Kekurangan dan Kelebihan TV Digital 2021

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah menetapkan peraturan baruyang memberikan dampak pada pemilik dan penikmat televisi di Indonesia. Dengan menggandeng Lembaga Penyiaran Publik, Lembaga Penyiaran Swasta, dan Lembaga Penyiaran Komunitas, Komenkominfo menetapkan bahwa siaran TV analog akan dihentikan pada 2 November 2022 tepat pukul 24.00 WIB. Yang artinya setelah tanggal tersebut, pemilik televisi tidak bisa menikmati siaran televisi jika masih menggunakan TV analog sehingga disini kita akan bahas kekurangan dan kelebihan tv digital.

Peraturan tersebut juga ‘memaksa’ pemilik TV harus beralih ke TV digital, yang manamembutuhkan dekoder untuk menerima siaran televisi. Masyarakat pun harus membeli Set TopBox (STB) agar bisa menangkap sinyal digital. Namun sebelum peraturan tersebut benar-benardijalankan pada awal November 2022, kampanye untuk beralih menggunakan TV digital sudah digaungkan sejak sekarang. Bahkan kini santer terdengar kabar tentang kekurangan dankelebihan TV digital 2021 yang memberikan gambaran tentang penggunaan STB pada televisi.

Tentang TV Analog vs TV Digital

Sebelum mengetahui tentang kekurangan dan kelebihan TV digital 2021 yang kian populer, sebaiknya kita perlu tahu sedikit tentang TV analog dan digital sehingga kita bisa memahami mengapa pemerintah mendorong masyarakat untuk beralih full menggunakan TV digital setelah November 2022.

Pada TV analog, perangkat televisi menggunakan frekuensi sinyal dan variasi voltase agar bisa menangkap sinyal. Tidak heran jika TV analog membutuhkan pemancar yang biasanya dipasang di atas atap rumah untuk menangkap sinyal agar siaran terlihat lebih jelas.Sedangkan pada TV digital, perangkat televisi menggunakan modem khusus sehingga bisa menangkap siaran lebih baik meski tidak menggunakan pemancar. Inilah perbedaan mendasardari kedua jenis TV tersebut.

Kekurangan dan Kelebihan TV Digital 2021

a. Kekurangan TV Digital 2021

Meski peraturan Kemenkominfo disambut baik oleh masyarakat, namun beberapa pihakmenganggap bahwa TV Digital juga memiliki kekurangan yang memberatkan masyarakat tertentu. Seperti bagi warga miskin, TV digital membutuhkan modem STB sebagai perangkattambahan dimana barang ini memiliki harga yang cukup mahal. Hal tersebut dianggap memberatkan karena siaran televisi seharusnya merupakan sesuatu yang gratis dan bisa dinikmati oleh seluruh elemen masyarakat.

Untuk mengatasi masalah ini, pihak Kemenkominfo menyebut bahwa akan ada subsidi dekoder atau STB bagi warga miskin sehingga mereka bisa mendapatkan perangkat tambahan secaragratis. Untuk mekanismenya sendiri, kebijakan ini masih dalam perumusan dan akan segeradiberlakukan menjelang tahun 2022.

b. Kelebihan TV Digital 2021

Soal kelebihan, TV Digital sebenarnya memiliki banyak keunggulan yang menguntungkan pengguna. Berkat adanya STB maka sinyal siaran lebih stabil sehingga Anda tidak perlu menggunakan antena TV di luar rumah. Dengan adanya perangkat tambahan tersebut, suaradan gambar juga lebih jernih sehingga kualitas siaran pada TV digital dianggap lebih baikdaripada TV analog.

Bahkan jika Anda menggunakan TV berukuran super besar, gambar dan suara tayangan akantetap jernih tanpa adanya noise berupa bintik-bintik atau suara yang terputus-putus. Selain itu,setiap merk STB juga memiliki beragam fitur tambahan yang akan memberikan keuntungan tersendiri bagi penggunanya. Beberapa merk STB memberikan fitur tayang-ulang sehingga Anda bisa melihat kembali program di luar jam tayang.

Keunggulan lain dari TV digital adalah adanya tangkapan siaran yang lebih banyak. Hal tersebut memungkinkan kita bisa mengakses lebih banyak channel televisi, termasuk channel dari TV luar negeri. Bahkan beberapa jenis STB memiliki fitur khusus yang memberikan kita akses pada channel TV premium. Berkat adanya pilihan paket program, kini kita bisa memilih beberapa channel tambahan tergantung selera kita seperti channel musik, olahraga, film Box Office, dan juga pilihan lain.

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan TV digital 2021 yang harus kita ketahui. Sekarang, kita bisa memahami alasan Pemerintah melalui Kemenkominfo yang akan menerapkan kebijakan penggunaan TV digital di tahun 2022. Jika disimpulkan, siaran dari TV digital memiliki kualitas setingkat lebih baik dibandingkan dengan TV analog. Apalagi dengan beragam fitur tambahan yang memungkinkan kita untuk memilih program televise pilihan, maka semakin banyak keuntungan yang akan kita dapatkan.

Baca juga: Daftar Siaran TV Digital Terbaru 2021

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published.