Review STB Evinix H-1 TV Digital

Anda masih ingat dengan Set top Box (STB) Sky Box ? ya, selain bermain di TV Digital merk Skybox juga sudah cukup lama main di Receiver Parabola. Saat ini skybox melakukan transformasi menjadi merk yang cukup tren dengan nama “Evinix” H-1. Dengan perubahan nama ini STB Evinix H-1 menjadi perhatian lebih, apalagi setelah pemerintah meluncurkan kebijakan bahwa pada November 2022, TV Analog harus switch off alias mati sinyal dan beralih ke TV Digital.

Jika anda cek pada toko-toko elektronik, ataupun e-commerce barang ini sangatlah laku, termasuk penulis yang sudah kurang lebih satu tahun ini membeli produk tersebut. Dengan kemampuan mampu menghadirkan gambar jernih Digital UHF ditambah rasio tayangan 1080 pixels, STB ini diyakin menjadi jawara STB TV Digital secara nasional.

Spesifikasi STB TV Digital Evinix H-1

a. DVB-T2 (Digital Video Broadcasting – Teresterial 2), H264, MPEG-4, standar MPEG-2
b. Kecepatan maksimum arus minimal 50 Mbit/ detik
c. Fungsi PVR (Personal Video Recording) yaitu dapat merekam siaran TV dengan menyolokkan flashdisk ke port USB yang tersedia.
d. Support Full HD 1080, resolusi lainnya yang didukung yaitu 480i/ 576i/ 480p/ 576p/ 1080i/ 1080p.
e. Support EPG (Electronic Program Guide) sampai 7 hari kedepan.
f. Dapat di fungsikan sebagai multimedia player sehingga kita bisa mencolokan flashdisk yang berisi video, musik ataupun gambar dan langsung di putar.
g. Support Logic Channel Number (LCN)
h. upgrade firmware melalui port USB

Review STB Evinix H-1

1. Tampilan Minimalis
Saat kami mereview, terlihat perbedaan dari nama pendahulunya, perbedaan besar adalah dari body ukuran STBnya, pada Evinix ini terlihat ukuran lebih kecil sehingga jika di tempatkan di sekitar TV tidak akan banyak mengganggu.

2. Ringan dibawa
Jika sudah kecil ukuran, maka untuk memindahkannya akan terasa mudah, hanya sekitar 4 inch bentuknya menjadikan STB ini fleksibel untuk dibawa.

3. Tampilan layar user interface
Perubahan juga terlihat dari tampilan menunya yang sangat ramai dengan beragam fitur di bagian menu. Sehingga para pengguna dengan nyaman dapat mengakses STB ini.

4. Bisa youtube, IPTV, serta support wifi
Dengan adanya support wifi, menjadikan STB ini lebih multitasking dalam kebutuhan user seperti dapat menikmati akses youtube dan IPTV. Cukup multitasking ya teman-teman.

5. Sensitivitas Terhadap Antenna
Kami melakukan test tehadap STB ini memakai Antena Outdoor toyosaki, hasilnya terdapat 40 channel yang tersedia. Jika dibandingkan merk lain, merk ini lebih baik karena mampu menjangkau banyak channel. 

Kekurangan

1. Remote harus ditekan
Ini jadi pengalaman penulis saat kami menggunakan remote untuk mengganti channel, mungkin bisa menjadi masukkan bagi para pihak manajemen evinix, karna remote agak cukup keras jika ditekan untuk mengganti channel.

2. Loading Time
Perpindahan loading menu memang agak cukup lambat, karena di maklumi memory STB nya pun tidak sampai 8 MB, jadi bagi kalian yang ingin STB cepat mungkin bisa sesuaikan dengan harga ya teman-teman. 

Demikian review dari kami bagi STB Evinix H-1 ini, kesimpulannya adalah STB ini cukup powerior dan mampu menghasilkan channel yang cukup banyak. Terbutki ada 40 channel yang tertangkap dengan perangkat antenna merk Toyosaki (outdoor). Sensitivtas antenna yang cukup tinggi menjadikan STB ini terjangkau dan berkapasitas tinggi. 

Semoga kalian bisa memilih ya dalam membeli STB TV Digital apalagi tahun depan juga pasti akan banyak saingan penjual TV Digital di seluruh daerah bahkan se-nasional. Mudah-mudahan artikel ini membantu bagi anda. Terma kasih.

Baca juga: Perangkat yang Wajib Ada untuk Nikmati TV Digital

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published.