Piutang Usaha: Apa yang Perlu Diketahui oleh Usaha Kecil

Duniacm.com Piutang adalah sumber kehidupan arus kas bisnis . Ini membantu manajemen arus kas dengan memberi tahu Anda klien mana yang berutang uang kepada Anda dan berapa banyak.

Ini memungkinkan Anda membedakan apakah rekening kas Anda secara akurat mencerminkan posisi keuangan Anda saat ini.

Dengan kata lain, piutang membuat perbedaan antara khawatir bahwa Anda tidak memiliki cukup uang dan tetap tenang karena mengetahui bahwa uang akan segera datang. Berikut cara melacak piutang Anda.

Apa itu piutang?

Kadang-kadang disebut sebagai A/R, “piutang usaha” adalah istilah akuntansi untuk uang yang harus diterima bisnis dari pelanggannya dari penjualan barang atau jasa.

Ini adalah jumlah uang yang Anda telah mengeluarkan faktur tetapi belum dibayar. Setelah Anda dibayar untuk faktur, Anda akan mendebit piutang Anda untuk jumlah itu dan mengkredit akun tunai Anda.

Piutang bisnis Anda sangat penting untuk menghitung profitabilitas Anda dan memberikan indikator pendapatan bisnis yang paling jelas. Ini dianggap sebagai aset, karena mewakili uang yang masuk ke perusahaan.

Untuk menentukan profitabilitas, jumlahkan semua aset Anda, termasuk piutang, dan kurangi total hutang dagang Anda , atau kewajiban, yang merupakan hutang Anda kepada pemasok dan vendor.

Jika angkanya positif, perusahaan itu untung. Jika jumlahnya negatif, Anda harus membuat beberapa keputusan tentang menambah aset atau mengurangi kewajiban .

  1. Berkomunikasi dengan klien Anda.

Dalam artikel Penasihat Bisnis Transworld, Jason Stine, manajer pengembangan bisnis untuk perusahaan layanan pengumpulan CRF Solutions, menyarankan komunikasi yang teratur dan cepat dengan klien.

Tetap di atas transaksi; lebih banyak kesalahan non-pembayaran berkembang dalam 60 hari pertama setelah pengiriman karena kontak pelanggan yang tidak memadai atau tidak lengkap, kata Stine.

  1. Ciptakan proses internal yang solid.

Tentukan proses untuk melakukan piutang usaha, dan patuhi itu. Pilih hari dalam seminggu untuk membuat, mencetak, dan mengirimkan faktur.

Pilih hari lain untuk mencetak laporan piutang lama dan menghubungi pelanggan yang berada di luar jangka waktu pembayaran mereka.

Seiring pertumbuhan bisnis kecil Anda, Anda mungkin perlu membagi tugas-tugas ini di antara orang-orang yang berbeda untuk tetap di atas semua akun.

  1. Konfirmasi penerimaan faktur.

Banyak perusahaan telah berhasil menghubungi klien untuk mengkonfirmasi penerimaan seminggu setelah mengirim faktur.

Hal-hal terkadang hilang dalam surat atau secara tidak sengaja terhapus di kotak masuk email.

Sebuah pertanyaan cepat tentang tanda terima tagihan juga memberikan Anda kesempatan untuk meminta umpan balik pada produk yang disediakan, menunjukkan keterampilan layanan pelanggan yang sangat baik.

  1. Perpanjang kredit dengan jangka waktu yang moderat.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, perusahaan dapat menerima pembayaran sebelum mengirimkan pesanan atau melakukan layanan.

Namun, dengan perusahaan berbasis jasa dan barang berbiaya tinggi, hal itu tidak selalu mungkin.

Dalam kasus tersebut, minta klien mengajukan permohonan kredit maksimum. Anda akan dapat mengevaluasi kemampuan pembayaran mereka dan menetapkan batas kredit yang nyaman bagi Anda.

Ini juga memberikan kesempatan untuk memastikan kedua belah pihak jelas tentang persyaratan pembayaran dan apa yang terjadi jika akun menunggak.

  1. Dokumentasikan semuanya.

Dokumentasi piutang membantu pembukuan Anda dengan masukan mingguan atau bulanan untuk laporan keuangan dan membantu akuntan Anda pada waktu pajak.

Dari kontak pertama dengan klien, catat pesanan, percakapan, dan persyaratan yang disepakati.

Dalam skenario terburuk, dokumentasi itu juga penting jika Anda perlu melakukan pembayaran melalui agen penagihan atau pengadilan.

You May Also Like

About the Author: Crazy Rich

Leave a Reply

Your email address will not be published.