Malam 14 Mulud Sebagai Ajang Upacara Ngabungbang

Duniacm.com – Memasuki bulan kalender islam 2022 bulan Rabiul Awal, berbagai ucapan maulid nabi 2022 dilontarkan oleh para warganet di sosial media. Namun ada yang berbeda ketika memasuki tanggal 14 mulud, Malam 14 Mulud sering dijadikan Sebagai Ajang Upacara Ngabungbang bagi sebagian masyarakat.

Ngabungbang merupakan sebuah tradisi kegiatan tahunan yang dilaksanakan pada malam 14 mulud yang di yakini oleh sebagian banyak orang untuk meningkatkan keilmuan kebathinan.

Malam 14 Mulud Sebagai Ajang Upacara Ngabungbang

Lebih detilnya pengerian dari ngabungbang adalah salah satu tradisi leluhur turun temurun yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh masyarakat khususnya orang Sunda pada setiap tanggal 14 Mulud.

Baca Juga: Asal Usul Buah Naga Merah Dan Buah Naga Kuning Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Ngabungbang sendiri berasal dari kata Nga dan Bungbang. Nga berarti Ngahijikeun atau Mempersatukan dan Bungbang berarti Membuang atau Membersihkan.

Tujuan utama ngabungbang yang dilakukan pada malam 14 mulud merupakan Mandi suci dengan niat menyatukan cipta, rasa dan karsa untuk membuang semua perilaku tidak baik lahir ataupun batin.

Ngabungbang biasanya dilaksanakan dalam kurun waktu setahun sekali. Dimana terdapat pada bulan Rabi’ul awal ‘Mulud’ tepatnya malam tanggal 14 sering dijadikan malam istimewa.

Selain itu, pada malam 14 mulud bisanya ada sebuah upacara ritual yang biasanya dipimpin oleh ketua komunitas adat yang bertujuan untuk memohon kekuatan untuk kebaikan dalam mencapai segala cita-cita hingga mendapatkan peningkatan kualitas pribadi dalam kehidupan.

Salah satu upacara ritual malam 14 mulud yang duniacm rekomendasikan berdasarkan penelusuran banyak dari kalangan masyarakat atau komunitas dari berbagai darah meadati sungai muara sukawayana cikakak palabuhan ratu.

Mereka memilih muara sukawayana cikaka palabuhan ratu bukan tanpa alasan melainkan bahwa sungai yang bermuara di hilir sungai sukawayana merupakan perpaduan air laut dan air tawar yang konon katanya di muara sungai sukawayana ada terdapat sumur tujuh dan diyakini bagus untuk menyatukan energi alam dengan keilmuan yang dimilinya. ***

You May Also Like

About the Author: Saeful

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *