Mengenal Internet of Thing (IoT) dan Berbagai Hal yang Berkaitan Dengannya

Semakin hari, teknologi semakin berkembang dengan pesat. Begitu pula perkembangan internet. Seseorang yang terlambat menyadari pentingnya internet akan menjadi kaum tertinggal. Oleh karena itu, penting kiranya mengenal apa itu Internet of Thing yang saat ini sedang banyak dibicarakan.

Apa itu Internet of Thing?

Internet of Thing merupakan penerapan jaringan tanpa harus melalui interaksi tertentu. Baik interaksi antar manusia ataupun interaksi dengan benda lain. Semakin hari, teknologi ini semakin dikembangkan. Tidak lain tujuan dari interaksi ini adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Pengertian sederhananya, Internet of Thing merupakan konsep dasar yang menghubungkan perangkat satu dengan perangkat yang lain. Dalam kehidupan sehari-hari misalnya saja, kulkas, TV, mesin cuci dan masih banyak lagi yang lainnya.

Seperti halnya penggunaan CCTV, secara langsung sudah menerapkan konsep dari Internet of Thing. Tidak hanya itu, saat ini sudah banyak pengoperasian beberapa alat tanpa harus menggunakan bantuan manusia lagi.

Fase Perkembangan Internet of Thing Suatu hal baru, tentu tidak secara serta merta muncul dalam kehidupan. Tentu membutuhkan beberapa proses. Proses tersebut juga berkembang secara bertahap. Semakin hari semakin besar pengaruhnya. Berikut beberapa perkembangan yang terjadi:

1.     Fase Pertama

Pada tahun 1960 sampai tahun 1980 fase ini dimulai. Ditandai dengan dimulainya beberapa aktifitas modern. Baik berupa analisa ataupun pengembangan teknologi yang menjadi cikal bakal komputer. Beberapa proses ini misalnya pada pemesanan, pembayaran tagihan dan standarisasi perusahaan.

2.     Fase Kedua

Fasi ini dialami pada tahun 1980 sampai dengan 1990. Saat itu, beberapa perusahaan melakukan inovasi dengan berhubungan langsung dengan konsumen. Serta memiliki beberapa chanel dan supplier tetap. Dengan begitu, bisa melakukan koordinasi tanpa ada kendala apapun.

3.     Fase Ketiga

Fase yang terjadi dari tahun 1990 sampai saat ini. Teknologi merupakan sesuatu yang bisa memudahkan beberapa kegiatan manusia. Kebanyakan teknogi yang berkembang berbasis komputer dan internet. Fase ini manumbuhkan inovasi, produktivitas dan juga pertumbuhan ekonomi.

Beberapa Komponen yang Harus Dipahami saat Mengenal Internet of Thing

Dengan mengenal apa itu Internet of Thing, maka Anda akan mengenal beberapa komponen yang bisa saling dihubungkan. Pemikiran cerdas akan kegunaan produk menghasilkan inovasi yang bagus. Berikut komponen yang harus dipahami:

1.     Komponen Fisik
Komponen ini adalah komponen yang terlihat nyata. Baik komponen mekanik ataupun komponen listrik. Sebagai contoh perangkat komputer, di dalamnya Anda bisa melihat berbagai macam komponen. Mulai dari kabel, harddisk ataupun CD eksternal.

2.     Komponen Smart
Komponen ini lebih terkenal dengan sebutan software. Karena memilki fungsi sebagai perangkat lunak dalam sebuah program. Seperti halnya beberapa sensor baca dalam komputer. Sensor tersebut bisa diaplikasikan untuk membaca sidik jari ataupun wajah seseorang.

3.     Komponen Konektivitas
Komponen ini lebih terkenal sebagai jaringan nirkabel. Jaringan ini menghubungkan beberapa port dengan port yang lain. Dengan menggunakan komponen ini, sebuah perusahaan akan mudah dalam melakukan komunikasi dengan partner bisnis.

Kegunaan Memahami Internet of Thing dalam Produk

Dengan memahami Internet of Thing, seseorang akan berfikir lebih ke depan lagi. Karena mereka mengetahui betapa pentingnya hal tersebut. Berikut beberapa kegunaan jika mengetahui pemahaman tentang Internet of Thing.

1.     Monitoring
Dapat memantau dengan mudah, baik kondisi, operasi, serta lingkungan dimana berlangsungnnya suatu kegiatan. Selain itu, dapat memahami karekteristik produk dan pengoperasiannya. User tidak akan mengalami kesulitan yang berarti.

2.     Kontrol
Saat ini banyak pengaplikasian teknologi dengan berbagai macam cara. Salah satunya menjadikan kontrol jarak jauh beberapa benda. Teknologi ini memungkinkan pemilik perusahaan memantau kinerja karyawan dari jarak jauh.

3.     Mengoptimalkan
Seiring berkembangnya internet, banyak aplikasi yang diciptakan untuk mengoptimalkan beberapa komponen yang ada. Selain itu, seseorang juga bisa dengan mudah mengetahui komponen mana yang sudah saatnya dilakukan perawatan atau bahkan diganti.

4.     Autonomy
Merupakan sebuah tingkatan dimana benda dapat dijalankan secara otomatis. Sehingga akan lebih mudah dalam menyelesaikan beberapa permasalahan. Sebagai contoh, robot pembersih lantai. Robot ini secara otomatis membersihkan beberapa bagian sesuai dengan program yang ditulis.

Setelah mengenal apa itu Internet of Thing, tentu Anda akan memiliki pandangan besar. sehingga akan lebih maju dalam berfikir. Kemajuan berfikir akan memudahkan seseorang dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Baca juga: Review Kelebihan dan Kelemahan HP Xiaomi K20 Pro

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published.