Peran Pemerintah Dalam Upaya Mendorong Sistem Ekonomi Usaha Rakyat

Duniacm.comPeran Pemerintah Dalam Upaya Mendorong Sistem Ekonomi Usaha Rakyat merupakan salah satu pilar untuk menumbuhkan perekonomian rakyat Indonesia akibat dari dampak covid-19.

Ekonomi Rakyat adalah suatu proses pengelolaan usaha secara mandiri dan kolaboratif oleh kelompok-kelompok masyarakat guna mewujudkan kedaulatan masyarakat di bidang ekonomi.

Oleh karena pemerintah sebagai sentral utama yang berperan sebagai pemberi kebijakan dalam menumbuhkan pemerataan ekonomi masyarakat. Tentunya dalam hal ini pemerintah melalui mentri keuangan harus menyiapkan langkah-langkah kongkrit.

Langkah-langkah yang di maksud tentunya harus sesuai dengan undang-undang yang ada dalam UUD1945.

Untuk mewujudkan itu, Meliputi 4 (empat) kebijakan ekonomi bersifat sosial masyarakat di antaranya Bantuan sosial, Kualitas sumber daya manusia (SDM), Akses terhadap lahan, dan kesempatan bekerja/berusaha.

Menurunnya atau meningkatnya pertumuhan ekonomi masyarakat saat ini di Indonesia tentunya di pengaruhi berbagai faktor. Salah satunya adalah keterlibatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Pada artikel kali ini Admin akan sedikit mengulas Peran Pemerintah Dalam Upaya Mendorong Sistem Ekonomi Usaha Rakyat melalui program UMKM

Peran Pemerintah Dalam Upaya Mendorong Sistem Ekonomi Usaha Rakyat Melalui Program UMKM

Perogram pemulihan ekonomi nasional (PEN) merupakan salah satu program yang di cetuskan pemerintah untuk memulihkan ekonomi Indonesia dari dampak covid-19.

Tingginya permasalahan yang berdampak pada peningkatan UMKM yang di akibatkan pandemi, Tentunya menjadi prioritas pemerintah.

Upaya-upaya apa saja yang harus dilakukan pemerintah untuk memajukan UMKM Indonesia mengacu kepada program pemulihan ekonomi nasional yang didasarkan kepada UUD 1945 pasal 33 ayat 4.

Upaya Mendorong Sistem Ekonomi Usaha Rakyat tersebut diantaranya:

  • Undang-undang cipta kerja
  • Program PEN (Program Pemulihan Ekonomi Nasional)
  • Kredit Usaha Rakyat (KUR)
  • Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI)
  • Perluasan Exspor produk Indonesia melalui ASEAN Online Sale Day (AOSD).

You May Also Like

About the Author: Saeful

Leave a Reply

Your email address will not be published.