Tips dan Strategi Memulai Bisnis Kost-Kostan Bagi pemula

Duniacm.comTips dan Strategi Memulai Bisnis Kost-Kostan Bagi pemula – Pernahkah Anda memikirkan bagaimana strategi bisnis boarding-boarding? Tampaknya juga bagus jika Anda mengikuti yang berikut ini.

Lihat artikel keuangan saya di bawah ini dan ikuti mereka untuk kesuksesan boarding anda.

Sukses Membangun Kost-kostan

Sadar atau tidak, keberadaan Rumah Kos di perkotaan sangat penting bagi karyawan atau pekerja yang berasal dari luar daerah. Bahkan, banyak siswa juga memilih tempat tinggal ini daripada asrama.

Bisa dibilang, kosan memegang peranan penting dalam produktivitas kedua kelompok di atas. Dari segi pengusaha, kosan cukup menggoda untuk menjadi bisnis. Sebab, dengan membangun beberapa kamar dan fasilitas yang memadai, Anda bisa mendapatkan penghasilan tanpa kerja lebih.

Kumpulan inspirasi dan tips desain rumah kost yang bisa ditiru 03
[Baca juga: 5 Tips Menemukan Rumah Kos terbaik yang aman dan nyaman]

Jika Anda ingin membangun bisnis boarding, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut agar bisnis tersebut efektif. Membangun strategi bisnis boarding-boarding;

1 Melakukan Survei Situs

Ada baiknya, anda melakukan survei kecil di daerah di mana ada banyak imigran. Seperti di dekat kampus, kawasan industri, atau sekolah. Jika biaya di daerah penuh, ada celah bagi anda untuk membangun bisnis di sana.

Tidak hanya posisinya terhadap pesaing, Anda juga harus menghitung kemudahan akses, jarak dari fasilitas umum, dan keamanan. Jangan sampai, beberapa hari Kamar Kos Anda menginap di sana telah terjadi kejadian yang tidak menyenangkan.

Setelah memilih lokasi yang tepat, pertimbangkan juga pasar potensial. Pilihan Anda tepat jika rumah kos dibangun di dekat kampus, kantor atau sekolah.

2 menyediakan tempat yang layak

Nyaman bukan berarti mewah, lho. Anda dapat menyediakan ruangan yang bersih, terawat dengan baik, dan memiliki furnitur yang layak digunakan. Aspek lain seperti keamanan juga tidak boleh dilewatkan, karena terkait langsung dengan potensi pasar Anda.

Baca Juga : 3 Cara Membuat Strategi SEO yang Efektif untuk Bisnis Anda di Tahun 2022

Rancang bangunan dengan memiliki sirkulasi udara yang lancar, fasilitas umum yang sesuai, dan aturan yang membuat semua penghuni nyaman. Anda bisa menerapkan penutupan pintu pada pukul 22.00 atau harus melapor jika ada teman yang menginap.

3 Perhatikan Harga Sewa

Menentukan harga sewa kos relatif sulit mudah. Jika terlalu mahal, maka kost akan sepi. Sebaliknya, jika terlalu murah Anda bisa kehilangan uang. Harga sewa umumnya dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu lokasi, fasilitas yang ditawarkan, dan daya beli.

Biasanya, lokasi sangat berpengaruh dengan harga sewa. Biaya yang dekat dengan fasilitas seperti kampus dan kantor cenderung lebih mahal. Adanya fasilitas tambahan seperti AC juga mempengaruhi bundling yang ditawarkan.

4 Layanan Tambahan, Itu Perlu!

Keberadaan fasilitas pendukung biasanya akan menjadi pertimbangan bagi calon penghuni asrama. Selain itu, tidak ada biaya tambahan untuk layanan ini.

Anda dapat menyediakan tempat parkir yang luas atau koneksi internet. Jika bisa, Anda juga bisa menawarkan layanan binatu dan katering, sehingga penghuni tidak perlu membeli di luar.

5 dekat dengan hostel

Cara ini cukup efektif agar penghuni merasa nyaman. Bahkan, bisa jadi mereka akan merekomendasikan Rumah Kos Anda kepada orang lain berkat sifat ramah itu.

Berusaha keras untuk menjalin komunikasi yang baik dengan semua penghuni. Bahkan jika itu hanya melalui obrolan, itu ide yang baik untuk berbicara dengan mereka.

6 mempromosikan

Dengan perkembangan media cetak dan digital, Anda dapat mempromosikan melalui beberapa platform, seperti cerita, garis waktu media sosial atau iklan baris.

Selain itu, Anda juga dapat menerapkan diskon untuk beberapa penghuni pertama asrama atau membuat hadiah untuk penghuni terbaik.

Kesalahan saat memulai bisnis boarding

Berikut beberapa kesalahan yang sering terjadi ketika seseorang pertama kali membangun bisnis boarding, hal ini perlu anda hindari:

1 Abaikan Rencana Bisnis

Anda tidak bisa mengabaikan bisnis yang akan terlibat. Logikanya, bagaimana bisnis akan berkembang jika dimulai dengan langkah yang salah?

Anda harus mengambil bagian dalam menentukan gaya bangunan, fasilitas yang diberikan nanti, serta perkiraan biaya konstruksi. Yang terpenting, Anda harus tahu persis perhitungan seperti waktu pengembalian dan tarif sewa.

2 Bekerja Sendiri

Mulai sekarang, Anda harus bisa meninggalkan kebiasaan tusuk sate, yaitu melakukan semuanya sendiri. Terlepas dari startup, pekerjakan seseorang yang dapat dipercaya untuk membantu Anda mengelola rumah kos.

3 Jangan beriklan

Iklan tidak harus membayar. Anda dapat menggunakan media sosial atau layanan seperti OLX untuk memasarkan bisnis anda. Iklan sangat penting karena memiliki potensi untuk membawa lebih banyak keuntungan. Dengan beriklan di media digital, jangkauan bisnis akan luas.

4 Jangan memperhatikan harga pasar

Survei itu penting. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian singkat untuk menentukan harga sewa.

5 Buat Perjanjian Tanpa Instrumen Yang Jelas

Saat ini, banyak pemilik dan penyewa membuat komitmen verbal. Namun, kami merekomendasikan menggunakan perjanjian tertulis untuk melindungi hak dan kewajiban masing-masing.

Bisnis Boarding jika dalam memulai Anda telah melakukan hal-hal yang disebutkan di atas, dan tentu saja Anda tidak loyo untuk melakukannya, maka bisnis boarding anda akan menjadi kerajaan boarding.

Ketika Anda memiliki modal mengapa tidak mulai membangun kerajaan kosan Anda sekarang?

Nah kita telah sampai pada akhir artikel ini, apa pendapat Anda tentang isi artikel ini?

Berikan umpan balik Anda, atau jika Anda memiliki pertanyaan tentang memulai bisnis, kirimkan umpan balik dan pertanyaan anda di komentar di bawah. Keuangan saya akan menjawab untuk anda.

Satu hal lagi, jangan lupa untuk berbagi hal-hal baik termasuk berbagi artikel ini. Terima kasih.

You May Also Like

About the Author: Yasep Novian

Leave a Reply

Your email address will not be published.