Perangkat yang Wajib Ada untuk Nikmati TV Digital

Setelah pemerintah menyatakan migrasi televisi analog ke TV digital harus selesai pada 2022 serta sebagaimana ketentuan Undang-Undang Cipta Kerja yang memerintahkan penghentian siaran analog (analog switch off) diselesaikan paling lambat dua tahun sejak mulai berlakunya UU tersebut. Maka stasiun televisi sudah dipastikan harus mengaktifkan layanan TV Digital dari TV Analog.

Jika mengacu dari perubahan tersebut, maka perangkat TV digital menjadi syarat bagi para penontoh untuk menikmati TV Digitalnya. Salah satu perangkat yang vital dalam penerapan televisi digital adalah Set Top Box. Kemkominfo menjelaskan STB adalah perangkat penerima siaran TV digital yang dapat dikoneksikan ke pesawat televisi.

Berikut ini beberapa perangkat yang wajib ada untuk mengakses TV Digital.

1. STB

STB (Set top box) banyak dijual di toko elektronik hingga e-commerce. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung merek dan kemampuannya.

Dalam laman resmi, Kominfo menjelaskan televisi analog tidak menggunakan STB ketika mengolah sinyal yang diterima antena. Sedangkan format televisi digital, antena akan terhubung ke STB yang juga terhubung ke televisi dengan kabel RCA, yakni kabel tiga warna (merah, kuning, dan putih). 

Selain itu, televisi yang menggunakan STB juga bisa menggunakan kabel jumper untuk menonton siaran analog. Sedangkan format siaran digital dengan televisi LCD, LED, atau Plasma tidak jauh berbeda dengan televisi lama. Televisi jenis baru disebut tetap menggunakan antena yang terhubung dengan STB. Bedanya, STB pada televisi model baru menggunakan kabel HDMI, bukan kabel RCA untuk terhubung. Selain itu, televisi LCD, LED, atau Plasma  yang menggunakan STB juga tetap bisa menggunakan kabel jumper untuk menonton siaran analog.

2. Antenna UHF/Digital

Jika anda memiliki antenna UHF bekas TV Analog, maka jangan dibuang dahulu karena di TV Digital perangkat tersebut masih digunakan. Beberapa tipe antenna macam Toyosaki, PF-5000, dll, masih sangat rekomendasi untuk dipakai pada TV Digital. Dan disarankan untuk menggunakan antenna tersebut pada tipe Outdoor, agar hasil pencarian sinyal dapat diperoleh secara maksimal 

3. TV LCD / LED

Diperangkat ini sebenarnya tidak diwajibkan, namun disarankan memakai tipe TV ini karena hasil tayangan maksimal dengan kecerahan warna dan gambar jernih dapat di peroleh. Dengan besarnya layar inch juga sangat berpengaruh pada kualitas dan pemanjaan mata penontoh, karena kualitas TV Digital berada pada minimal resolusi 576 pixels serta maksimal hingga 1080 Pixels. Bahkan kedepannya jika tidak ada halangan, di Indonesia akan menikmati siaran TV Digiral secara ful HD atau 4k. Di Negara-negara luar fitur tayangan siaran 4K sudah mudah didapatkan, contoh negara adalah Korea Selatan.  

4. Kabel Antenna UHF

Kabel ini digunakan bagi kalian yang memiliki jarak outdoor terlalu jauh dengan posisi TV. Karena disarankan outdoor, maka kabel Antena UHF juga akan diperlukan. Untuk harganya kurang lebih Rp. 3000 per meter. Kabel tersebut bisa didapatkan di Toko-toko elektronik maupun E-commerce. 

5. Booster Antenna

Booster antenna dibutuhkan jika anda, memiliki antenna tipe indoor, dengan adanya booster maka tinkat pencarian sinyal agak serdikit bertambah. Tipe-tipe booster dapat anda cari di berbagai toko elektronik maupun di commerce.

Nyaman Gunakan TV Digital

Demikian artikel ini disampikan, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda yang sedang memasang TV Digital dirumah, selamat mencoba.

Baca juga: Daftar Siaran TV Digital Terbaru 2021

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published.