Tips dan Cara Mudah Untuk Melindungi Flashdisk Dari Ancaman Virus Tanpa Software (Dijamin Kebal)

Duniacm.comTips dan Cara Mudah Untuk Melindungi Flashdisk Dari Ancaman Virus Tanpa Software (Dijamin Kebal) – Setiap pengguna komputer pasti sudah memahami dengan baik apa itu flash drive.

Mereka paling sering menggunakannya sebagai media eksternal untuk menyimpan berbagai jenis data. Flashdisk dapat menyimpan semua jenis atau ekstensi data seperti video, dokumen, lagu, gambar, perangkat lunak dan sebagainya. Karena mudah dibawa kemana-mana dan ketika disimpan tidak perlu membutuhkan ruang khusus maka sekarang tidak hanya pengguna komputer yang biasa menggunakan flashdisk. Saat ini, banyak pemutar audio dan video dilengkapi dengan colokan USB sehingga sebagai media dapat menggunakan flash drive alih-alih memotong CD/DVD.

Baca juga : Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Dengan Mudah Tanpa Menggunakan Aplikasi

Seiring dengan perkembangan teknologi, kapasitas Flash drive terus meningkat. Pertama kali muncul, Flashdisk hanya memiliki kapasitas mega bytes (mb) saja. Namun saat ini sudah banyak flash drive yang memiliki kapasitas giga byte (gb) walaupun tidak salah ada flash drive yang memiliki kapasitas Tera byte (tb). Wooow kapasitas yang luar biasa! Dengan flash drive berkapasitas 64GB kita dapat menyimpan ratusan bahkan ribuan format audio. mp3. Hebat lagi dengan kapasitas sebesar itu bisa kita beli dengan harga terjangkau berbeda dengan harga Flashdisk 5 tahun yang lalu yang cukup mahal.

Kita perlu tahu bahwa hal kecil ini sangat rentan sekali terinfeksi oleh virus. Ya memang benar bahwa flashdisk sangat mudah untuk menangkap virus terutama jika flashdisk sering dipasang di sana-sini maka sangat mudah bagi virus untuk mendarat di dalamnya. Anda harus berhati-hati dengan Flash kerentanan oleh virus ini. Jangan sampai benda besar (CPU) bisa dikalahkan dengan benda sekecil Flash. Komputer atau laptop dapat terinfeksi virus yang dibawa oleh flashdisk. Oleh karena itu, kita wajib meningkatkan kekebalan Flashdisk agar tidak mudah terserang penyakit (virus).

Berikut cara melindungi Flash dari virus tanpa perangkat lunak

Mengapa Flash begitu mudah untuk mendapatkan virus? Alasan yang tepat saya tidak tahu, tapi fakta yang jelas adalah bahwa. Cara kerja virus hingga bisa masuk ke Flashdisk adalah virus secara otomatis akan membuat folder bernama autorun.inf. Ketika Flashdisk dicolokkan ke USB komputer/laptop yang didalamnya terdapat virus maka dengan sendirinya akan menularkan penyakit ke Flashdisk. Virus induk akan secara otomatis bertengger di folder autorun.inf di flash yang selanjutnya akan menyebarkan penyakit ke komputer/laptop Windows lainnya.

Baca juga : Cara Memperbaiki Ponsel Beku

Seperti yang sudah disebutkan dalam judul artikel ini jika kita akan memodifikasi Flashdisk agar lebih kebal dari virus tanpa menggunakan software. Untuk sekedar melindungi Flashdisk dari virus sebenarnya kita tidak perlu menggunakan software lain lagi. Cukup dengan sistem operasi Windows kita sudah bisa membuat flash drive yang kebal dari infeksi virus.

Lakukan langkah-langkah berikut untuk membuat flashdisk kebal dari virus. Dan ingat ketika Anda berlatih metode ini, cobalah untuk menjaga komputer/laptop yang digunakan bersih dari virus.

  • Colokkan flash drive ke komputer / laptop USB dan pastikan Flash Drive juga bersih dari virus. Anda dapat memindai flashdisk terlebih dahulu menggunakan AntiVirus yang diperbarui;
  • Buat folder di flashdisk dan beri nama inf. Lihat artikel Cara Membuat folder di komputer jika Anda belum tahu caranya;
  • Buka folder baru yang dibuat sebelumnya (folder autorun.inf) kemudian buat file Notepad dan beri nama apa pun, misalnya txt. Untuk membuat file Notepad, Anda dapat mengklik kanan pada layar kerja dan kemudian klik Pilih baru dan kemudian dokumen teks;
  • Ganti nama file yang dibuat oleh Notepad (kebal.txt) dengan huruf yang unik. Untuk membuat surat-surat unik ini, Anda dapat menggunakan program Peta Karakter, aplikasi Windows bawaan. Untuk mengaktifkan aplikasi Peta Karakter, buka Mulai > Semua Program > Aksesori > Alat Sistem > Peta Karakter. Buat huruf unik dengan font yang diakhiri dengan Unicode, yaitu Unicode. Arial Unicode kemudian copy paste ke Notepad nama file (mengubah nama);
  • Flash siap digunakan

Sekarang di Flash Drive Anda sudah ada folder baru dengan autorun.inf dan dalam folder autorun.inf sudah disimpan file Notepad dengan nama yang unik. Biarkan file Notepad kosong dan kemudian Anda dapat menyimpan data di luar folder autorun.inf.

You May Also Like

About the Author: Yasep Novian

Leave a Reply

Your email address will not be published.