Strategi Perencanaan Vs. Perencanaan Operasional

Duniacm.comApakah mereka sama? Jika tidak, apa bedanya? Apakah Anda membutuhkan keduanya? Pertanyaan seperti ini sering kita dengar.

Untuk membantu menjawabnya, pertama-tama kita akan membahas definisi perencanaan strategi vs. perencanaan operasional. Kemudian, kami akan menjelaskan perbedaan utama di antara mereka.

Apa itu rencana strategi?

Rencana strategi menguraikan misi, visi, dan tujuan tingkat tinggi Anda untuk tiga hingga lima tahun ke depan.

Ini juga memikirkan bagaimana Anda akan mengukur tujuan tersebut, dan proyek besar yang akan Anda ambil untuk mencapainya.

Apa rencana operasionalnya?

Rencana operasional adalah garis besar yang sangat rinci tentang apa yang akan menjadi fokus departemen Anda dalam waktu dekat—biasanya tahun yang akan datang.

Rencananya akan menjawab – siapa, apa, kapan, dan berapa banyak – mengenai tugas harian atau jadwal tayang.

Sederhananya, rencana strategi Anda membagikan visi Anda untuk masa depan, sementara rencana operasional Anda menjelaskan bagaimana Anda akan mencapainya setiap hari hingga setiap minggu.

Kedua konsep tersebut menggambarkan rencana perusahaan Anda untuk masa depan, tetapi dalam konteks yang.

Contoh Perencanaan Strategis & Operasional

Ambil Meta, misalnya (sebelumnya Facebook). Perusahaan baru-baru ini mengumumkan bahwa bagian penting dari strateginya adalah membangun platform komputasi baru yang disebut metaverse—lingkungan dunia virtual bersama.

Ini adalah tujuan jangka panjang yang menurut pemimpin Mark Zuckerberg “penting untuk misi [perusahaan].” Penciptaan metaverse baru ini akan dianggap sebagai bagian dari rencana strategi perusahaan.

Untuk mencapai tujuan itu, Meta perlu mendapatkan rencana operasional yang menguraikan tugas-tugas yang perlu dilakukan.

Banyak komponen yang terlibat dalam pembuatan platform semacam itu—mulai dari membuat standar dan protokol untuk dunia virtual hingga mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan untuk menentukan cara memonetisasi pengalaman, dan masih banyak lagi.

Meta harus merinci aktivitas spesifik mana yang perlu dilakukan orang-orangnya di setiap area dankapan mereka harus melakukannya.

Rencana operasional ini akan memastikan mereka memenuhi langkah tertentu dan bahwa perusahaan terus bergerak ke arah yang benar-benar dalam jangka panjang.

Contoh perencanaan strategi dan operasional yang lebih sederhana: Katakanlah Anda memiliki rencana strategi yang dimodelkan setelah Balanced Scorecard.

Ini menyebutkan tujuan tingkat tinggi yang ingin dicapai organisasi Anda di masing-masing dari empat perspektif.

Ini juga mencakup langkah-langkah dan proyek yang selaras dan terkait yang dirancang untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Berdasarkan rencana strategi tersebut, setiap departemen di perusahaan Anda kemudian perlu mengembangkan rencana operasional untuk ditetapkan sebagai tanggung jawab untuk menentukan bagaimana pekerjaan akan diselesaikan.

Menyelesaikan proyek-proyek tersebut akan membantu Anda tetap di jalur untuk mencapai tujuan Anda.

  1. Jangka Waktu

Rencana strategi Anda menguraikan tujuan jangka panjang untuk tiga sampai lima tahun ke depan.

  1. Modifikasi

Rencana strategi Anda harus cukup tahan cuaca, tetapi kadang-kadang tidak memerlukan modifikasi.

Evaluasi rencana strategi Anda setiap tahun untuk melihat apakah masih masuk akal jika terjadi perubahan dramatis di dalam atau di luar organisasi, misalnya, atau hasil kinerja yang tidak terduga.

Mungkin juga peluang (atau ancaman) baru muncul pada tahun lalu yang memerlukan pertimbangan.

Sebaliknya, Anda harus menerapkan kembali rencana operasional Anda setiap bulan. Meskipun strategi Anda mungkin dapat menangani hal-hal yang tidak terduga, jalan untuk mencapai tujuan jangka panjang Anda agak lancar.

  1. Tujuan

Tujuan dari rencana strategi Anda adalah untuk menguraikan visi jangka panjang perusahaan dan bagaimana semua departemen harus bekerja sama untuk mencapainya.

Karena tujuan berfokus pada perusahaan, rencana strategi lebih luas cakupannya daripada rencana operasional.

Tujuan dari rencana operasional berlaku untuk departemen tertentu, bukan perusahaan secara keseluruhan.

Mungkin ada tumpang tindih antar departemen, tapi itu mengalahkan aturannya. Departemen besar mungkin memerlukan beberapa rencana operasional.

Fokusnya lebih sempit daripada rencana strategi—ini menguraikan bagaimana Anda akan menyelesaikan semuanya!

  1. Pembuatan Rencana

Tim kepemimpinan tingkat tinggi organisasi Anda—tim eksekutif atau dewan kota, misalnya—bertanggung jawab untuk membuat rencana strategi.

Setelah dibuat, rencana strategi akan diumumkan ke depan oleh tim lintas fungsi yang bekerja sama untuk memastikan strategi berhasil.

You May Also Like

About the Author: Crazy Rich

Leave a Reply

Your email address will not be published.