menyerasikan keragaman geologi, hayati, dan budaya, melalui prinsip konservasi, edukasi, dan pembangunan yang berkelanjutan di kawasan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Untuk kalian yang saat ini tengah mencari tempat berlibur yang nyaman dengan keindahan pantai yang sangat eksotis yang menyatu dengan alam terbuka. Berikut dibawah ini Admin jelaskan tentang Destinasi Geopark Ciletuh.

Tentang Destinasi Wisata Geopark Ciletuh

UNESCO Resmi mengumumkan Ciletuh di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, sebagai salah satu Global Geoparks yang baru. Berkat nominasi ini, semua tujuan yang termasuk dalam zona geopark telah mulai mendapatkan perhatian dunia.

Dengan status UNESCO Geopark, masyarakat setempat diharapkan lebih memiliki rasa memiliki terhadap Destinasi wisata yang ada di lingkungannya. Melalui geowisata, akan tercipta banyak lapangan pekerjaan dan perekonomian. Indonesia saat ini memiliki dua lokasi geopark yang telah diakui oleh UNESCO, yakni kawasan Gunung Batur di Bali dan Gunung Sewu di Jawa Timur.

Geopark ciletuh ini memiliki luas kurang lebih 128.000 hektare dengan bentuk mirip tapal kuda berdiameter 15 km yang menghadap ke arah Teluk Ciletuh. Dengan area yang sangat luas membuat tempat ini menyediakan beragam objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Objek Wisata Geopark Ciletuh

Melansir dari laman innagroup.co.id, berikut tempat wisata utama di Geopark Ciletuh Sukabumi :

Vihara Dewi Kwan Im

Desinasi WIisata Yang Wajib Dikunjungi Selama Libur Sekolah

Destinasi wisata Geopark Ciletuh yang pertama adalah Vihara Dewi Kwan Im atau Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa yang ada di Desa Kertajaya, Simpenan, Sukabumi. Vihara ini terletak sekitar delapan kilometer dari Pelabuhan Ratu.

Vihara Dewi Kwan Im ini dibangun pada 8 Agustus 200. Di area vihara ini juga terdapat petirahan yang merupakan tempat untuk Prabu Siliwangi dan Ratu Pantai Selatan.

Vihara Dewi Kwan Im memiliki 300 anak tangga sampai keatas bukit. Saat sampai di anak tangga pertama, pengunjung akan disambut patung 14 kepala naga.

Vihara Dewi Kwan Im ini dibangun pada 8 Agustus 2000. Di area vihara ini konon dipercaya terdapat petilasan yang merupakan tempat untuk Prabu Siliwangi dan Ratu Pantai Selatan.

Baca Juga : https://www.duniacm.com

Puncak Darma- Geopark Ciletuh

Desinasi WIisata Yang Wajib Dikunjungi Selama Libur Sekolah

Puncak Darma merupakan salah satu destinasi wisata dengan area pandang yang mengarah ke pantai dan gunung terutama arah Pantai Palampang di Teluk Ciletuh. Dahulunya, tempat ini bernama Pasir Muncang atau Puncak Kemiri. Namun sejak 2004, tempat ini dikenal dengan nama Puncak Darma yang mengacu pada nama sebuah perusahaan yang memperbaiki jalan di tempat tersebut.

Objek wisata Puncak Darma Ciletuh ini ada di sekitar 340 meter di atas permukaan laut. Dari tempat ini, pengujung bisa melihat lembah dan dinging amphitheater Ciletuh, Pulau Mandra, Pulai Kunti, Pantai Cikadal, muara Sungai Ciletuh, dan muara Sungai Cimarinjung.

Curug Awang- Geopark Ciletuh

Desinasi WIisata Yang Wajib Dikunjungi Selama Libur Sekolah

Curug Awang merupakan aliran Sungai Ciletuh, yang berlokasi di Desa Tamanjaya. Jarak Curug Awang dari jalan raya sekitar dua kilometer dengan jalan berbatu dan pohon sawit serta kebun warga di kanan-kirinya. Dari bibir pantai dapat di tempuh dengan jalan kaki sekitar 5 menit.

Curug Awang memiliki air terjun yang paling lebar dan besar dibandingkan Curug Geopark Ciletuh lainnya. Posisi air terjun ada di bagian bawah, sehingga untuk sampai ke lokasi tersebut Anda harus melewati pematang sawah yang ada disekitarnya.

Selain sebagai tempat wisata, air terjun ini juga digunakan untuk mengairi sawah warga. Sekitar 200 meter ke arah hilir dari Curug awang terdapat air terjun yang lebih kecil bernama Curug Tengah.

Curug Sodong – Geopark Ciletuh

Desinasi WIisata Yang Wajib Dikunjungi Selama Libur Sekolah

Destinasi wisata lainnya yang ada di Geopark Ciletuh yakni urug Sodong. Letaknya ada di Desa Ciwaru. Untuk sampai ke lokasi ini, Anda membutuhkan waktu sekitar setengah jam berkendara. Akses ke Curug Sodong berupa jalan berbatu namun bisa dilalui mobil.

Lokasi air terjun di curug ini dekat dengan area parkir. Jadi saat berkunjung ke Curug Sodong, Anda tidak perlu berjalan jauh untuk sampai ke titik lokasi air terjun. Curug Sodong disebut juga sebagai air curug kembar karena aliran air bercabang dua dan terjun seperti kembar.

Pada bagian bawah air terjun ada dinding yang membentuk seperti gua. Di lokasi ini juga ada empat air terjun bertingkat. Tiga air terjun berada di aliran sungai yang sama. Tiga air terjun tersebut yaitu Curug Ngelai, Curug Cikaret, dan Curug Sodong.

Sementara itu, satu curug lainnya yaitu Curug Cikanter yang bisa diakses dengan jalan kaki sekitar 20 menit dari Curug Sodong lewat jalan setapak yang menanjak. Ada beberapa fasilitas umum yang tersedia di Curug Sodong antara lain; warung, toilet, homestay, dan papan informasi.

Pantai Karang Hawu – Palabuhan Ratu

Selain objek wisata curug, di lokasi Geopark Ciletuh juga ada pantai yang bernama Pantai Karang Hawu. Sebutan karang hawu karena di lokasi wisata ini ada karang yang bentuknya seperti tungku untuk memasak.

Karang Hawu mempunyai area pantai yang luas dengan garis pantai lebih dari satu kilometer. Lokasi Pantai Geopark Ciletuh cukup dengan Pelabuhan Ratu. Anda hanya butuh waktu sekitar 30 menit berkendara untuk sampai ke lokasi tersebut.

Akses Pantai Karang Hawu juga sangat mudah diakses karena tepat di pinggir jalan. Ada beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan saat berkunjung ke wisata ini, antara lain sepak bola, voli, atau berselancar.

Namun saat berkunjung ke Pantai Karang Hawu sangat tidak disarankan berenang sebab ombak pantai ini cukup besar dan pada dasar laut berkarang sehingga cukup berbahaya.

You May Also Like

About the Author: Saeful

Leave a Reply

Your email address will not be published.