Mengenal Organ Anatomi Tubuh dan Fungsinya

Mengenal Organ Anatomi Tubuh dan Fungsinya – Apakah Anda memahami anatomi tubuh manusia? Anatomi tubuh manusia terdiri dari sel, jaringan, organ dan juga sistem organ. Setiap organ dalam tubuh manusia memiliki struktur dan fungsinya sendiri.

Organ-organ ini akan terhubung satu sama lain yang disebut sistem organ. Dalam tubuh kita ada banyak sistem organ yang membantu manusia tetap hidup. Untuk mengetahui penjelasan masing-masing sistem organ dalam anatomi tubuh manusia, lanjutkan dengan melihat penjelasan di bawah ini.

Sistem Reproduksi

Sistem reproduksi adalah sistem yang memungkinkan manusia untuk bereproduksi. Ada 2 bagian terpisah dalam sistem reproduksi manusia, betina dan jantan.

Dalam sistem reproduksi wanita adalah vagina, rahim, ovarium dan saluran tuba. Selain itu, sistem reproduksi wanita juga merupakan tempat untuk perkembangan janin. Sedangkan sistem reproduksi pria memiliki penis, skrotum dan testis untuk menghasilkan sel sperma.

Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan adalah serangkaian organ yang bertugas menerima makanan dan mengolahnya menjadi energi, serta menyerap nutrisi yang ada dalam kaleng makanan. Tidak hanya itu, sistem pencernaan juga bertugas membuang sisa makanan yang tidak bisa dicerna. Sistem pencernaan ini meliputi, mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar dan anus.

Sistem Saraf

Sistem saraf adalah sistem yang bertanggung jawab untuk mengoordinasikan semua bagian tubuh. Ada dua bagian dari sistem saraf: sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Dalam sistem saraf pusat, terdiri dari sumsum tulang belakang dan otak. Sedangkan sistem saraf tepi terdiri dari seluruh jaringan saraf dalam tubuh.

Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh adalah sistem yang berfungsi dalam mengatur sistem pertahanan tubuh. Organ yang termasuk dalam sistem kekebalan tubuh adalah limpa, kelenjar getah bening, sumsum tulang, amandel, kelenjar gondok dan juga kulit. Organ-organ yang mendukung sistem kekebalan tubuh juga merupakan bagian dari sistem lain. Inilah yang membuat sistem kekebalan tubuh menjadi sistem yang paling rumit dan penting.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran darah berfungsi untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh, melindungi tubuh melalui sel darah putih dan menjaga keseimbangan kondisi tubuh. Sistem peredaran darah ini terdiri dari jantung dan pembuluh darah. Ada dua pembuluh darah, arteri yang mengalirkan darah dari jantung dan vena yang mengalirkan darah ke jantung.

Sistem Bingkai

Sistem kerangka terdiri dari 206 tulang yang dihubungkan oleh tulang rawan, ligamen, dan tendon. Fungsi sistem kerangka adalah untuk menopang tubuh, memberi bentuk pada tubuh, membuat tubuh bergerak, melindungi organ-organ dalam tubuh dan perlekatan otot

Sistem Otot

Sistem otot berfungsi untuk membantu gerakan, fungsi tubuh lainnya dan juga aliran darah. Setidaknya ada 650 otot dalam sistem otot. Selain itu, ada 3 jenis otot, yaitu otot polos yang ada di organ pencernaan, otot jantung yang ada di jantung untuk memompa darah, dan otot rangka yang terhubung ke tulang.

Sistem Pernapasan

Sistem pernapasan adalah sistem yang terdiri dari bronkus, trakea, faring, paru-paru dan rongga hidung. Fungsi sistem pernapasan adalah untuk menangkap dan mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh dan menghilangkan karbon dioksida.

Sistem Limfatik

Sistem limfatik memiliki fungsi mengatur sirkulasi cairan ke seluruh tubuh. Pencarian yang diatur adalah pencarian getah bening melalui pembuluh, saluran dan kelenjar. Selain itu, sistem limfatik berperan dalam daya tahan tubuh, serta mendukung sistem pembuangan seperti membuang kelebihan cairan, protein, bakteri dan zat lainnya.

Sistem Kemih

Fungsi sistem kemih atau ekskresi dalam menyaring darah dan mengeluarkan racun. Organ yang terkandung dalam sistem kemih adalah ginjal, saluran kemih, uretra dan kandung kemih.

You May Also Like

About the Author: Yasep Novian

Leave a Reply

Your email address will not be published.