Simak! 7 Bansos Pemerintah Ini Masih Dilanjutkan pada Tahun 2021, Beberapa ada yang Cair di Februari

Pemerintah resmi melanjutkan 7 bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat pada Februari 2021. Namun tak semua yg cair pada bulan ini. 7 bansos Februari 2021 ini merupakan kebijakan yg sudah bergulir semenjak 2020 sebagai langkah Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan alokasi biaya untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di 2021 sebesar Rp627,9 triliun fokus untuk lima bidang.

Lima bidang itu yakni kesehatan, perlindungan sosial, dukungan UMKM serta Korporasi, Insentif Usaha serta Pajak sebagai Program Prioritas.

Adapun 7 Bansos Februari 2021 yg dilanjutkan pemerintah tergolong juga ke dalam bidang perlindungan sosial. Dengan alokasi dana sebesar Rp148,66 trilliun.

7 bansos Februari 2021 yg dilanjut merupakan sebagai berikut.

Program Keluarga Harapan (PKH):

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan acara bansos alias bantuan pribadi tunai (BLT) yg diberikan terhadap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yg terdaftar sebagai penerima fungsi PKH. Pada 2021, PKH disalurkan setiap 3 bulan, yakni Januari, April, Juli, serta Oktober 2021.

PKH menjangkau 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Besaran BLT PKH Rp900 ribu hingga dengan Rp3 juta. Disalurkan melewati bank anak buah HIMBARA semacam BTN, Mandiri, BNI, serta BRI.

Bantuan Sosial Tunai (BST)

Bantuan Sosial Tunai (BST) merupakan bantuan dari pemerintah yg diberikan terhadap masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Masyarakat yg berhak mendapatkan BST senilai Rp300.000 per bulan merupakan yg sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

BST diberikan selagi 4 bulan, dari Januari hingga April. Masyarakat mampu memeriksa apakah terdaftar dalam acara BST dengan mengakses https://dtks.kemensos.go.id.

Kartu Sembako

Kartu Sembako alias Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan bantuan dari pemerintah dalam bentuk non tunai diberikan terhadap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulan.

Penyaluran BNPT melewati akun elektronik yg hanya mampu dipakai untuk membeli bahan pangan di pedagan alias e-warung yg sudah bekerja sama dengan bank.

Kartu Prakerja

Halaman Selanjutnya

1 2

Baca juga: Cara Mencairkan BLT BPUM UMKM Rp2,4 Juta, Cek Nama Penerima di Link eform.bri.co.id/bpum

You May Also Like

About the Author: duniacm

Leave a Reply

Your email address will not be published.