Peluang Usaha Sablon Kaos Digital dengan Mesin Ricoh

Kaos atau gambaran detail dari pakaian umumnya adalah kebutuhan sehari-hari yang tidak dapat dihindarkan, selalu dipakai dan dibawa kemana oleh setiap orang. Tak peduli muda, dewasa, kanak-kanak, Kaos merupakan kebutuhan utama untuk melindungi dan menutupi sebagian tubuh. Bahkan saat ini Kaos sudah tidak lagi hanya menjadi kebutuhan tapi sudah menjadi lifestyle para insan. Terutama para kaum muda, untuk memilih kaos-kaos keren dan beken tentunya tidak habis 5 menit di pasar atau di distro-distro saat ini.

Melihat latar belakang tersebut, bagaimana jika dijadikan peluang usaha ?? wah tentu saja akan berpotensi menghasilkan banyak pundi pundi rupiah ya teman-teman. Jika dibayangakan kita mengambil target 1% dari penduduk indonesia untuk mengambil pasar kaos, tentunya sudah menghasilkan puluhan juta yang sudah pasti dapat menopang bisnis itu sendiri, Nah untuk membahasnya mari kita uraikan bagaimana sih bisnis sablon kaos digital itu. disini kami langsung mengimplementasikan bisnis sablon tersebut dengan mesin cetak Ricoh Ri 100 DTG. Sebenarnya mesin Ricoh sendiri bukan pemain utama di jagad raya dimesin percetakan. Akan tetapi mesin ini merupakan pemain utama dalam bisnis Sablon Digital untuk ukuran A4.

Nah kira-kira apa saja bahan sablon yang bisa dicetak oleh mesin ini ? Untuk kaos sendiri, dimulai dari Katun (Combed 20s, 24s, 30s) lalu Cardet, Polyester, CVC, Hyget, macam-macam tas seperti spunbound, dll. Untuk Mesin Ricoh Ri 100 sendiri bisa mencetak dalam ukuran A4 saja,, tapi jangan khawatir Ricoh sudah menyiapkan mesin cetak sablon digital untuk ukuran diatas A3, ada versi Ri 1000, Ri 3000, Ri 5000. Lalu untuk unit printing nya sendiri ada berapa? dalam mesin ini terdapat 3 unit utama, yakni mesin print utama, lalu ada tray terpisah, dan terakhir finisher, Cukup simple dan efisien untuk ukuran mesin cetak sablon dibanding mesin cetak yang masih manual.

Bagaimana Peluang Usaha nya? baik saya coba jelaskan. Untuk industri sablon kaos pada umumnya memang mereka mengandalan fasilitas teknik sablon yang terjangkau, seperti sablon manual, mungkin biaya operasionalnya sedikit murah dibanding sablon digital. akan tetapi jangka waktu pengerjaannya sangat-sangat berbeda dengan sablon digital. dimanakah letak perbedaannya?? sudah sangat jelas. perbedaannya adalah ketika, proses cetak dan proses finishing. Jika manual, sudah pasti proses pengeringannya kalau tidak dijemur, di panaskan dengan mesin dryer, nah kalau di mesin ricoh Ri 100 DTG ini, finishing sudah memilki mesin finishing toster (macam pemasak roti panggang) yang sanggup mengeringkan kaos hasil cetak sablon digital hanya dalam 30 detik. Habis selesai dikeringkan bisa langsung dipakai. Cukup cepat dan mudah kan.

Berapa harga mesinnya? untuk harga mesinnya itu sendiri untuk versi cetak A4 Ri 100 DTG sekitar 80 jutaan. Mari kita hitung-hitungan dari segi bisnis kira-kira berapa keuntungan yang dapat di raih dengal modal utama pembelian mesin, lalu sewa bulanan kios, lalu operasional lainnya dengan pendapatan harian dari order yang didapatkan.

Modal

Mesin Cetak Ricoh Ri 100 DTG Rp. 80.000.000

Pendapatan harian

Order 10 kaos + sablon perhari x Rp. 80.000 = Rp. 800.000
Order hanya sablon (5 pcs) x Rp. 15.000 = 75.000

Pengeluaran harian

Modal kaos + tinta (tinta, maintenance) cetak 10 Kaos X 50.000 = 500.000
Modal tinta (tinta, maintenance) cetak 10 sablon X 10.000 = 100.000

Pendapatan bulanan – pengeluaran bulanan (contoh kasus diatas)

(1 Hari) Rp. 875.000 x 30 hari – Rp. 600.000 x 30 hari
Rp. 26.350.000 – Rp. 18.000.000
Untung Bersih = Rp. 8.250.000 (dalam 10 Bulan sudah Break even Point(BEP)) untuk pembelian mesin ricoh.

Disini juga tidak perlu anda menyewa kios, karena saat ini sudah bisa dijalankan secara online, jadi tidak perlu khawatir bagi anda yang kondisi rumahnya tidak dalam kondisi di pinggir jalan besar. dengan keberanian yang kuat, dan tekad yang kuat menjalankan bisnis bukan mustahil bisnis usaha cetak kaos sablon digital anda menjadi sukses. selamat menjalankan bisnis ini ya teman.

Baca juga: Pengantar Color Management dalam Dunia Grafika

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published.