Manfaat Kuliah di Jurusan Teknik Informatika

Bagi teman-teman yang sudah mulai kuliah pasti akan selalu bertanya kepada diri sendiri maupun dengan yang lain. Kira-kira jurusan yang sudah dipilih apakah sudah sesuai dengan bidang dan minat kita belum yah. Apalagi output yang dihasilkan anda nanti turut berpengaruh pada karir anda kedepan. Dan bagi teman-teman yang kuliah di Jurusan Teknik Informatika, berikut ada artikel mengenai manfaat kuliah di Jurusan Teknik Informatika.

Sebagai informasi, Jurusan Teknik Informatika saat ini menjadi jurusan yang banyak dipilih kaum generasi muda untuk menimba ilmu di Perguruan Tinggi. Tidak hanya mata kuliahnya yang kekinian terkait teknologi. Akan tetapi juga, Perkembangan jaman saat ini sudah mengarah ke arah serba digital. Zaman digital yang selalu dibutuhkan ilmu pengetahuan mendorong calon mahasiswa untuk memilih jurusan teknik informatika ini.

Pada Jurusan Teknik Informatika, terdapat materi pokok yang dapat anda jadikan acuan bidang peminatan yang anda pilih. Sebagai contoh, ada materi sesuai zaman terkini macam Big Data, Internet of Things, Wireless Technology. Untuk materi pokok yang sifatnya non temporary macam Programming, Networking, Basic IT, dll. Maka jika kalian fokuskan bukan tidak mungkin jurusan ini akan menjadi pegangan hidup kalian dalam menimba ilmu. Nah berikut adalah beberapa manfaat yang akan kalian dapatkan jika kuliah di Jurusan Teknik Informatika.

a. Banyak Komunitas IT

komunitas

Jika anda sudah memasuki perkuliahan di Jurusan ini, sudah pasti anda akan bergabung dengan teman-teman yang bergabung dengan Komuninas IT. Baik yang secara nyata maupun secara online, anda akan memasuki komunitas yang isinya adalah anak-anak IT. Suatu manfaat yang baik bukan? apalagi jika benar di fokuskan kedepan. Akan menjadi kekuatan besar generasi teknologi yang akan datang.

b. Lapangan Kerja Banyak dibutuhkan

Inilah yang paling penting. Jumlah lapangan pekerjaan di bidang Teknologi adalah yang paling banyak kebutuhannya. Baik dari perusahaan swasta maupun milik pemerintah. Jadi jika anda saat ini sedang berkuliah di Jurusan Teknik Informatika jangan khawatir tidak dapat pekerjaan ya, karena lapangan pekerjaan di bidang ini sungguh sangat banyak.

c. Dapat membantu Masyarakat

Dengan anda menjadi bagian dari teknologi, sudah pasti anda akan memiliki skill dan kemampuan. Skill yang anda miliki dibidang information technology sudah seyogya nya anda aplikasikan kedalam lingkungan masyarakat. Memang anda tidak akan dibayar jika melakukan pekerjaan mulia tersebut. Akan tetapi, nilai mulia tersebut dapat menjadikan anda pribadi yang peduli dengan masyarakat diatas kemampuan yang anda miliki.

d. Mudah Mencari Materi

Nah enaknya lagi jika kuliah di Teknik Informatika, untuk mendapatkan materi dalam perkuliahan anda tidak perlu ribet-ribet mencari sumber buku ke perpustakaan atau ke toko buku yang ada di luaran. Karena Mata Kuliah di Teknik Informatika ini kebanyakan mata kuliah science yang sifatnya digital. Seperti programming, networking. Dan biasanya pada mata kuliah tersebut materinya pasti tersebar banyak di internet. Anda tinggal cari saja sumbernya yah. Banyak tersedia kok. hehe

e. Sambil Berbisnis Online

Dengan tren perkembangan teknologi saat ini, bisnis tidak harus sifatnya offline. Saat ini dikenal dengan start-up, nah bagi anda yang baru mau masuk ke pendidikan di Teknik Informatika ini, bisa mencoba juga bagian ini. Sambil menikmati pendidikan bisa juga kalian mengisi kantong dengan memulai bisnis online dan tentunya sesuai dengan kemampuan teknologi yang anda kuasai. Zaman sekarang berbisnis dengan basis teknologi sudah menguasai hampir 50% perdagangan loh.

Baca juga: 10 Kampus Terbaik di Indonesia versi Webometrics

f. Selalu mengikuti perkembangan zaman

tren

Nah satu lagi enaknya kuliah di Teknik Informatika, anda akan selalu update dengan perkembangan zaman yang selalu berjalan begitu cepat. Tetap harus update yah. karena teknologi menjadi suatu zat yang memang akan terus ada di perkembangan zaman.

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *