Kenalan dengan Mesin Digital Printing, Fuji Xerox Versant 180

Bagi sobat Grafika, tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya Digital Printing. Perbedaan erat antara Digital Printing dengan Offset Printing memang terlalu jauh, namun terlalu jauh arti disini adalah perbedaan cara cetaknya. Untuk Offset Printing, teknis cetaknya masih menggunakan plat cetak dan segala jenis cara cetak lainnya, sedangkan mesin cetak digital printing memiliki banyak variasi teknik cetak dan asesoris mesin itu sendiri. Bagi sobat grafika memang banyak yang belum mengetahui banyak mesin Digital Printing. Jika Offset Printing memiliki banyak merk-merk terkenal dan tangguh macam heidelberg dari Eropa, lalu Hamada dari Jepang, bahkan sekarang negara China juga ikut berkontribusi dalam pengiriman mesin cetak Offset Printing, bagaimana dengan Digital Printing? ya tentunya banyaknya melebihi Offset Printing karena memang banyak sekalian tipe sesuai jenis berdasarkan kategori elektrophotography (fuji Xerox Versant/HP Indigo), magnetography, inkjet, dll.

Baca juga: Peluang Usaha Sablon Kaos Digital dengan Mesin Ricoh

Mari langsung aja kita kenalan dengan salah satu mesin cetak Digital Printing. Penulis mencoba mengenalkan mesin cetak tanggung yakni Fuji Xerox Versant 180 versi Full Colour. Bagaimana sobat grafika sudah kenal dengan mesin cetak ini?? Fuji Xerox versant 180 ini merupakan varian produk dari Fuji Group. Fuji memang terkenal sebagai perusahaan kamera, percetakan,dll. dengan produk Fujifilm nya, Fuji berhasil menjadi perusahaan besar yang bergerak dibidang imaging.

Fuji Xerox

Fuji Xerox Versant memiliki fitur utama yakni, Scan, Copy dan Printing. Dengan panjang 6 meter, mesin ini mampu membagi 3 unit yaitu, unit tray (feeder), unit printing, unit finishing (stacker option). Unit tray atau yang disebut unit masukkan kertas (paper) memilki 5 box untuk memasukkan kertas. Pada unit printing, mesin fuji ini sangat berbeda dengan Digital Printing lainnya, yang masih menerapkan semi offset (masih memakai blanket, impression, tinta pasta+elektro ink jika digital). Berikut isi dalam mesin Fuji Xerox Versant:

Unit Printing, Scan, Copy

Ada kurang lebih 10 item fungsi yang ada di dalam unit printing ini. berikut spesifikasinya:

Dengan teknologi lasernya mesin cetak ini mampu menghasilkan cetakan maksimal 80 ppm (ukuran kertas 8.5 x 11″/ A4). dan maksimal ukuran kertas 480 x 325 mm (A3+) cukup lumayan kan sobat.

Print speed, Image Quality

Untuk bagian Unit Finishing (Output), mesin ini memilki output option yakni mesin stacker (salah satu contoh), fungsinya adalah men-staples kertas-kertas yang sudah dicetak baik di print, maupun mau di fotokopi. jadi hasil kertas tersebut sudah otomatis dijilid staples kawat. unit finishing stacker ini biasanya dipakai oleh instansi yang kegiatan fotokopi cukup banyak dan hasil nya sudah harus di jadikan satu buku. Sebenarnya masih banyak lagi contoh unit finishing dalam mesin Fuji Xerox ini, seperti contoh dibawah:

macam-macam unit finishing fuji xerox versant

Nah seperti itu kenalan kita dengan mesin tangguh Fuji Xerox Versant yang juga banyak dipakai di dunia industri percetakan baik skala kecil dan besar. Dalam postingan selanjutnya, mungkin akan memberikan perbedaan signifikan antara mesin cetak Offset Printing dengan Digital Printing, dimulai dari spesifikasinya hingga untung ruginya dalam bisnis industri.

You May Also Like

About the Author: duniacm

6 Comments to “Kenalan dengan Mesin Digital Printing, Fuji Xerox Versant 180”

  1. Mohon informasi harga jual nya

    1. Harga jualnya kisaran 90 jutaan,, melalui agent,,

  2. Antony Nasiub says:

    Berapa hrg mesin nya ? Dan apakah hrs kontrak klik atau bisa lepas ? Mohon infonya

    1. harganya 60 jutaan,,, kalau mau kontak boleh tinggalkan nomor kontak di komentar ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *