Strategi pemasaran dan promosi

Duniacm.com Strategi pemasaran dan promosi. Memutuskan produk, harga, promosi, tempat, orang, dan proses Anda merupakan bagian dari bauran pemasaran yang membantu Anda menarik dan mempertahankan pelanggan.

Banyak usaha kecil datang dengan ide bisnis yang luar biasa tetapi kemudian gagal memasarkannya dengan sukses.

Pemasaran adalah proses membuat bisnis Anda diperhatikan oleh orang-orang yang membutuhkan atau menginginkan produk atau layanan Anda.

Anda perlu keluar dan menyebarkan berita tentang produk atau layanan Anda kepada orang yang tepat untuk membangun basis pelanggan Anda.

Baca juga

Strategi pemasaran dan promosi

Periklanan dan penjualan adalah bagian dari proses tetapi ada lebih banyak lagi yang terlibat.

Enam ‘Ps’ pemasaran

Umumnya ada enam aspek utama yang perlu Anda fokuskan saat memasarkan produk atau layanan Anda. Aspek-aspek ini kadang-kadang disebut sebagai enam ‘P’:

Produk

Produk mengacu pada barang atau jasa yang Anda tawarkan. Anda dapat mempertimbangkan berbagai faktor seperti pengemasan, pelabelan, merek, dan kualitas saat mengembangkan produk Anda.

Harga

Menetapkan harga yang sesuai untuk produk atau layanan Anda akan membantu Anda mendapatkan keuntungan dan tetap kompetitif.

Mulailah dengan memasukkan semua biaya yang terkait dengan produksi dan pengiriman produk dan layanan Anda, kemudian teliti target pasar Anda untuk menentukan berapa banyak mereka bersedia membayar.

Jika ada celah, Anda memiliki lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan – mungkin mengurangi biaya atau berfokus pada pasar yang berbeda.

Tempat

Aspek pemasaran ini mengacu pada bagaimana pelanggan Anda akan dapat membeli produk atau layanan Anda. Saluran distribusi dapat mencakup:

  • eceran langsung kepada masyarakat melalui toko atau outlet
  • menjual barang melalui grosir
  • ritel online
  • menggunakan distributor, konsultan atau agen untuk menjual produk Anda
  • Saat memutuskan saluran mana yang akan digunakan, pertimbangkan target pasar Anda dan logistik yang terlibat dalam menyampaikan produk dan layanan Anda kepada mereka.

Rakyat

Kemungkinan besar Anda harus terlibat dengan pemasok, distributor, grosir, pemangku kepentingan, dan karyawan untuk membawa produk atau layanan Anda ke pasar. Semua grup ini merupakan bagian dari tim Anda.

Anda perlu memastikan mereka memahami pentingnya menyediakan produk dan layanan pelanggan yang berkualitas.

Proses

Layanan pelanggan dan proses bisnis yang tepat sangat penting untuk mendukung tujuan pemasaran Anda.

Mereka mungkin termasuk prosedur untuk memesan stok baru, memastikan produk atau layanan dikirimkan tepat waktu, memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk memberikan umpan balik dan secara teratur meninjau penjualan dan laporan keuangan.

You May Also Like

About the Author: Pang 6

Leave a Reply

Your email address will not be published.